Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Senin, 29 Juni 2020

Akuntansi Biaya dan Akuntansi Keuangan

Oleh: Winarto
Akuntansi biaya memiliki kedudukan yang sangat penting khususnya bagi manajemen. Dengan informasi biaya yang tepat, akan dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan, khususnya dalam hal penentuan laba perusahaan di masa mendatang. Apa sebenarnya makna biaya itu sendiri??
Dalam arti luas biaya adalah pengorbanan sumber ekonomis, yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam arti sempit biaya merupakan bagian daripada harga pokok yang dikorbankan di dalam usaha untuk memperoleh penghasilan.
Akuntansi Biaya adalah bidang akuntansi yang khusus mempelajari tentang proses pencatatan, pengukuran dan pelaporan biaya produksi yang digunakan dalam perusahaan. Dengan  akuntansi biaya maka dapat ditentukan harga pokok suatu produk yang akan dijual ke pasar. Sedangkan akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang mempelajari tentang proses pencatatan, penggolongan peringkasan transaksi keuangan perusahaan yang kemudian ditafsirkan dalam bentuk laporan keuangan. Perhatikan posisi AkUNTANSI BIAYA dalam struktur organisasi perusahaan berikut ini!
  
Perbedaan mendasar antara akuntansi biaya dengan akuntansi keuangan:
1.   Pihak yang Berkepentingan
Akuntansi Biaya ditujukan untuk kepentingan internal perusahaanseperti penilaian persediaan, penentuan harga pokok produk, evaluasi kinerja dan lain sebagainya. Sedangkan akuntansi keuangan ditujukan untuk pelaporan kepada pihak eksternal perusahaan, seperti kepada investor, kreditur, debitur  dan pihak lain untuk dasar pengambilan keputusan sesuai dengan kepentingannya.
2.   Fokus Informasi Akuntansi
Akuntansi Biaya memiliki focus kegiatan pada informasi untuk masa yang akan datang seperti penentuan harga pokok produk yang akan dijual, berapa prosen perusahaan akan mengambil laba dan sebagainya. Sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada data historis perusahaan, dan dilakukan atau disusun sebagai bukti pertanggungjawaban manajemen dalam mengelola usaha.  Data historis yang dimaksud adalah data keuangan yang telah terjadi yang selanjutnya disajikan dalam bentuk laporan keuangan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kepeputusan bagi yang membutuhkan
3.   Lingkup Informasi
Lingkup materi untuk Akuntansi biaya hanya seputar biaya produksi perusahaan, yang berfungsi sebagai tambahan informasi manajemen dalam pengambilan keputusan. Sedangkan untuk akuntansi keuangan memiliki lingkup materi yang lebih luas, yakni meliputi seluruh transaksi yang mengakibatkan pada perubahan harta utang dan modal perusahaan.
4.   Rentang Waktu
Akuntansi biaya menggunakan rentang waktu yang lebih fleksibel seperti dalam rentang harian, mingguan, bulanan, semesteran tahunan bahkan 5 tahunan. Sednagkan rentang waktu untuk akuntansi keuangan kurang fleksibel, hanya dalam durasi mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan.
5.   Sifat Informasi yang Digunakan
   Sifat informasi yang digunakan akuntansi biaya adlah berupa taksiran, artinya menyangkut pengambilan keputusan untuk masa yang akan datang. Sedangkan untuk akuntansi keuangan sifat informasinya mengutamakan ketepatan informasi yang digunakan

Semoga bermanfaat....!!!!

Referensi:
Bastian Bustami. Nurlela. Akuntansi Biaya. Teori dan Aplikasi. (2006) Penerbit : Graha Ilmu
Mulyadi. Akuntansi Biaya.(2005). Penerbit: UPP STIM YKPN.

Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...