Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 07 Agustus 2022

TIPS agar OTAK kita Tajam dan Cerdas!!!!


Oleh Winarto

Sobat semua yang gokil habiss....pernahkah sobat semua ada orang mampu menguasai berbagai bahasa, atau mampu mengingat banyak hak secara akurat, atau memecahkan suatu persoalan secara cepat dan tepat? Konon mereka itu sering disebut dengan manusia cerdas!!!. Lalu bagaimana konisi kita sendiri? Termasuk kelompok manusia cerdas atau manusia pada umumnya? Pada dasarnya kita dilahirkan di dunia sudah diberi bekal kemampuan dan potensi yang bermacam-macam. Yang paling utama adalah bagaimana kita mengasah dan mengopimalkan karunia Tuhan tersebut dalam proses perjalanan hidup kita.

Secara umum kecerdasan manusia dipengaruhi oleh dua fator utama, yakni keturunan atau genetika dan yang kedua faktor lingkungan. Setiap diri pada dasarnya memiliki potensi menjadi manusia cerdas, tergantung pada kemampuan dan kemauan kita kita untuk bisa sadar diri akan potensi yang kita miliki. Menurut saya....TIDAK ADA manusia yang BODOH, yang ada adalah manusia yang MALAS saja. Sebagai contoh...jika kita memiliki kemampuan untuk memahami sesuatu hal lebih labat bila dibanding dengan orang lain, maka tugas kita adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas kita dalam belajar. Simple nya jika orang lain mampu memahami hanya dengan 3 kali membaca dan kita masih belum mampu, maka kita butuh 5 kali untuk membaca. So... why not... begitu lhoh....!!!!

Lalu...bagaimana dengan kita...yang konon hanya memiliki tingkat kecerdasan yang biasa-biasa saja...bisakah kita upgrade menjadi manusia yang memiliki otak briliant? Ya...tenu saja bisa.!!! Berikut ini Tips sederhanyanya:

1.Rajin dan Gemar Membaca Informasi. Membaca merupakan kunci pokok meningkatkan kecerdasan, sehingga sudah seharusnya di era informasi ini kita harus meningkatkan literasi membaca kita dengan baik. Buat target...informasi apa yang bisa diserap otak dalam setiap hanya.!! Mereka yang memiliki kegemaran membaca buku akan memiliki perubahan yang signifikan dalam hal sikap pengetahuan dan ketrampilan mereka: Apabila buku sudah menjadi sahabat kita, tentu ilmu yang terserap akan menstimulan otak dengan ide-ide baru. Ingatlah.... OTAK yang selalu distimulus dengan informasi maka akan menghasilkan sesuatu yang luuuar biasa.Budayakan untuk Membaca di manapun kita berada.

2.Biasakan Bergaul dengan Orang Cerdas, Orang Optimis dan Orang Sukses. Perilaku ita sangat dipengaruhi oleh dengan siapa kita bergaul. Jadi lingkungan pergaulan memiliki peran yang sangat penting, yang membantu membentuk kita seperti apa nantinya. Jika kita bergaul dan berada di lingkungan orang pintar, tentunya perilaku kita akan terpengaruh dengan perilaku merapa, baik dalam berbicara, berkomunikasi maupun dalam bertindak. Kita akan dibentuk dan dibiasakan dalam berbagai tindakan yang positif, pintar berdiskusi, saling bertukar pikiran dan biasa problem solving.

Intinya jika kita ingin membuat otak kita lebih tajam, pintar, dan cepat, maka wajiblah kita banyak menghabiskan waktu dengan orang pintar, orang-orang cerdas... Mereka akan membawa kita ke dalam lingkungan yang membentuk suatu ilmu pengetahuan yang tidak dimiliki oleh pikiran kita sebelumnya. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan standar dan akan menilai seberapa cerdas kita bisa menilai diri kita sendiri. Hal ini juga akan membantu memicu kemauan kita..membentuk bagaimana cara otak kita bisa berpikir "Jika mereka tahu semua itu, mengapa saya tidak? saya akan mencari tahu!".

3.Membenci Kebodohan. Kebodohan adalah musibah...dan ini bukan sebagai sebuah hakekat dari diri manusia yang bersangkutan, namun sebagai buah dari sebuah kemalasan yang berkelanjuta. Orang yang memahami bagaimana kecerdasan sejati terjadi, sebenarnya mereka tercipta karena mereka mengerti kebodohan yang ada dalam diri mereka dan mereka bertindak untuk memperbaikinya.

Jika kita mengerti dan memahami bahwa kita itu bodoh di dalam bidang akuntansi misalnya, dan sering melakukan kesalahaan karena perhitungan kita tidak baik, maka anak yang cerdas akan segera memperbaikinya! bertindak dan selesaikan masalah kebodohan itu, sehingga jika terselesaikan, maka pelajaran Akuntansi pun akan semakin meningkat.

Orang bodoh akan tetap bodoh jika mereka tidak tau apa yang harus mereka lakukan, sebab orang bodoh memiliki batas limit yang rendah dibandingkan orang cerdas. Orang cerdas tau bahwa mereka harus meningkat dan harus terus maju.

Artinya, bagian menjadi orang "CERDAS" adalah mengalihkan mentalitas kita menjadi rasa ingin tau dan ingin segera memperbaikinya. Orang cerdas sungguh tau ini, dan mereka sangat juga mempercayai bagaimana proses menjadi orang bodoh.

4. Melihat Suatu  Kebaikan dari setiap pengetahuan yang ada. Sangat disayangkan jika kita sok merasa menjadi orang terpintar, dengan berkata " Oh, itu sungguh tidak relevan sama saya, saya tidak butuh informasi itu." Orang cerdas akan selalu berkata, "Itu sangat menarik! saya tidak tau akan hal itu.... Ya, saya ingin tau selebihnya!".

Bagaimana pun juga pengetahuan yang kita serap pastinya ada sebuah nilai kebaikan. Orang cerdas selalu merangkul ilmu pengetahuan yang datang kepada diri mereka, karena itu, mereka selalu mencari kesempatan untuk mengembangkan kesadaran akan dunia ini.

5.Belajar dan Bekerja Keras. Siapa pun yang berpikir menjadi manusia "cerdas" tentunya sadar...bahwa untuk mencapinya TIDAK MUDAH, diperlukan usaha dan perjuangan yang keras, bahkan melalui jalan yang sangat sulit terjal penuh dengan rintangan. Disinilah mental kita akan dijuji...mampu nggak untuk menghadapinya. Resepnya salah satunyanya adalah Buatlah Belajar menjadi sesuatu yang SANGAT menyenangkan, dan nikmati prosesnya!!! Sebab faktanya belajar dan bekerja keras untuk memahami suatu ilmu atau informasi adalah jalan satu-satunya untuk bisa membuat diri kita menjadi lebih bernilai dan bermakna dalam kehidupan.

So...keep spirit,,,!!! Jangan putus asa....Kita Bisa!!!

Related Post:

  1. Kurikulum Merdeka
  2. Pembelajaran Yang Membosankan
  3. Profil Pelajar Pancasila
  4. Pembelajaran dari rumah di era Covid-19
  5. Meningkatkan Kosentrasi Belajar 
  6. Desain Pembelajaran berorientasi HOTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...