Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 07 Juni 2020

Membentuk Karakter Anak

Oleh : Winarto
Karakter merupakan sikap dan perilaku yang muncul dalam diri seseorang dalam waktu tertentu. Karakter merupakan factor yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan seseorang baik dalam belajar maupun dalam bekerja. Oleh karena itu, maka proses pembentukan dan pengembangan karakter manusia terus dan selalu ditingkatkan tanpa kenal batas ruang dan waktu. Pembentukan karakter tidaklah mudah, dibutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menghasilkan suatu karakter yang diharapkan.
Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran pembentukan karakter anak memiliki peran yang sangat kuat untuk menunjang keberhasilan anak. Mengapa demikian??? Karena anak memiliki peran yang sangat strategis dalam penyiapan geneasi masa depan yang berbasis karakter. Anak yang berkarakter kuat tentunya akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan kemungkinan yang terjadi di mas mendatang. Kegagalan pembentukan karakter pada usia mudanya akan berdampak luas bagi generasi berikutnya. Oleh karena itu pembentukan karakter atau building character, harus menjadi penekanan pokok dalam dunia pendidikan.
Siapa yang bertanggung jawab dalam pembentukan karakter?
Pada dasarnya terdapat 3 lingkungan pokok yang bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter anak. Yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Keluarga memiliki peran yang sangat besar, karena dari lingkungan inilah anak sebenarnya watak dan karakter anak dibentuk. Untuk itu maka sebagai orang tua harus sadar dan bangkit untuk segera bertindak dalam upaya pembentukan dan pengembangan karakter anak. Pemberian edukasi tentang pentingnya pembentukan karakter anak juga sangat perlu diberikan kepada para orang tua anak. Namun tentunya hal ini tidaklah mudah, karena menyadari situasi dan kondisi orang tua anak yang sangat beragam terhadap pemahaman pendidikan karakter anak. Untuk hal ini, maka perlunya kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait.
Yang kedua adalah lingkungan sekolah. kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah betanggung jawab penuh terhadap pembentukan karakter anak. Pembentukan karakter anak perlu adanya komitmen dan kerja sama yang kuat di antra elemen system yang ada dalam suatu lingkungan, dalam hal ini sekolah. Dalam hal ini maka sekolah sebagai institusi pendidikan, harus mampu menghadirkan konsep pembentukan karakter anak yang jelas dan tegas, sehingga program dan kegiatan yang dirumuskan pun juga jelas dan terukur. Keteladanan juga harus menjadi budaya yang terus dan tetap dikembangkan, sehingga anak akan memiliki barometer yang jelas tentang karakter-karakter yang harus dibangun.
Yang terakhir adalah lingkungan masyarakat. Lingkungan ini memiliki cakupan yang sangat luas, dan tentunya berisi berbagai karakter manusia yang beragam. Lingkungan masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk karakter anak. Idealnya lingkungan masyarakat harus mampu memperkuat pembentukan mental dan karakter anak. Namun dalam kenyataanya karena factor perkembangan teknologi dan informasi, sebagian dari lingkungan masyarakat tidaklah demikian.salah satu factor penyebanya adalah kurang terkontrolnya informasi dan budaya yang masuk, yang tidak sesuai dengan karakter bangsa, sehingga dapat menghambat atau bahkan merusak generasi penerus bangsa. Menghadapi hal ini, maka lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah harus mampu sebagai basis pertahanan pokok, memberi benteng dan amunisi kepada anak dalam menyerap berbagai informasi yang berkembang, sehingga anak mampu memfilter setiap informasi yang masuk, yang pada akhirnya akan berpengaruh pada sikap dan perilaku yang berkembang di masyarakat.
Akhirnya pembentukan dan pengembangan karakter anak adalah menjadi sesuatu yang sangat penting dan urgent bagi kelangsungan hidup suatu geneasi untuk menghasilkan bangsa yang kuat dan kokoh yang mampu bersaing di tengah-tengah kompetisi yang sangat kuat ini.  Kita semua tanpa kecuali…memiliki tanggung jawab yang sama dalam pembentukan dan pengembangan karakter anak. Membudayakan sikap dan perilaku positif  dengan memberikan keteladanan yang kuat, akan menjadi kunci pokok dalam pembentukan karakter anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...