Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 24 Juni 2020

Promosi Produk

Oleh: Winarto
Promosi atau dalam Bahasa sederhana adalah pengenalan produk meupakan elemen penting dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Karena tanpa strategi promosi yang tepat dan efektif maka barang atau jasa yang kita jual tidak akan dikenal oleh konsumen. Maka tidak sedikit perusahaan yang mau mengeluarkan dana atau anggaran yang cukup besar di bidang promosi ini.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (1989:68) promosi memiliki arti untuk memberi tahu, membujuk atau mengingat. Dalam dunia bisnis promosi diartikan sebagai upaya perusahaan untuk merayu, membujuk konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkannya. Jadi tujuan pokok dari promosi ini adalah adanya action dari pembeli untuk membeli produk yang ditawarkannya. Bagaimana agar promosi yang kita lakukan efektif:
1.  Konten yang ingin disampaikan jelas dan tegas, artinya dalam informasi tentang produk baik itu barang ataupun jasa yang akan dijual harus jelas. Berikan usasan secara singkat dan sederhana sehingga konsumen paham terhadap produk yang ditawarkan. Selain hal tersebut  segmen pasar yang ingin disasar juga jelas.
2. Menggunakan bahasa yang memikat. Bahasa yang memikat akan sangat mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Untuk itu dalam promosi penting menggunakan Bahasa yang bersifat membujuk, mengajak sehingga dalam tahab selanjutnya konsumen secara tidak sadar akan berusaha untuk mencari tahu terhadap produk yang ditawarkannya.
3. Desain Promosi yang Menarik. Desain berkaitan dengan tampilan. Sedangkan tampilan itu sendiri merupakan kombinasi antara kata, gambar ataupun simbul-simbul lainnya. Untuk meningkatkan efektifitas promosi perlu dilakukan kominasi yang tepat antara unsur-unsur yang ada dalam tampilan promosi tersebut.
Dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tentunya sangat berpengaruh pada strategi promosi yang diterapkan. Perusahaan tentunya harus mengikuti perkembangan yang ada, karena bila tidak…sudah pasti usahanya akan tergilas oleh perkembangan jaman. Untuk hal tersebut perusahaan dapat melakukan bauran promosi yang tepat diantaranya:
1.   Memanfaatkan Iklan pada media yang ada.
Iklan merupakan bentuk promosi produk yang sangat efektif. Perusahaan dapat memanfaatkan media yang ada seperti televisi, radio, surat kabar, majalah atau media lain yang sejenis. Pemilihan media tentunya disesuaikan dengan target pasar yang ingin dicapai serta kondisi konsumen yang akan dipilih.
2.   Pemasaran Produk secara langsung
Promosi dengan model ini, mengharuskan penjual hadir ditengah-tengah pembeli. Sehingga pembeli bias melihat dan menyaksikan langsung tentang produk yang ditawarkan. Kemampuan mengemas bahasa, sikap dalam penawaran produk sangat berpengaruh pada efektifitas jenis promosi ini.
3.   Membangun Hubungan dengan Masyarakat
Strategi ini merupakan bentuk promosi dengan membangun image yang baik di tengah-tngah masyarakat. Bentuknya dapat melalui berbagai kegiatan social dengan mengatas namakan perusahaan. Dengan model ini diharapkan secara tidak langsung dapat memberikan efek terhadap pembelian produk yang ditawarkan perusahaan.
4.   Mengoptimalkan peran Media Sosial.
Media social yang ada yang sedang berkembang di decade terakhir ini dapat dimanfaatkan untuk sarana promosi produk. Perusahaan dapat mengemas secara tepat dan menarik untuk promosi ini. Media social yang biasa digunakan misalnya youtube, website, blogs dan lain sebaginya.
Akhirnya promosi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan produk yang dijual pada konsumen. Untuk hal tersebut, maka tugas pokok perusahaan adalah mampu merumuskan strategi yang efektif terhadap promosi yang dilakukan, sehingga dapat memberi dampak positif terhadap penjualan produk.

Referensi:
Rhenald Kasali. Disruption.(2017).  Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Hendro. How to become a smart Entrepreneur. (2005). Penerbit: Andi Offset
Eddy Soeryanto Soegoto. Entreprenuership Menjadi pebisnis Ulung. (2015) Penerbt: PT Gramedia.
Buchari Alma. Pengantar Bisnis. (2010). Penerbit; Alfabeta. Bandung


Related Post:
  1. Bisnis dengan Modal kecil...why not?
  2. Menyiapkan Pribadi Sukses
  3. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  4. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  5. Mental Karakter Entreprenuer
  6. Mengoptimalkan Medsol dalam bisnis
  7. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  8. Strategi Bisnis di Era Disruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...