Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Sabtu, 13 Agustus 2022

Apa itu Rekening Koran??

Oleh : Winarto

Sobat semua...pernah dengar dengan istilah Rekening koran? Ya... istilah tersebut akbrab dalam dunia perbankan. Pada dasarnya rekening koran merupakan bahasa serapan dari bahasa Belanda yaitu “courant yang berarti ringkasan transaksi seseorang yang tercatat pada suatu rekening bank. Pengertian rekening koran adalah suatu ringkasan data transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening, baik rekening pribadi/individu maupun rekening suatu badan usaha. Data pokok yang terlampir pada rekening koran adalah mutasi dana pemilik yang tergambar dalam alur debit dan kredit, yang semuanya menggambarkan dana kas masuk ataupun keluar. Penambahan pada kolom debet berarti dana pemilik masuk, sebaliknya jika terjadi penambahan di kolom kredit, berarti terdapat pengurangan dana pemilik.

Bagaimana kita dapat memperoleh laporan rekening koran?. Semuanya tergantung pada kebijakan bank. Ada yang memberikan rekening koran pada nasabah setiap periode tanpa diminta, ada pula yang harus mengajukannya terlebih dahulu untuk mendapatkan rekening koran. Namun, seiring berkembangnya teknologi, nasabah sudah bisa memeriksa alur keuangan di rekeningnya secara online yakni dengan mobile application, website bank, atau melalui mesin ATM. Nasabah bisa melihat keseluruhan daftar transaksi hingga mutasinya. Sangat mudah  bukan?

Fungsi Rekening Koran

Seberapa pentingkah Rekening Koran bagi pemiliknya? Rekening koran memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Berikut ini beberapa fungsi rekening koran bagi pemiliknya.

Pertama, Mengetahui MUTASI KAS Mutasi kas merupakan perubahan kas masuk dan kas keluar yang berpengaruh pada saldo rekening kita. Fungsi rekening koran pada dasarnya sama seperti buku tabungan, yaitu menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu. Informasi yang terdapat di rekening koran mengenai jumlah saldo awal-akhir bulan, arus debit-kredit, bunga bank, dan biaya administrasi. Rekening koran memiliki kelebihan, yakni bukan hanya mencantumkan tanggal, waktu seperti di buku tabungan, tapi juga pesan yang dicantumkan ketika transaksi dilakukan dan hal detail lainnya. Dengan rekening koran maka kita akan diberikan informasi secara detail dan jelas tentang kondi mutasi kas kita selama periode tertentu.

Kedua, SARANA Pengajuan KREDIT. Dalam dunia bisnis, kredit meruapakan salah satu alternatif untuk memenuhi dana dalam menjalankan operasinya. Untuk mendapatkan kredit tentunya dibutuhkan berbagai syarat yang akurat. Rekening koran juga bisa dijadikan salah satu dokumen yang dapat menunjang pada saat kita mengajukan atau membuat permohonan kredit. Dari rekening koran maka kondisi keuangan kita dapat dinilai apakah SEHAT atau Kurang Sehat, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian kredit.

Ketiga, DASAR HUKUM. Pernahkah kita mengalami konflik dengan fihak ketiga tentang keuangan? Ya. Untuk mengatasinya dapat dibuktikan melalui rekam jejak digital rekening koran. Rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah apabila suatu saat kita terlibat perselisihan dengan pihak lain yang terkait dengan mutasi rekening. Contohnya saja ketika kita yakin telah mengirimkan sejumlah uang untuk membayar pesanan pada sebuah toko online, namun pihak penjual belum ada uang terkirim atas nama rekening kita, sehingga order kita tidak dapat diproses. Maka rekening koran dapat membuktikannya.

Keempat SARANA AUDIT KEUANGAN. Sebagai pemilik perusahaan sudah pasti kita harus selalu mengontrol arus perputaran keuangan usaha dalam suatu periode tertentu. Tujuannya adalah untuk memberikan penilaian kinerja perusahaan melalui mutasi kas perusahaan. Untuk mencapai hal tersebut,  rekening koran memiliki peran yang sangat sangat penting. Dari laporan rekening koran perusahaan ini kita dapat menerima informasi secara detai tentang mutasi kas perusahaan, aliran keluar masuknya kas, sehingga bisa dilakukan kontrol keuangan, untuk menjaga dan meningkatkan stabilitas keuangan perusahaan. Jadi apabila ada atau terjadi suatu hal yang tidak wajar pada transaksi rekening perusahaan, segera dapat diambil tindakan untuk mengatasi atau mencegahnya.

Semoga bermanfaat...!!!!!

Related Post:
  1. Mengelola Bisnis Minimarket
  2. Tantangan Bisnis di Era Modern
  3. Keahlian dasar di Era Milenial
  4. Mengenal Riset pasar
  5. Mengelola Bisnis Minimarket
  6. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  7. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  8. Mengoptimalkan Medsos dalam bisnis
  9. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  10. Strategi Bisnis di Era Disruption
  11. Kebijakan Piutang
  12. Pendukung Usaha Bisnis
  13. Bisnis dengan Modal kecil...why not?
  14. Menyiapkan Pribadi Sukses
  15. Mental Karakter Entreprenuer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...