Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Kamis, 16 April 2020

Kemana Kamu setelah Lulus SMA atau SMK????

Oleh: Winarto.
sumber gambar:sinfonews.com
Tidak terasa…waktu begitu cepatnya berlalu. Baru saja kemarin kita memasuki jenjang pendidikan menengah, ee… tahunya sekarang sudah mau lulus. So…bagaimana dengan planning kamu sekalian setelah lulus pendidikan menengah?  Ya…planning atau perencanaan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita dan wajib dilakukan bagi setiap orang. Perencanaan akan membantu mengarahkan kita…kemana kita akan melangkah. Planning yang matang akan memandu kita, kemana kita akan bergerak, yang tentunya akan membuat setiap langkah yang kita lalui akan menjadi lebih bermakna. Maslahnya adalah…bagaimana planning tersebut disusun. Planning atau rencana harus disusun secara jelas, dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kemampuan dan potensi yang kita miliki dan juga didasarkan pada sesuatu yang logis.
Bagi teman-teman khusunya yang akan segera lulus dari pendidikan menengah (SMA atau SMK), berikut ini terdapat beberapa langkah yang dapat ditempuh, sebagai alternative pilihan setelah kamu menyelesaikan pendidikan di sekolah menengah (SM atau SMK).
# 1. Melanjutkan ke Jenjang Pendidikan yang Lebih Tinggi.
Ya…alternative ini dapat dipilih bagi mereka yang baru lulus dari jenjang menengah (SMA), karena pada dasarnya mereka dididik dan dibekali untuk dapat dipersiapkan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dengan berbagai alternative pilhan jurusannya. Namun demikian bagi lulusan SMK juga tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi pula. Inti dari alternative ini adalah bahwa sebagai lulusan sekolah menengah, perlu untuk meningkatkan kompetensinya sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. Konsekwensi yang harus diambil tentunya kita harus mengorbankan lebih banyak hal, baik dana, waktu dan tenaga. Namun tentunya pengorbanan tersebut akan memberikan dampak yang baik di masa mendatang yakni dalam bentuk investasi diri di bidang pendidikan. Value (nilai jual) diri kita di masa mendatang diharapkan dapat meningkat lebih baik, bila dibanding dengan value sekarang (dengan notabene lulusan SMA atau SMK).
Problem klasik dari pilihan alatu alternative ini adalah tentang biaya pendidikan yang tentunya tidak basa dibilang sedikit. Berkaitan denganhal tersebut, tentunya tidak bisa dijadikan sebagai alasan untuk TIDAK melanjutkan study. Dalam kondisi ini, kita dituntut untuk kreatif, dengan mencari berbagai alternative solusi untuk mengatasi biaya study. Dan disini dibutuhkan nyali yang kuat, mental yang tangguh untuk dapat mengatasi problematika hidup. Kita dapat mengambil beasiswa prestasi, atau beasiswa kurang mampu 9bidikmisi), atau bea siswa lain yang memungkinkan. Apabila kesemuanya belum memungkinkan, kita dapat mengambil langkah lain yang dapat menghasilkan fullus tambahan, seperti memberikan jasa les private, jual kecil-kecilan dan lain sebagainya. Saya yakin di era millennial ini banyak peluang-peluang jobs yang mampu memberikan  sedikit solusi dalam kaitannya dengan biaya study. Semua tinggal kepada diri kita…mau tidak untuk memulai…melangkah…mengubah diri kita ke arah yang lebih bernilai!!!
#2. Bekerja pada Instansi Dunia Usaha dan Dunia Industri
Pilihan kedua ini sangat cocok untuk alumni SMK. Mengapa demikian?? Ya…karena pendidikan jenjang SMK memang diselenggarakan untuk menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah (madya) dalam rangka memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industry, sesuai dengan bidang keahliannya. Namun dalam kenyataannya tidaklah semudah dan seindah yang dibayangkan. Tuntutan dunia usaha dan industry tidaklah ringan, utamanya dalam hal skill dan kompetensi yang dibutuhkan. Sementara di lain sisi tingkat persaingan untuk masuk kerja juga sangatlah tinggi. Belum lagi…jumlah antara pelamar dengan bidang yang dilamar masih sangat jauh. Artinya belum terjadi kesimbangan antara permintaan tenaga kerja dengan penawaran tenaga kerja. Hal tersebut tentunya menjadi PR yang berat bagi para penyelenggara pendidikan menengah kejuruan terutama dalam mengelola pendidikan dan pembelajarannya, sehingga output yang dihasilkan nantinya mampu bersaing dalam kompetisi global, yang pada akhirnya mampu terserap dalam dunia kerja yang sesuai dengan bidangnya. Selain hal tersebut, masih terdapat beberapa kelemahan dari lulusan SMK,  yakni skill atau ketrampilan yang belum optimal, belum sepenuhnya mengcover perkembangan global di DU/DI, dan juga masih minimnya pengalaman praktek yang dimiliki, sementara di sisi lain DU/DI memang menuntut calon tenaga kerja yang sesuai dengan perkembangan yang ada serta lebih mengutamakan pada tenaga kerja yang memiliki pengalaman di bidang keahliannya.
Atas kondisi tersebut di atas, maka bagi calon lulusan sekolah menengah kejuruan segera mengambil sikap, untuk menutup celah kekurangan yang ada, utamanya bagi para pelamar kerja pada umumnya, diantaranya dengan mempertajam kembali tentang hard skill (pengetahuan dan ketrampilan) dan soft skilnya (character kerja).
#3. Berwirausaha (Merintis Usaha)
Alternative ketiga bagi lulusan sekolah menengah adalah dengan memilih berwirausaha. Wirausaha artinya merintis usaha sendiri untuk dijalankan secara professional. Pilihan ini merupakan harapan bagi bangsa dan negara, karena dengan berwirausaha akan memberikan dampak yang positif bagi tenaga kerja yang ada. Artinya dengan berwirausaha maka dimungkinkan akan menekan angka pengangguran, atau bahkan mampu menyerap tenaga kerja. Bayangan kita tentang wirausaha adalah suatu perusahaan yang besar, bisnis yang besar. Tetapi tentunya tidak demikian. Berwirausaha dapat dimulai dari tataran yang paling kecil, dengan mengoptimalkan segenap kemampuan dan sumber daya dan sumber dana yang ada. Melalui hal tersebut, maka kita akan memperoleh banyak pengalaman untuk menjalankan usaha yang lebih besar. Usahawan yang suskses tidak lahir secara tiba-tiba, namun melalui proses yang panjang, dengan berbagai macam tempaan perjalan bisnis yang tidak ringan. Hal tersebut tentunya akan memberikan nilai tambah bagi yang menjalankan bisnis untuk merumuskan strategi yang jitu, dalam upaya membangun bisnis yang lebih baik di masa-masa mendatang.
#4. Mengembangkan Ketrampilan
Pilihan selanjutnya, yang dapat dijadikan alternative pilihan adalah dengan mengasah dan mengembangkan ketrampilan yang dimilikinya. Hal ini dapat dilanasi dengan kegemaran atau kesukaan terhadap suatu hal, sehingga menumbuhkan minat untuk mengasahnya. Bagaiman caranya? Tentunya banyak cara yang dapat ditempuh, mulai dari belajar otodidak, magang pada rekan yang ia kenal, mengikuti kursus di balai pelatihan dan lain sebagainya. Intinya karena hobby, maka seribu cara dapat ditempuh, sehingga nantinya akan menghasilkan sesuatu yang bernilai, bermanfaat, baik bagi dirinya atau pun orang lain.
Itulah beberpa alternative pilihan yang dapat diambil, khususnya bagi calon lulusan atau para lulusan sekolah menengah, baik SMA ataupun SMK. Pilihan yang tepat akan menentukan kondisi kita di masa mendatang. Kuncinya adalah pada diri kita sendiri, yakni harus selalu menumbuhkan semangat untuk berprestasi, pantang menyerah dan Tidak Mudah Putus Asa. Janganlah kita sebagai pribadi yang loyo, tidak ada semangat kerja atau semangat untuk maju, hidup selalu menggantungkan pada pihak lain. Tentunya hal tersebut akan menjadi petaka bagi diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...