Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 13 Oktober 2019

Yuk Mengenal Istilah2x Akuntansi..!!!

Oleh: Winarto.
Akuntansi disebut juga sebagai bahasa bisnis. Semakin kita mengenal dan memahami bahasa tersebut, diharapkan kita akan semakin memahami tentang makna yang ada atau yang terkandung di dalamnya. Sehingga pesan yang ada dapat kita serap dengan efektif. Untuk hal tersebut, kita perlu mengenal beberapa istilah akuntansi. Apa saja istilah-sitilah yang sering muncul dalam dunia perakuntansian??? Berikut ini adalah sebagian istilah-istilah dalam akuntansi yang sering digunakan:
1.      Agio saham adalah selisih antara harga jual terhadap terhadap harga nominal saham pada saat perusahaan melakukan penawaran umum di pasar perdana.
2.  Aktiva (Assets) adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan. Aktiva merupakan sumber daya bagi perusahaan untuk melakukan usaha.
3.    Aktiva tetap (Fixed assets) adalah kekayaan perusahaan yang bernilai besar yang sifatnya tetap atau permanen, digunakan dalam kegiatan perusahaan dan tidak dijual kembali dalam kegiatan normal.
4.      Aktiva tetap tidak berwujud (Intangibel fixed assets) adalah hak istimewa yang dimiliki oleh perusahaan dan mempunyai nilai, namun tidak mempunyai bentuk fisik.
5.    Aktiva lancar (Current assets) adalah uang kas dan aktiva lain atau sumber yang diharapkan akan direalisasikan menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi selama siklus usaha perusahaan yang normal atau dalam waktu 1, mana yang lebih lama.
6.   Aktiva pajak tangguhan adalah jumlah pajak penghasilan terpulihkan (recoverable) pada periode mendatang sebagai akibat adanya perbedaan temporer (temporary differences) yang boleh dikurangkan dan sisa kompensasi kerugian (berasal dari koreksi positif).
7.    Aktiva investasi adalah perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.
8.    Aktiva operasi adalah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas (principal revenue-producing activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.
9.  Aktiva pendanaan adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.
10.   Akun (Account) adalah formulir untuk mencatat setiap perubahan jenis harta, hutang dan modal yang ditimbulkan oleh transaksi yang terjadi dalam perusahaan.
11.  Amortisasi adalah alokasi sistematis jumlah tersusutkan suatu aset tidak berwujud selama masa manfaatnya.
12.   Arus kas (Cash flow) adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas.
13.   Aset kontijensi adalah aset potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadi atau tidak terjadinya satu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas.
14.   Aset korporat adalah aset selain goodwill yang berkontribusi terhadap arus kas masa depan baik dari unit penghasil kas yang sedang ditelaah maupun unit penghasil kas lain.
15.   Ayat jurnal (Journal entry) Adalah penyajian suatu transaksi ke dalam nama perkiraan dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.
16. Ayat jurnal penyesuaian (Adjusting entries) adalah mengkoreksi perkiraan harta, hutang, modal, pendapatan dan beban, sehingga mencerminkan keadaan yang sebenarnya.
17.   Akumulasi penyusutan adalah perkiraan yang digunakan untuk mencatat secara akumulatif pembebanan biaya yang diakibatkan oleh pemakaian aktiva tetap. Perkiraan semacam ini secara umum disebut perkiraan kontra (contra account), yaitu perkiraan yang berfungsi mengurangi perkiraan lain.
18. Ayat jurnal koreksi Adalah ayat jurnal yang dibuat untuk mengkoreksi ayat jurnal lain yang dibuat sebelumnya.
19.  Ayat jurnal pembalik adalah ayat jurnal yang dibuat (biasanya pada awal periode akuntansi) untuk membalik ayat jurnal penyesuaian yang dibuat sebelumnya. Ayat jurnal balik dapat juga dikatakan sebagai ayat jurnal yang didebit dan kreditnya merupakan kredit dan debit ayat jurnal penyesuaian masing-masing dalam jurnal yang sama.
20.  Beban dibayar dimuka adalah biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan tetapi belum menjadi kewajiban atau belum dikonsumsi.
21.   Beban pajak penghasilan adalah pengorbanan yang langsung berhubungan dengan penghasilan yang diperoleh oleh sebuah perusahaan.
22.   Biaya adalah aliran keluar atau pemakaian lain aktiva atau timbulnya hutang selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa, atau dari pelaksanaan kegiatan lain yang merupakan kegiatan utama badan usaha.
23.  Buku piutang adalah kadang-kadang disebut buku tambahan piutang: buku besar tambahan untuk perkiraan piutang. Buku piutang merupakan kumpulan dari kartu piutang.
24.   Buku besar adalah kesatuan akun yang saling berkaitan satu dengan yang lain.
25.   Buku besar khusus adalah buku besar tambahan yang dirancang untuk mengumpulkan informasi lebih rinci guna mendukung informasi yang terdapat pada salah satu perkiraan di buku besar.
26.   Buku besar tambahan Adalah kadang-kadang disebut juga buku besar pembantu:lihat buku besar khusus.
27.   Buku harian khusus Adalah buku harian (jurnal) yang dirancang untuk mencatat suatu transaksi (atau beberapa transaksi) tertentu.
28.   Buku hutang adalah kadang-kadang disebut juga dengan buku tambahan hutang: buku besar tambahan untuk perkiraan hutang. Buku hutang merupakan kumpulan dari kartu hutang.
29.   Buku voucher adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua voucher yang dikeluarkan.
30.   Bursa efek adalah tempat di mana surat-surat berharga seperti saham dan obligasi diperdagangkan.
31.   Cash register adalah daftar yang berisi permintaan maupun penerimaan kas yang dilakukan oleh kasir.
32.   Catatan atas laporan keuangan Adalah catatan atas laporan keuangan berisi informasi tambahan atas apa yang disajikan dalam laporan posisi keuangan, laporan pendaptan komprehensif, laporan laba rugi terpisah (jika disajikan), laporan perubahan ekuitas dan laporan arus kas. Catatan atas laporan keuangan memberikan penjelasan atau rincian dari pos-pos yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dan informasi mengenai pospos yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.
33.   Cek  adalah surat perintah kepada bank dari orang yang mendatanginya untuk membayarkan sejumlah uang kepada pihak lain.
34.  Cost freight and insurance (Biaya kiriman asuransi) Adalah syarat penjualan di mana penjual menanggung biaya pengiriman dan asuransi terhadap kerugian atas barang yang bersangkutan.
35.   Penyusutan (depresiasi) adalah pengalikasian harga perolehan aktiva tetap sebagai beban pada periode akuntansi dalam masa manfaat aktiva tetap tersebut.
36.   Deposito bank Adalah simpanan pada bank yangberbentuk deposito yang dapat diambil pada waktu-waktu tertentu.
37.   Deviden adalah pembagian atau pendapatan pemegang saham yang dibayarkan setiap akhir periode sesuai dengan presentasinya.
38.   Deviden kas adalah Deviden yang umumnya sering dibagikan adalah dalam bentuk kas.
39.   Deviden properti adalah perusahaan tidak mempunyai aktiva selain kas, maka aktiva yang dibagikan berbentuk investasi, surat berharga, property, barang dagangan.
40.   Deviden likuiditas Adalah deviden yang tidak didasarkan laba merupakan pengurangan modal disetor dan merupakan deviden likuidasi.
41.   Modal Adalah perbedaan antara aktiva dengan hutang dan merupakan kewajiban perusahaan pemilik.
42.   Faktur Adalah bukti transaksi pembelian atau penjualan barang dengan pembayaran kredit.
43.   First in first out (FIFO) adalah metode penilaian persediaan dimana menurut metode ini, barang yang lebih dulu masuk (dibeli) dianggap yang lebih dulu keluar (dijual).
44.   Fob Destination adalah salah satu syarat penyerahan barang dimana biaya angkut barang dan gudang penjual sampai gudang pembeli ditanggung oleh pihak penjual.
45.   Fob Shipping Point adalah salah satu syarat penyerahan barang dimana biaya angkut barang dari gudang penjual sampai gudang pembeli ditanggung oleh pihak pembeli.
46.   Franhise adalah hak istimewa yang diperoleh perusahaan/perseorangan dari pihak lain untuk mengkomersialkan produk tekhnik atau formula tertentu.
47.   Metode fluktuatif Adalah metode pencatatan dana kas kecil tidak ditentukan dalam jumlah yang tetap, sehingga penggantian dana kas kecil (pengisian kembali) tidak harus sama dengan dana yang telah dikeluarkan.
48.   Nama baik (Goodwill) adalah nilai lebih yang dimiliki suatu perusahaan sebagai akibat adanya nama baik, letak yang strategis, manager yang baik dan sebagainya.
49.   Hak minoritas adalah hak yang dimiliki oleh pemegang saham kecil.
50.   Hak minoritas atas bagian laba Adalah jumlah yang akan diberikan kepada para pemegang saham kecil.
51.   Hak paten Adalah hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha untuk menggunakan penemuan baru.
52.   Hak cipta Adalah hak yang diberikan oleh pemerintah kepada perseorangan atau badan usaha untuk memperbanyak atau menjual barang-barang hasil karya seni.
53.   Hak merek dagang adalah hak yang diberikan oleh pemerintah kepada badan usaha untuk menggunakan nama cap atau lambang bagi usahanya.
54.   Hak sewa adalah hak untuk menggunakan aktiva tetap pihak lain dalam jangka waktu panjang.
55.   Harga perolehan adalah jumlah uang yang dikeluarkan atau hutang yang timbul untuk memperoleh barang/jasa.
56.   Harga pasar adalah harga untuk mengganti barang yang bersangkutan pada tanggal persediaan.
57.   Harga terendah adalah penilaian persediaan di mana persediaan dilaporkan pada harga yang terendah antara harga pokok dan harga pasar.
58.   Hutang (Liabilitas) Adalah pengorbanan manfaat ekonomis yang akan timbul dimasa yang akan datang yang disebabkan oleh kewajiban disaat sekarang dari suatu badan usaha yang akan dipenuhi dengan mentransfer aktiva atau memberikan jasa kepada badan usaha lain dimasa datang sebagai akibat dari transaksi yang sudah lalu.
59.   Hutang lancar Adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu tidak lebih dari 1 tahun atau 1 siklus normal.
60.   Hutang usaha adalah kewajiban yang harus dilunasi karena pembelian barang/jasa secara kredit.
61.   Hutang wesel adalah janji tertulis untuk membayar kepada pihak lain dalam jumlah tertentu dan pada tanggal yang telah ditentukan.
62.   Hutang beban adalah kewajiban membayar karena perusahaan sudah menerima manfaatnya seperti,hutang bunga, hutang gaji, hutang sewa.
63.   Hutang bunga Adalah hutang kepada kreditur sebagai imbalan atas pemakaian uang yang dipinjamkan kepada perusahaan.
64.   Hutang jangka panjang Adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu lebih dari 1 tahun atau 1 siklus akuntansi.
65.   Hutang janka pendek Adalah kewajiban yang harus dilunasi dalam waktu kurang dari 1 tahun atau 1 siklus akuntansi.
66.   Hutang hipotik Adalah pinjaman jangka panjang dengan jaminan aktiva tetap.
67.   Hutang obligasi Adalah pinjaman jangka panjang yang timbul karena perusahaan menjual/mengeluarkan surat obligasi.
68.   Hutang pajak adalah pajak yang masih harus dibayar termasuk sanksi administrasi berupa bunga, denda ataukenaikan yang tercantum dalam surat ketetapan pajak atau surat sejenisnya.
69.   Hutang lain-lain adalah hutang yang tidak termasuk hutanglancar maupun hutang jangka panjang. Misalnya utang kepada direksi dan utang kepada pemegang saham.
70.   Ikhtisar laba rugi adalah kadang-kadang disebut perkiraan rugi laba :perkiraan yang digunakan untuk menutup perkiraan pendapatan dan biaya.
71.   Imprest fund method adalah metode pencatatan dana kas kecil yang ditentukan dalam jumlah yang relative tetap. Jika jumlah dana dianggap cukup untuk pengeluaran kas kecil dalam suatu periode tertentu, jumlah dana kas kecil tidak dinaikan atau diturunkan.
72.   Investasi jangka panjang adalah penanaman modal pada perusahaan lain dalam jangka waktu panjang yang tujuannya selain untuk memperoleh tambahan pendapatan juga untuk mengontrol atau mengendalikan perusahaan tersebut.
73.   Journal Adalah buku untuk mencatat transaksi keuangan secara kronologis kedalam kelompok akun debet dan akun kredit.
74.   Jurnal pembelian (purchase journal) adalah sebagai tempat mencatat transaksi pembelian barang yang dilakukan dengan pembayaran kredit.
75.   Jurnal penjualan (sales journal) adalah tempat mencatat transaksi penjualan barang dagangan yang dilakukan dengan pembayaran kredit.
76.   Jurnal umum (general journal) adalah tempat mencatat semua transaksi yang tidak dapat dicatat dalam buku jurnal khusus.
77.   Jurnal Penutup (closing journal) adalah ayat jurnal yang dibuat untuk memindahkan saldo perkiraan-perkiraan sementara ke perkiraan-perkiraan tetap atau perkiraan-perkiraan neraca.
78.   Kebijakan akuntansi Adalah prinsip, dasar, konvensi, peraturan dan praktik tertentu yang diterapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.
79.   Kompensasi adalah imbalan jasa yang diberikan secara teratur dan dalam jumlah tertentu.
80.   Kredit investasi Adalah pinjaman jangka panjang yang diterima dari bank atau lembaga keuangan lain, yang digunakan untuk perluasan perusahaan.
81.   Kwitansi Adalah bukti transaksi penerimaan uang untuk membayar sesuatu.
82.   Last in first out (masuk terakhir keluar pertama) adalah metode penilaian persediaan dimana menurut metode ini, barang yang terakhir massuk dianggap barang yang lebih dulu keluar.
83.   Laba Adalah kenaikan modal yang berasal dari transaksi sampingan atau transaksi yang jarang terjadi dari suatu badan usaha dan dari semua transaksi atau kejadian lain yang mempengaruhi badan usaha selama suatu periode kecuali yang timbul dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.
84.   Laba bersih Adalah selisih lebih pendapatan atas biaya-biaya yang dibebankan dan yang merupakan kenaikan bersih atas modal yang berasal dari kegiatan usaha.
85.   Laba bruto Adalah penjualan bersih dikurangi harga pokok penjualan. Laba bruto kadang disebut laba kotor.
86.   Laba di tahan Adalah jumlah akumulasi laba bersih darisebuah perseroan terbatas dikurangi distribusi laba (income distribution) yang dilakukan.
87.   Laba sebelum pajak penghasilan Adalah keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan sebelum membayar pajaknya.
88.   Laba sebelum hak minoritas adalah keuntungan yang diperoleh sebelum pembagian dividen kepada pemegang saham kecil.
89.   Laba bersih persaham dasar adalah selisih lebih semua pendapatan dan keutungan terhadap semua biaya kerugian dibagi dengan saham utama.
90.   Laporan perubahan modal adalah suatu laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan modal suatu perusahaan yang terjadi periode tertentu.
91.   Laporan penerimaan barang adalah laporan yang dibuat oleh bagian penerimaan barang yang menginformasikan bahwa barang yang dipesan telah diterima dari pemasok sesuai dengan spesifikasi barang yang dipesan berdasarkan suatu order pembelian. Laporan ini memuat hasil perhitungan fisik barang yang diterima dalam keadaan baik.
92.   Laporan laba rugi Adalah suatu laporan yang menunjukan pendapatan dan biaya dari suatu unit usaha untuk suatu periode tertentu. Selisih antara pendapatan dan biaya merupakan laba yang diperoleh atau rugi yang diderita perusahaan.
93.   Laba usaha adalah laba yang diperoleh semata-mata dari kegiatan utama perusahaan.
94.   Laporan keuangan adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat laporan keuangan, terutama pihak-pihak diluar perusahaan, mengenai posisi laporan keuangan dan hasil usaha perusahaan. laporan keuangan terdiri dari neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahanposisi keuangan.
95.   Laporan perubahan laba di tahan adalah laporan yang menunjukkan rincian perubahan saldo laba ditahan dari awal sampai akhir periode akuntansi.
96.   Laporan rekening koran adalah catatan yang dibuat oleh bank untuk setoran yang diterima dan penarikan yang dilakukan serta saldo awal dan saldo akhir dari rekening koran nasabah. Pada umumnya, bank akan mengirimkan tembusan dari catatan ini kepada nasabahnya pada tiap-tiap akhir bulan.
97.   Lewat jatuh tempo adalah suatu aset keuangan dinyatakan lewat jatuh tempo jika pihak lawan telah gagal untuk melakukan pembayaran ketika jatuh tempo secara kontraktual.
98.   Masa mamfaat Adalah (a) jangka waktu suatu aset diharapkan dapat digunakan oleh entitas, atau (b) jumlah unit produksi atau unit sejenis yang diharapkan dapat dihasilkan dari suatu aset oleh entitas.
99.   Metode cadangan adalah metode penghapusan piutang dimana setiap akhir tahun dilakukan penaksiran jumlah piutang dagang yang kemungkinan tidak dapat ditagih untuk dibentuk akun cadangan kerugian piutang, dengan mendebet beban penghapusan piutang.
100. Metode eceran adalah metode penetapan harga pokok persediaan secara taksiran yang didasarkan atas hubungan, yang terdapat dalam tahun berjalan, antara harga pokok dengan harga jual.
101. Metode periodik adalah sistem pencatatan dalam persediaan di mana harga pokok penjualan dan persediaan ditetapkan secara berkala melalui penghitungan fisik terhadap persediaan yang ada.
102. Metode penghapusan adalah suatu cara di mana pencatatan kerugian yang timbul dari tidak tertagihnya piutang dilakukan pada saat piutang yang bersangkutan diputuskan untuk dihapuskan.
103. Metode laba bruto adalah metode penetapan harga pokok persediaan secara taksiran yang didasarkan atas hubungan, yang terdapat dalam periode yang lalu, antara laba bruto dengan harga jual.
104. Modal di setor adalah jumlah uang yang disetorkan oleh pemegang saham dan biasanya dibagi menjadi 2 kelompok.
105. Neraca adalah laporan yang menunjukan keadaan keuangan suatu unit usaha pada tanggal tertentu. Keadaan uang ini ditunjukan dengan jumlah harta yang dimiliki disebut aktiva dan jumlah kewajiban perusahaan yang disebut pasiva.
106. Kertas kerja (work sheet) Adalah daftar berkolom yang berisi data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyesuaian dan laporan keuangan.
107. Neraca saldo (Trial balance) adalah suatu daftar yang berisi saldo-saldo akun buku besar yang dicatat secara sistematis menurut nomer kode akun buku besarnya, disertai jumlah debet dan kredit akun yang bersangkutan.
108. Neraca saldo disesuaikan adalah neraca saldo yang telah disesuaikan dengan jurnal penyesuaian.
109. Neraca saldo penutup adalah neraca saldo yang dibuat setelah semua perkiraan nominal ditutup.
110. Nilai buku adalah nilai yang dicatat dalam akuntansi yang harus dibedakan dengan nilai pasar yaitu harga jual suatu barang.

Related Post:
  1. Persamaan dasar Akuntansi
  2. Pemakai Informasi Akt
  3. Bidang Keg & Profesi Akt
  4. Pengantar Akuntansi
  5. Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
  6. Worksheet Perusahaan Jasa
  7. Penyusunan Worksheet Perush Jasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...