Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 26 Agustus 2022

Menjadi Manusia Produktif.

Oleh: Winarto
Apakah yang dimaksud dengan manusia produktif? Sudahkah kita menjadi manusia yang produktif? Untuk mengetahui jawabannya tentunya kita harus memahami terlebih dahulu pengertian produktif itu sendiri. Produktif pada dasarnya suatu kondisi dimana dapat memberikan nilai lebih atau sesuatu yang bermanfaat dan bermakna bagi lingkungan. Lingkungan di sini meliputi manusia dan alam. Lalu... apa yang dinamakan manusia yang produktif? Manusia produktif yakni manusia yang memberikan nilai lebih atau manfaat kepada diri dan lingkungannya. Manusia produktif akan memiliki kesadaran untuk mengoptimalkan potensinya untuk menghasilkan sesuatu yang bermakna baik bagi dirinya atau lingkungannya.
Banyak faktor yang mempengaruhi pribadi yang produktif. Menurut Soedirman (1986), produktifitas kerja seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: 
  1. Motivasi, yakni dorongan untuk melakukan tindakan tertentu. Motivasi merupakan motor penggerak utama yang dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh seseorang. Motivasi ibarat energi yang dahsyat, karena dengan motivasi yang kuat seseorang akan mampu menghadapi segala rintangan dan tantangan dengan ringan. Sebaliknya motivasi yang rendah akan menyebabkan seseorang menjadi tidak semangat, yang akibatnya potensi dalam dirinya menjadi mandeg, terhambat, tidak bisa berkembang dengan optimal. Bagaimana agar kita memiliki motivasi tinggi? Temukan pekerjaan yang menjadi impian atau kesukaanmu, sesuatu yang menjadi passion mu, selanjutnya raihlah dan nikmati prosesnya...!!!
  2. Kedisiplinan, merupakan sikap mental yang tercermin dalam perbuatan dan tingkah laku. Sikap mental yang dimaksud adalah sikap untuk ataat dan patuh pada peraturan dan ketentuan pada nilai dan norma yang berlaku. Bagaimana seseorang akan produktif apabila dirinya sendiri tidak bisa menjaga kedisiplinan diri dalam hidupnya. So...mulailah hidup disiplin sejak diri, dari hal-hal yang sifatnya kecil.
  3. Etos kerja, merupakan perilaku atau upaya yang dilakukan seseorang untuk mencapai hasil yang terbaik pada bidang kerja yang dipilih atau dilakukan. Etos kerja perlu dibangun dan ditumbuhkan sejak dini. Bagaimana caranya? Berusaha untuk memahami dan menikmati apa yang sedang digelutinya. Jadikan apa yang sedang dilakukan sebagai passion atau hobbi dalam proses kehidupannya.
  4. Ketrampilan, yakni kemampuan atau skill yang dimiliki untuk menunjang usaha yang digelutinya.skill menjadi sesuatu yang sangat penting dalam menunjang produktivitas seseorang. Skill ini harus disesuaikan dengan kebutuhan di masa-masa mendatang. Apabila kita ingin menjadi manusia produktif, maka sudah selayaknya kita selalu update skill yang kita miliki. Kita harus semangat untuk mempelajari hal-hal yang baru yang dibutuhkan di masa mendatang.
  5. Pendidikan, merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dapat menunjang keberhasilan kerja, baik formal maupun non formal. Faktor ini sangat menentukan seseorang dapat produktif ataupun tidak. Oleh karena itu pendidikan yang berkualitas menjadi sangat penting dalam upaya mempersiapkan manusia yang produktif.
Melihat perkembangan yang ada, tentunya tidak mudah untuk menjadi manusaia produktif. Diperlukan upaya dan perjuangan yang keras agar kita mampu bersaing sehingga bisa memberikan nilai guna bagi diri kita sendiri maupun lingkungan. Satu hal yang tidak bisa dibantah adalah tingkat persaingan yang semakin ketat. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan beberapa langkah strategis, diantaranya:
  1. Susun rencana dengan matang, artinya tentukan apa yang akan dicapai secara jelas dan terukur. Bidang apa yang akan dicapai berdasar pada potensi yang dimiliki
  2. Tentukan skala prioritas, artinya kita harus fokus pada pencapaian sasaran yang akan dicapai. Jangan mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang belum jelas, meskipun itu menarik. Dahulukan pekerjaan yang lebih penting, agar apa yang kita rencanakan dapat tercapai secara efektif.
  3. Nikmati setiap proses yang ada. Agar dapat menikmati, maka jadikan aktivitas kegiatan kita sebagai hobby, sehingga semuanya akan berproses secara menyenangkan.
  4. Ciptakan pola hidup yang tepat, artinya adanya keseimbangan antara bekerja/belajar dengan istirahat, olah raga dan rekreasi. Buat me time yang tepat. Produktif tak melulu tentang melakukan pekerjaan tapi kita juga butuh me time sejenak. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk me time seperti membaca buku, berjalan-jalan ke luar menikmati angin dan udara, menonton acara favorit, dll.
Semoa bermanfaat...!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...