Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 14 Juni 2020

Belajar Efektif di Era Pandemi

Oleh: Winarto
Belajar adalah sesuatu yang wajib dan harus dilakukan dalam kondisi apapun. Mengapa demikian? Karena hanya dengan belajar permasalahan dan problematika masa depan akan dapat teratasi. Banyak bangsa yang tertinggal, karena masyarakatnya kurang semangat atau kendor dalam belajar. Di era yang sulit seperti kondisi penyebaran penyakit menular seperti sekarang ini, kita harus tetap semangat untuk belajar. Indikasi keberhasilan kita dalam belajar adalah ketika kita sudah mengalami perubahan positif terhadap pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Karena hakekat belajar itu sendiri terletak pada 3 ranah pokok tersebut, yakni pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill) dan sikap (character).
Bagaimana agar kita berhasil dan efektif dalam belajar? Berikut terdapat beberapa strategi yang dapat kita lakukan:
#1. Tanamkan dan pertahankan semangat belajar
Niat dan semangat yang kuat merupakan modal utama keberhasilan seseorang. Menghadirkan dan menciptakan kondisi semacam ini tentunya tidaklah mudah. Butuh proses dan pemahaman yang kuat dari diri seseorang. Butuh kesadaran dan nalar yang tinggi. Oleh karena itu… Kita harus mampu membangun diri, memotivasi diri untuk tetap semangat dalam belajar. Yakinlah…bahwa masa depan yang gemilang butuh dan perlu proses yang panjang, perlu perjuangan keras, salah satunya dengan belajar yang efektif. Tidak dapat dipungkiri, dengan adanya pandemic penyakit menular ini yang menyebabkan perubahan modael dalam pembelajaran, model belajar tatap muka menjadi model belajar di rumah (daring) menyebabkan anak menjadi terlena, dan menempatkan belajar sebagai kegiatan yang kurang utama. Terlebih apabila orang tua kurang memberikan perhatian dan pantauan terhadap kegiatan anak.
#2. Manajemen Waktu
Waktu ibarat pedang, apabila kita tidak mampu menggunakan, maka kita akan tertebas sendiri. Maknanya apa? Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, tidak bisa kembali, karena yang telah berlalu tinggallah sejarah. Apabila kita tidak bisa memanfaatkan moment dengan sebaik-baiknya, maka hilanglah kesempatan kita. Oleh karena itu marilah kita berlatih untuk dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Apalagi dengan ditetapkannya belajar dari rumah di era pandemic ini, kita dituntut untuk mampu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Bagaimana caranya? Buat perencanaan, target, dan program yang jelas dan terukur. Tetapkan list kegiatan yang akan kita laksanakan. Apabila tidak kita lakukan, tentunya kita akan terlena dan terbawa pada hal-hal aau kegiatan yang kurang bermanfaat.
#3 Belajar Beradaptasi
Adaptasi merupakan proses penyesuaian diri. Orang yang mampu beradaptasi maka dia akan memiliki kelangsungan hidup yang baik, sebaliknya bila gagal dalam beradaptasi tentunya dia akan kandas ditelan keadaan. Beradaptasi di sini berarti kita harus mampu melakukan pembelajaran dengan efektif, yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka sekarang dilakukan secara jarak jauh. Untuk itu kita haru mampu beradaptasi dengan teknologi, harus mampu menggunakan aplikasi pendukung pembelajran, sehingga materi ajar dapat kita serap dengan sebaik-baiknya. Model pembelajaran daring harus kita pertajam lagi.
#4. Kreatif dalam Mencari Solusi
Dalam pembelajaran daring sudah barang tentu banyak kendala dan permasalahan yang muncul. Apabila tidak diatasi tentunya akan sebagai penghambat dalam proses pembelajaran. Bagaimana cara mengatasinya?  Kita harus kreativ. Kita harus berlatih untuk mengidentifikasi permasalahan secara tepat dan menemukan solusi secara tepat pula. Sebagai contoh: permasalahan dengan jaringan internet, penggunaan aplikasi belajar yang belum lancar, kesulitan dalam meyerap materi ajar melalui daring, pembelajaran praktek yang sulit untuk dilakukan dan lain sebagainya. Bagaimana langkah penyelesaiannya? Lakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang terkait? Libatkan teana dekat kita, orang tua dan guru dan pihak-pihak lain untuk dapat berkomunikasi, sehingga dapat menemukan solusi yang efektif.
#5. Pantang Menyerah
Salah satu ciri generasi sukses adalah pantang menyerah. Lakukan sesuatu yang terbaik untuk menyongsong masa depan yang lebih baik apapun kondisinya. Bagaimana caranya? Identifikasi kompetensi yang harus dicapai, tetapkan langkah strategi dan action. Kita tidak boleh lengah dalam situasi dan kondisi apapun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...