Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 20 Juli 2022

Kurikulum Merdeka

Oleh: Winarto

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik. Faktor yang palin esensial dalam penerapan kurikulum merdeka adalah lebih banyak berpihak kepada murid atau peserta didik. Konsep yang dikembangkan tidak disamaratakan dengan sekolah lain, tetapi LEBIH didasarkan pada situasi dan kondisi serta kebutuhan peserta didik di sekolah yang bersangkutan.

Terdapat beberpa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan kurikulum merdeka ini, yaitu: pertama Paradigma Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Artinya dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi objek utama dan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator peserta didik. Untuk mencapai hal guru harus mampu merancang strategi pembelajaran yang EFEKtif, yang mampu mengktifkan dan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Materi pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Kedua Guru harus mampu melakukan assesmen atau diagnosis awal pembelajaran terhadap peserta didik, Assesmen di sini dimaksudkan untuk merekam kondisi setiap peserta didik sehingga posisit peserta didik dapat dipetakan tentang kompetensi dan kemampuannya. Dengan memahami kondisi peserta didik secara akurat diharapkan guru mampu merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan proses pembelajaran dapat dilakukan menjdi lebih bermakna.

Ketiga guru harus mampu merumuskan strategi pembelajaran yang menarik, tidak monoton. Dari hasil nalisis diagnosis peserta didik, idealnya guru mampu menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dan efektif dengan mengoptimalkan sumber belajar yang ada.  Dengan demikian proses pembelajaran yang dilaksanakan akan menjadi lebih bermakna bagi peserta didik.

Keunggulan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum merdeka memberikan ruang yang luas bagi guru dan institusi pendidikan untuk mengoptimalkan potensinya dalam upaya mendorong peserta didik menjadi lebih meningkat. terdapat TIGA KEUNGGULAN pada Kurikulum Merdeka ini, yaitu:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...