Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran di Era Pandemi COVID-19

Oleh: Winarto
Terjadinya pendemi covid 19 telah membawa dampak pada semua bidang tanpa kecuali di bidang pendidikan. Atas hal tersebut tentunya menjadi tantangan tersendiri khususnya bagi tenaga pendidik, agar proses pembelajaran tetap dapat berjalan sehingga kompetensi yang telah ditetapkan dalam KD dapat dicapai secara efektif. Demikian juga halnya dengan peserta didik, walaupun terjadi perubahan model pembelajaran, yakni menjadi learning from home (LFH) bukan berarti mengendorkan semangat belajar siswa, namun justru sebaliknya harus tambah semangat dalam proses pembelajaran. Walaupun juga tidak dipungkiri model pembelajaran di rumah ini, menghadirkan banyak persoalan yang harus diselesaikan dengan tepat.

Bagaimana proses pembelajaran dapat berhasil?
Proses pembelajaran di era pandemic dilaksanakan secara jarak jauh dengan menggunakan system daring (pembelajaran dalam jaringan) dan pembelajaran dengan system luring (Luar Jaringan). Pembelajaran daring adalah pembelajaran online dalam hal ini harus menggunakan jaringan intenet. Semua materi pembelajaran diupload dalam media pembelajaran yang tepat, sedangkan para peserta didik mengaksesnya melalui jaringan internet. Dibutuhkan jaringan atau sinyal yang kuat, agar system daring ini dapat berjalan dengan baik. Dengan system daring, pembelajaran dapat dilakukan secara bebas, tanpa batas ruang dan waktu, asal sisnyal ada, maka para peserta didik dapat melakukan proses pembelajaran. Sementara itu pembelajaran luring merupakan pembelajaran di luar jaringan.
Bagaimana prosesnya? Guru dapat memberikan bahan ajar kepada para peserta didiknya melalui modul ajar, diktat, LKS, buku-buku yang relevan dan media belajar lainnya yang sesuai. Dalam hal ini guru menyiapkan berbagai materi dan dikemas dalam bentuk cetak dan para peserta didik tinggal mempelajarinya.
Kunci pokok  proses pembelajaran di era pandemic ini adalah penguasaan teknologi dan informasi khususnya bagi para pendidik. Guru harus mampu mengembangkan kemampuan dan skill nya agar proses pembelajaran dapat dilakukan secara menarik melalui penguasaan teknologi dan informasi. Selain hal tersebut guru juga harus mampu mengemas dan meracik materi sedemikian rupa sehingga para peserta didik tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya.
Kunci yang kedua adalah perlu jalinan kerjasama yang kuat dengan orang tua siswa. Manajemen sekolah sudah seharusnya membangun komunikasi dengan orang tua siswa baik melalui komite sekolah atau paguyuban orang tua murid. Maksudnya adalah untuk menselaraskan antara program sekolah dengan perliku dan kegiatan anak di rumah, karena selama proses pembelajaran di era pandemic, sebagian besar peserta didik berada di rumah. Dalam kondisi tersebut orang tua harus selalu melakukan pendampingan dan pengawasan kepada anak-anaknya, sehingga program kegiatan yang telah disususn sekolah dapat dilakasnakan secara efektif dan efisien.

Tantangan Pembelajaran di Era Pandemi
Proses pembelajaran pada era pandemic ini pada dasarnya merupakan tantangan tersendiri bagi para peserta didik untuk meningkatkan kemampuannya. Setiap siswa dituntut untuk berlomba-lomba dalam mencapai keberhasilan di era pembelajaran yang sulit. Dalam hal ini para peserta didik dituntut untuk mampu membangun motivasi atau semangat belajar dan juga beradaptasi dengan situasi dan lingkungan pembelajaran yang tidak menentu. Bagi siswa yang rajin tentunya ini merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan potensi diri, melalui pembelajaran mandiri, mengoptimalkan berbagai sumber yang ada, lebih-lebih di era internet seperti sekarang ini. Sebaliknya bagi siswa kurang rajin dan kurang peka tentunya waktu yang ada kurang dapat digunakan secara optimal, sehingga proses pembelajarannyya pun juga optimal. Akibatnya sudah dapat ditebak, kompetensinya menjadi lemah, sehingga akan mengalami kegagalan apabila bersaing dalam pendidikan yang lebih tinggi atau bersaing dalam dunia kerja.
Soo….segera manfaatkan waktu yang ada untuk meningkatkan potensi diri dengan berbagai kondisi yang ada. Jangan sampai kita terlena sehingga perkembangan jaman akan menggilas kita. Jangan sampai kita hanya sebagai penonton dalam hiruk pikuknya kemajuan teknologi dan informasi.

Selamat belajar…selamat beraktifitas…semoga sukses…!!!!!!!

Related Post:
  1. Pembelajaran dari rumah di era Covid-19
  2. Meningkatkan Kosentrasi Belajar 
  3. Desain Pembelajaran berorientasi HOTS
  4. Menumbuhkan Motivasi Diri 
  5. Konsep Dasar Pendidikan SMK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...