Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 24 Agustus 2022

Cerdas Mengembangkan Karir

Oleh: Winarto

Sobat semua... dalam perkembangan dunia usaha dan industri yang semakin cepat pengembangan karier menjadi sangat penting untuk dilakukan. Pengembangan karir tidak lepas dari konsep kecerasan manusia itu sendiri. Tahukan sobat semua apa yang dimaksud dengan karir itu? Karir adalah suatu rangkaian perilaku dan sikap yang berhubungan dengan pengalaman maupun aktivitas kerja selama rentang waktu pada kehidupan seorang individu serta merupakan rangkaian aktivitas kerja berkelanjutan. Karir juga dapat dimaknai sebagai kondisi yang dapat menunjukan adanya peningkatan status kepegawaian seorang individu dalam organisasi sesuai dengan pekerjaan yang sudah ditentukan oleh organisasi tersebut.

Bagaimana langkah yang diambil untuk pembinaan dan pengembangan karir seseorang? Langkah utama yang harus dilakukan oleh seorang individu adalah mengenali dan memahami potensi diri yang dimilikinya. Potensi diri berkaitan erat dengan kecerdasan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Potensi atau kecerdasan ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu dalam hal pengetahuan, sikap dan ketrampilan. 

Lalu...dapatkah setiap orang memiliki karir yang cerah di masa mendatang? Jawabnya...YA...!!! Kuncinya kemampuan kita untuk bisa mengenali potensi diri. Potensi diri apa yang dibutuhkan untuk membentuk karir yangcerah tersebut? Selama ini kita hanya terbelenggu pada kemampuan tertentu saja untuk bisa menggapai karir yang cerah, seperti kemampuan matematika, bahasa inggris, komputer dan lain sebagainya. Padahal kita sebagai manusia merupakan makhluk yang sangat unik, yang memiliki banyak potensi yang luar biasa.  

Menurut Howard Gadner, seorang psikolog dari Harvard University, dan penulis buku The Theory of Multiple Intelligence (1983), menyebatkan bahwa manusia memiliki delapan kecerdasan. Kecerdasan tersebut yaitu:

  1. Kecerdasan verbal linguistik (bahasa), yakni kemampuan seseorang dalam mengolah serta menggunakan kata dengan sangat efektif, baik secara lisan maupun tulisan.
  2. Kecerdasan Logic Mathematic adalah kemampuan seseorang dalam operasi matematika dan menganalisis masalah secara logis. Pandai dalam penalaran, memiliki keterampilan komputasi, serta mengenali pola dan hubungan antara angka atau simbol.
  3. Kecerdasan Visual dan Spasial adalah kemampuan untuk memvisualisasikan, membuat, dan memanipulasi sesuatu dalam ruang. Individu dalam kategori ini  memiliki kemampuan yang baik pada peta, grafik, video, dan gambar.
  4. Kecerdasan Musical yakni kemampuan untuk mengekspresikan diri, menikmati, mengamati, memahami, dan menciptakan bentuk-bentuk music. Orang yang memiliki kecerdasan musikal memiliki kepekaan terhadap ritme, suara, nada, dan warna nada. 
  5. Kecerdasan Interpersonal (antar pribadi) adalah kemampuan untuk memahami dan selaras dengan perasaan, emosi, serta temperamen orang lain. cenderung pandai berkomunikasi, memahami orang lain, dan bisa bekerja dengan orang lain. Bukan hanya itu, memiliki kecerdasan ini juga terampil dalam menilai emosi, motivasi, keinginan, dan niat orang-orang di sekitarnya
  6. Kecerdasan Intrapersonal (Memahami diri) yaitu kemampuan untuk menyadari dan memahami emosi, perasaan, sifat, pikiran, atau motivasi diri sendiri. Individu dalam kelompik ini senang menganalisis diri, melamun, membuat rencana dan keputusan sendiri, serta menilai kekuatan pribadi yang dimilikinya. 
  7. Kecerdasan Kinestik yakni kemampuan seseorang dalam menggunakan tubuh atau fisiknya untuk mengekspresikan ide dan juga perasaannya. Kecerdasan ini melibatkan koordinasi, ketangkasan, dan penggunaan seluruh atau bagian tubuh tertentu. Orang yang termasuk ke dalam tipe ini cenderung memiliki kontrol fisik yang sangat baik.
  8. Kecerdasan naturalis. Yakni kemampuan untuk memahami alam, termasuk tanaman, hewan, lingkungan, dan lainnya. Orang dalam kelompok ini juga dapat mengamati, mengidentifikasi, mengelompokkan, membedakan apa yang ada di alam. cenderung tertarik memelihara lingkungan, menjelajahi alam, dan mempelajari spesies lain

Tidak ada satupun makhluk TUHAN yang GAGAL dalam penciptan-Nya. Dan tidak ada pula manusia yang bodoh, yang ada hanyalah rasa malas dan ingin jalan pintas. Setiap diri pada dasarnya memiliki potensi dan kemampuan masing-masing. So...segera identifikasi dan temukan kemampuan Anda sesuai dari 8 jenis kecerdasan di atas. Apabila sudah menemukan maka tugas kita adalah mengasah kemampuan kita sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Nikmati setiap proses yang ada, jangan terpaku pada hasil. Kembangkan karir kita sedini mungin...untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah...!!!!

Semoga bermanfaat...!!!!

Related Post:

  1. Membentuk Sikap Rendah Hati
  2. Membangun Karier
  3. Mengenal Penghambat Kesuksesan
  4. Membentuk Karakter Anak
  5. 7 Kebiasaan yang Membuat Efektif
  6. Membentuk Mental Juara 
  7. Pernyataan yang bikin gagal dalam wawancara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...