Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 10 Juni 2020

Membangun Karier

Oleh: Winarto
sumber gambar:indooutbond.com
Salah satu tujuan pokok manusia adalah memiliki pekerjaan atau karier yang meyakinkan. Pekerjaan yang mapan, karier yang cerah tentunya akan memberikan jaminan masa depan yang lebih baik dan lebih cerah pula. Untuk mencapainya tentunya tidaklah mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Persiapan yang matang dan proses yang pnjang perlu dilalui untuk mencapai karier yang diidamkan. Sudahkan para pengunjung web…khususnya para fresh graduade mempersiapkannya?? Dalam realitanya banyak para pencari kerja atau bahkan para pekerja yang sudah mendapatkan pekerjaan gagal dalam membangun kariernya.  Lalu apa yang harus kita lakukan, utamanya bagi para fresh graduade?. Berikut ini sedikit tips yang dapat kita lakukan:
#1 Tetapkan Target yang Jelas
Pekerjaan dan Karier yang ingin kita capai harus kita tetapkan dengan tegas dan jelas. Karena hal ini akan berpengaruh pada langkah-langkah yang akan kita ambil pada tahaban-tahaban berikutnya. Bagaimana cara menentukkan karier tersebut? Tentunya ikuti kata hati nurani kita sendiri, lihat potensi diri kita...jangan hanya sekedar ikut-ikutan pada orang lain.
Oleh karena itu wajib bagi kita, untuk berlatih dan mengenali potensi diri kita, apa yang menjadi passion kita. Bagaimana cara mengenalinya? Sangat simple, yakni ketika kita merasa nyaman dan enjoy serta menikmati apa yang kita lakukan. So…segera temukan potensi diri anda…dan segera tetapkan target yang jelas untuk masa depan Anda.!!!
#2 Persiapkan dengan Bekal Karakter dan Skill yang kuat.
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolgi yang semakin cepat ini, karakter dan skill merupakan factor yang wajib untuk dilakukan. Karakter akan menentukan seperti apa kita dan bagaimana kita dalam dunia kerja. Karakter yang kuat akan berpengaruh pada 80% keberhasilan dalam karier. Sementara pengetahuan dan skill sebagai factor pendukung karier juga tidak boleh ditinggalkan. Kita harus mampu untuk beradaptasi dengan dunia kerja. Apa yang seharusnya kita lakukan? Tentunya kita tidak boleh puas dengan apa yang kita dapat sekarang ini, utamanya pengetahuan dan ketrampilan. Kita mampu mempredikasi dalam dua, tiga atau lima tahun mendatang, ketrampilan seperti apa yang harus diperlukan dalam dunia usaha dan dunia industry.
#3 Tekun, Ulet dan Pantang Menyerah
Sifat ini adalah sebagai salah satu perwujudan dari karakter diri kita, dari sekian banyak karakter yang ada. Mengapa hal ini kami tekankan dalam membangun karier kita? Karena sebagian besar tenaga kerja yang ada gagal dalam mengembangkan karier karena kurang tekun dalam bekerja, gampang bosan tidak kerasan, sehingga daya kreasi dan inovasi menjadi berkurang. Sebagian besar karena factor penghasilan yang mereka anggap kurang sepadan. Dalam kondisi seperti ini, kita sebenarnya harus sadar bahwa hasil tidak akan mengingkari proses, hanya tinggal waktu yang menentukan. So…nikmati apa yang kita lakukan, jangan pernah membandingkan dengan penghasilan orang lain, toh dalam bidang yang sama. Bangun sikap dan mental tahan banting dan pantang menyerah..
#4 Bangun Jaringan
Membangun jaringan berarti membangun komunikasi. Dari sini sebenarnya karier kita akan cepat dan mudah berkembang. Bagaimana komunikasi dapat terbangun dengan baik? Tentunya kita harus memahami pskilogi orang, psikologi kerja dan seni dalam berkomunikasi. Kita harus mampu mengembangkan sikap yang dapat menarik simpati orang lain, seperti ramah, sopan, santun dan familier. Selain hal tersebut kita harus mampu menempatkan diri kita, harus mampu menjadi pendengar yang baik abagi orang lain. Komunikasi yang terbangun dengan baik akan mempermudah kita membangun jaringan, yang pada akhirnya akan berpengaruh positif pada pekerjaan dan karier kita.
#5 Pahami Trend Pasar
Pasar adalah sesuatu yang kita butuhkan dan kita perlukan, oleh karena itu kita harus selalu mempelajari dan memahami seperti apa kecenderungan pasar yang berkembang saat ini. Pada dasarnya dalam bekerja kita adalah sebagai pelayan, yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan orang lain (konsumen). Untuk itu tujuan yang paling pokok adalah memuaskan konsumen dan memahami apa yang mereka perlukan dan mereka butuhkan. Kita harus mampu memberikan sesuatu yang paling baik, sehingga konsumen menjadi puas. Ketika kepuasan terpenuhi, tentunya akan berimbas pad kita, apapun konsekwensinya mereka akan berikan atau bayarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...