Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 14 Juni 2020

Mengenal Segmentasi Pasar

Oleh: Winarto
sumber gmbr: kubisnis.com
Sobat web…tahukah kamu apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar? Ya..segmentasi pasar merupakan pengelompokan pasar berdasar kriteria tertentu. Mengapa segmentasi pasar sangt perlu dan penting? Karena kita tidak mungkin melayani semua segmen pasar dengan perfect. So...kita ambil satu segmen pasar saja, namun bisa memberikan layanan yang optimal. Hasilnya diharapkan omset penjualan dapat naik secara signifikan, yang pada akhirnya tingkat keuntungan juga akan naik.
Pada dasarnya kita hidup ini adalah tidak bisa lepas dari pemasaran. Artinya bagaimana agar apa yang kita miliki, potensi yang kita miliki bisa dikenl oleh konsumen. Jadi tugas pokok pemasaran ini adalah memasarkan apa yang menjadi potensi kita kepada pihak lain, sehingga konsumen tertarik dengan apa yang kita tawarkan. Dan untuk sukses tentunya kita harus memahami pasar yang yang ingin kita sasar.
Salah satu kunci sukses karier kita atau bisnis kita adalah kita tepat dalam memilih segmen pasar yang menjadi sasaran kita. Barang dan jasa yang akan kita jual tentunya akan lebih mudah laku apabila kita mampu memahami segen pasar yang kita pilih.  Terdapat 4 variabel pokok yang mempengaruhi segmentasi pasar:
1.   Geografis.
Pembelian suatu produk sangat dipengaruhi oleh tempat dimana mereka tinggal. Katakanlah kebutuhan masyarakat kota akan berbeda dengan kebutuhan masyarakat desa, masyarakat pegunungan berbeda dengan masyarakat pantai dan seterusnya. Tugas dari seorang pemasar adalah mempelajari kebutuhan masyarakat yang akan menjadi segmen pasar yang dipilihnya. Kemudian tentukan dan identifikasi apa yang menjadi kebutuhan mereka.
2.   Demografis.
Variable ini berkaitan dengan factor usia, tingkat pendidikan, status perkawinan, suku, agama dan lain sebagainya. Untuk keberhasilan penjualan produk baik barang maupun jasa, kita harus memahami segmen mana yang akan kita tembak. Usia berpa yang akan kita pilih. Golongan masyarakat dengan pendapatan berapa yang akan kita sasar.itu yang menjadi bahan kajian dari variable demografis.
3.   Psikografis.
Variable ini berkaitan erat dengan karakteristik konsumen yang akan kita sasar. Seperti apa karakteristiknya? Ya…gaya hidup, minat, sikap terhadap produk yang akan kita tawarkan. Masyarakat yang memiliki gaya hidup tinggi tentunya akan berbeda dengan masyarakat dengan gaya hidup sederhana. So..hal tersebut berkaitan dengan produk yang akan kita kemas.
4.   Perilaku.
Varibel ini juga patut untuk dipertimbangkan dalam segmentasi pasar. Variable ini meliputi cara-cara konsumen dalam menggunakan produk, manfaat yang mereka dapatkan, alasan mereka membeli dan kesetiaan mereka terhadap produk yang mereka beli.

Siapakah yang perlu melakukan segmentasi pasar?
Pada dasarnya segmentasi pasar dilakukan kepada siapa saja, karena kita adalah sebagai makhluk social. Apapun profesi kita, kita perlu melakukan segmentasi pasar. Lebih-lebih para pegiat bisnis atau perusahaan. Dengan melakukan segmentasi pasar secara tepat, tentunya akan memberikan banyak manfaat terhadap aktivitas atau usaha yang kita geluti. Berikut manfaat segmentasi pasar yang dapa kita ambil;
1.   Kita memahami kecenderungan pasar, sehingga dpt mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi
2.   Dapat memberikan layanan kepada konsumen sesuai dengan seleranya
3.  Dapat menentukan periklanan atau promosi produk secara efektif, karena produk yang ditawarkan jelas sasarannya
Dengan perkembangan pasr yang semakin modern ini, tentunya analisa pasar dan segmentasi pasar menjadi langkah yang tepat untuk menunjang keberhasilan bisnis dan usaha kita. Jangan biarkan usaha kit mati, karena salah menganalisa pasar, atau salah dalam memilih pasar sasaran.

Semoga bermanfaat…!!!!

Referensi:
Rhenald Kasali. Disruption.(2017).  Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Hendro. How to become a smart Entrepreneur. (2005). Penerbit: Andi Offset
Buchari Alma. Pengantar Bisnis. (2010). Penerbit; Alfabeta. Bandung
Eddy Soeryanto Soegoto. Entreprenuership Menjadi pebisnis Ulung. (2015) Penerbt: PT Gramedia.


Related Post:
  1. Bisnis dengan Modal kecil...why not?
  2. Menyiapkan Pribadi Sukses
  3. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  4. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  5. Mental Karakter Entreprenuer
  6. Mengoptimalkan Medsol dalam bisnis
  7. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  8. Strategi Bisnis di Era Disruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...