Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Selasa, 17 Januari 2023

Mengenal Literasi

Oleh: Winarto

Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, maka kita dituntut untuk mampu beradaptasi, agar kita tidak tergilas oleh perkembangan zaman. Kuncinya dengan meningkatkan kemampuan atau skill yang menunjang kehidupan kita di masa mendatang. Skill akan meningkat apabila litarasi kita juga meningkat. Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Jadi literasi itu bukan hanya kemampuan membaca, literasi adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan atau fenomena serta kemampuan memahami konsep di balik tulisan atau fenomena tersebut,

1. Literasi Baca Tulis

Literasi baca tulis adalah kemampuan kita dalam memahami isi teks tertulis, baik yang eksplisit maupun implisit. Literasi baca tulis juga mencakup kemampuan kita untuk menuangkan ide dan gagasan kedalam tulisan.

Kemampuan membaca yang baik tidak sekadar bisa lancar membaca, tetapi juga bisa memahami isi teks yang dibaca. Teks yang dibaca pun tidak hanya kata-kata, tetapi juga bisa berupa simbol, angka, atau grafik.

Membaca merupakan kunci untuk mempelajari segala ilmu pengetahuan, termasuk informasi dan petunjuk sehari-hari yang berdampak besar bagi kehidupan. Literasi baca tulis merupakan bagian dari literasi dasar.

2. Literasi Numerasi

Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara) dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita

Kecakapan literasi numerasi memberi kita kemampuan untuk menganalisis informasi matematis. Kemudian, interpretasi analisis tersebut dapat kita gunakan untuk membuat prediksi, memperhitungkan, maupun mengambil keputusan.

3. Literasi Sains

Kita perlu memiliki pengetahuan ilmiah dan menggunakannya untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan demikian, kita dapat menjalani hidup yang lebih sehat dan aman. Maka, literasi apa yang dibutuhkan? Ya, adalah literasi sains, sebuah literasi yang menekankan pada kemampuan kita untuk memahami fenomena alam di sekitar kita. Tak hanya fenomena alam, literasi sains juga mencakup fenomena sosial.

4. Literasi Finansial

Literasi finansial adalah pengetahuan tentang keuangan. Tak selesai pada pengetahuan saja, literasi finansial juga mencerminkan kecakapan kita dalam menerapkan pemahaman, konsep, risiko, dan keterampilan dibidang finansial.

Literasi finansial yang baik berdampak pada kesejahteraan finansial yang baik. Dampak positif ini tak hanya pada tataran pribadi, tapi juga dalam skala sosial yang lebih luas.

5. Literasi Digital

Pada era digital sekarang ini, literasi digital menjadi kemampuan yang sangat penting. Literasi inilah yang memberi kita kecakapan untuk tak hanya memperoleh, tapi juga menyaring informasi. Sebagaimana kita pahami bersama, informasi yang kita peroleh hari ini datang membanjir tanpa mampu kita hentikan.

Dalam pengertian yang lebih sederhana, literasi digital lebih mengacu pada penggunaan komputer dan internet. Sedangkan dalam cakupan yang lebih luas, kemampuan berpikir kritis, mengevaluasi media digital, serta membuat konten  komunikasi juga merupakan bagian dari literasi digital.

6. Literasi Budaya dan Kewargaan

Literasi budaya merupakan kemampuan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Sementara itu, literasi kewargaan adalah kemampuan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Sudah seberapa baik kita memahami dan memposisikan diri sebagai individu didalam sebuah negara dengan beragam suku, adat istiadat, bahasa daerah, agama dan kepercayaan? Semakin baik kita menempatkan diri dalam keberagaman tersebut, artinya semakin baik pula literasi budaya dan kewargaan kita.

Semoga bermanfaat….!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...