Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 02 Oktober 2020

Entry Data Transaksi pada MYOB

Oleh: Winarto

Setelah penyiapan data awal perusahaan selesai, maka langkah selanjutnya adalah entry data transaksi perusahaan. Terdapat beberpa hal dan catatan yang harus diperhatikan dalam tahap ini. Yang pertama pastikan dokumen transaksi perusahaan lengkap dan sah. Yang kedua analisis dokumen transaksi secara tepat dan gunakan modul MYOB sesuai dengan jenis transaksinya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang entry data transaksi pada perusahaan dagang dengan mengambil satu contoh kasus pada PT Sentosa Global Elektrik. Paket soal praktek tersebut, juga dapat didownload melalui laman web ini pada bagian soal praktek.

Secara garis besar entry data transaksi pada perusahaan dagang dapat diklasifikaikan ke dalam 5 jenis, yaitu:

1.  Entry data transaksi pengeluaran  kas. Pengeluaran kas perusahaan dapat digolongkan ke dalam dua jenis, yakni pengeluaran kas yang berkaitan dengan operasional perusahaan, tidak ada kaitan langsung dengan pengadaan barang dagangan. Pengeluaran jenis ini diselesaikan melalui modul BANKING. Contoh transaksi, membayar biaya listrik pabrik, membayar utang bank dan lain sebagainya. Yang kedua pengeluaran kas yang berkaitan langsung dengan pengadaan barang dagangan. Untuk golongan ini diselesaiakan melalui modul PURCHASE. Contoh transaksi ini adlah pembayaran utang kepada supplier, mbayar pembelian barang dagangan seara tunai.

2. Entry data transaksi pembelian kredit. Transaksi pembelian terdapat dua, yakni pembelian barang dagangan dan pembelian non barang dagangan. Keduanya diselesaiakan melalui modul purchase.

3.   Entry data transaksi penjualan. Penjualan barang dagangan dilakukan dengan dua jenis yakni penjualan kreit dan penjualan tunai. Keduanya diselesaikan melalui modul sales pada aplikasi MYOB Accounting. Sebelum menggunakan format invoice, maka pastikan format invoce sudah tepat , untuk perusahaan dagang dengan menggunakan format item. Settingnya melalui menu layout pada bagian bawah invoce.  

4.   Entry data transaksi penerimaan kas. Penerimaan kas perusahaan ada dua jenis, yakni penerimaan kas yang berkaitan langsung dengan penjualan barang dagangan dan penerimaan kas yang tidak ada aitan langsung dengan penjualan barang dagangan. Untuk transksi yang berkaitan dengan penjualan barang dagangan maka diselesaikan melalui modul sales, contoh transksi penjualan ttunai barang dagangan, penerimaan piutang dari pelanggan. Sedangkan untuk transaksi yang tidak ada kaitan langsung dengan penjulan barang dagangan maka diselesaikan melalui modul banking. Contoh transaksi: penerimaan penghasilan dari investasi saham, penjualan aktiva tetap dan lain sebagainya.

5.   Entry data penyesuaian. Data penyesuian merupakan data yang harus diproses, agar keadaan harta utang atau modal perusahaan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Untuk menyelesaiakan data ini, maka dapat digunakan modul Account dan menggunakan sub menu “Record Journal Entry”

Selain dari data tersebut di atas ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni pada pencatatan pengeluaran kas kecil. Sebelum data atau dokumen transaksi kas kecil kita proses, kita harus memperhatikan kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh perusahaan, khususnya pada pengeluaran kas. Terdapat dua system pencatatan dana kas kecil, yakni impest fund system, atau system dana tetap dan fluctuation fund system atau system dana tidak tetap.

Jika peruahaan menggunakan system dana tetap, maka dokumen transaksi tidk perlu dientry pada tanggal yang bersangkutan. Dokumen akan kita entry pada saat pengisian dana kas kecil kembali. Sebaliknya jika peruahaan menggunakan system pencatatan dana tidak tetap, maka setiap dokuemen transaksi kas kecil langsung dicatat sesuai dengan tanggal yang berngkatan.

Selamat belajar….semoga bermanfaat.!!!!

Referensi

Sugiarto Prajitno. Komputer Akuntansi dgn MYOB Accounting (2009). Penerbit Ghalia Indonesia.
Agus Mulyono. Reham Munas. Komputer Akuntansi. (2018). Penerbit: Andi. Yogyakarta
Ayi Kurniawan. Komputer Akt Perush jasa dan Dagang. (2016). Kemendikbud.

Related Post:
  1. Buku Besar Pembantu dan Entry Data Saldo Awal
  2. Mengelola Card File
  3. Mengelola Akun pada MYOB Ver 19.6 Plus
  4. Setting Pajak dan Preferensi MYOB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...