Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Senin, 29 Agustus 2022

Piutang Non Dagang

Oleh: Winarto
Piutang Non Dagang adalah kalim atau pengakuan atas barang dan jasa kepada pihak lain karena adanya transaksi non dagang yang dialkukan secara kredit. Contoh piutang non dagang ini adalah pembayaran asuransi dibayar di muka, Sewa Dibayar dimuka, Iklan dibayar Di Muka, Piutang karyawan, Penghasilan yang masih harus diterima dan lain sebagainya.
Bagaimana pencatatan yang harus dibuat dalam kaitannya dengan piutang non dagang ini? Akuntansi atau pencatatannya meliputi pencatatan saat terjadinya transaksi dan penyesuaian pada akhir periode. Untuk mencatat data tersebut tentunya kita harus memperhatikan metode atau pendekatan apa yang digunakan oleh perusahaan dalam pencatatan data transaksi. apakah dengan pendekatan neraca atau dengan pendekatan laba rugi.

Jumat, 26 Agustus 2022

Menjadi Manusia Produktif.

Oleh: Winarto
Apakah yang dimaksud dengan manusia produktif? Sudahkah kita menjadi manusia yang produktif? Untuk mengetahui jawabannya tentunya kita harus memahami terlebih dahulu pengertian produktif itu sendiri. Produktif pada dasarnya suatu kondisi dimana dapat memberikan nilai lebih atau sesuatu yang bermanfaat dan bermakna bagi lingkungan. Lingkungan di sini meliputi manusia dan alam. Lalu... apa yang dinamakan manusia yang produktif? Manusia produktif yakni manusia yang memberikan nilai lebih atau manfaat kepada diri dan lingkungannya. Manusia produktif akan memiliki kesadaran untuk mengoptimalkan potensinya untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna baik bagi dirinya atau lingkungannya.

CKP dengan Analisis Umur Piutang

Oleh : Winarto 

Cadangan Kerugian Piutang merupakan sejumlah piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih, karena kondisi debitur yang bangkrut atau jatuh pailit. Banyak cara untuk menentukan berpa jumlah besarnya CKP tersebut, salah satunya dengan menggunakan analisis umur piutang. Bagaimana cara menghitungnya?. Pertama, dari jumlah piutang yang ada tentukan jumlah piutang berdasarkan kelompok umur piutang, misal piutang yang berumur 30 hari, 60 hari dan seterusnya. Selanjutnya dari kelompok umur piutang tentukan taksiran piutang yang tidak dapat tertagih. Terakhir jumlahkan hasil taksiran piutang yang dimungkinkan tidak dapat tertagih. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh soal berikut ini:

Rabu, 24 Agustus 2022

Cerdas Mengembangkan Karir

Oleh: Winarto

Sobat semua... dalam perkembangan dunia usaha dan industri yang semakin cepat pengembangan karier menjadi sangat penting untuk dilakukan. Pengembangan karir tidak lepas dari konsep kecerasan manusia itu sendiri. Tahukan sobat semua apa yang dimaksud dengan karir itu? Karir adalah suatu rangkaian perilaku dan sikap yang berhubungan dengan pengalaman maupun aktivitas kerja selama rentang waktu pada kehidupan seorang individu serta merupakan rangkaian aktivitas kerja berkelanjutan. Karir juga dapat dimaknai sebagai kondisi yang dapat menunjukan adanya peningkatan status kepegawaian seorang individu dalam organisasi sesuai dengan pekerjaan yang sudah ditentukan oleh organisasi tersebut.

Kamis, 18 Agustus 2022

Pembelajaran Sepanjang Hayat

Oleh; Winarto

Pembelajaran sepanjang hayat atau dikenal dengan lifelong education menjadi penting untuk dipahami. Mengapa demikian? Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi berkembang terus tanpa henti, sehingga untuk bisa mengimbanginya kita harus tetap selalu belajar mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan untuk menghadapi segala kemugkinan yang terjadi di masa mendatang. Albert Einstein pernah mengatakan, ”Education is what remains after one has forgotten what one has learned in school.” Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pendidikan adalah hal yang tersisa setelah seseorang melupakan apa yang telah dipelajari saat di sekolah. Dari pernyataan tersebut pendidikan dan pembelajaran tidaklah cukup hanya dipelajari di bungku sekolah. Sekolah adalah sebagai pemantik untuk mempelajari ilmu pengetahuan lebih lanjuut.

Sabtu, 13 Agustus 2022

Apa itu Rekening Koran??

Oleh : Winarto

Sobat semua...pernah dengar dengan istilah Rekening koran? Ya... istilah tersebut akbrab dalam dunia perbankan. Pada dasarnya rekening koran merupakan bahasa serapan dari bahasa Belanda yaitu “courant yang berarti ringkasan transaksi seseorang yang tercatat pada suatu rekening bank. Pengertian rekening koran adalah suatu ringkasan data transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, baik rekening pribadi/individu maupun rekening suatu badan usaha. Data pokok yang terlampir pada rekening koran adalah mutasi dana pemilik yang tergambar dalam alur debit dan kredit, yang semuanya menggambarkan dana kas masuk ataupun keluar. Penambahan pada kolom debet berarti dana pemilik masuk, sebaliknya jika terjadi penambahan di kolom kredit, berarti terdapat pengurangan dana pemilik.

Selasa, 09 Agustus 2022

Kebijakan Piutang

Oleh: Winarto

Apabila Anda memiliki sebuah usaha perdagangan, kebijakan apa yang akan Anda ambil dalam sistem penjualan? Apakah penjualan tunai atau penjualan kredit? Ini adalah salah satu pertanyaan yang saya coba lonntarkan kepada anak didik saya. Dan ternyata beragam jawaban menarik yang dapat kita terima dari problem sederhana tersebut. Ya...pada intinya semua pilihan yang kita pilih dalam sistem penjualan pada perusahaan dagang memiliki dampak masing masing. Artinya baik penjualan tunai maupun penjualan kredit memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Minggu, 07 Agustus 2022

TIPS agar OTAK kita Tajam dan Cerdas!!!!


Oleh Winarto

Sobat semua yang gokil habiss....pernahkah sobat semua ada orang mampu menguasai berbagai bahasa, atau mampu mengingat banyak hak secara akurat, atau memecahkan suatu persoalan secara cepat dan tepat? Konon mereka itu sering disebut dengan manusia cerdas!!!. Lalu bagaimana konisi kita sendiri? Termasuk kelompok manusia cerdas atau manusia pada umumnya? Pada dasarnya kita dilahirkan di dunia sudah diberi bekal kemampuan dan potensi yang bermacam-macam. Yang paling utama adalah bagaimana kita mengasah dan mengopimalkan karunia Tuhan tersebut dalam proses perjalanan hidup kita.

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...