Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 03 Maret 2021

Catatan Penting Praktik Akuntansi Manual

Oleh; Winarto

Praktik Akuntansi Manual merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik pada kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Kompetensi ini menuntut kecermatan dan ketelitian yang tinggi untuk mengamati dan menganalisis data transaksi, yang selanjutnya dientry sesuai dengan format yang telah ditentukan. Meskipun banyak aplikasi penyususnan laporan keuangan yang ada, namun pemahaman konsep dasar tentang praktik akuntansi manual sangat diperlukan bagi seorang akuntan. Materi ini meliputi 3 sub materi pokok, yakni mengelola buku jurnal, mengelola buku besar dan menyelesaikan siklus akuntansi. Catatan apa saja yang harus diperhatikan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Berikut ada beberapa point yang harus diperhatikan:

#1. Pencermatan item soal
Item soal merupakan seperangkat dokumen atau bukti transaksi yang terjadi dalam perusahaan dalam periode tertentu. Bagaimana cara mencermati dokumen tersebut? Lakukan analisis bukti transaksi yang ada. Pastikan bahwa bukti transaksi tersebut sah secara material maupun sah secara formal. Dokumen transaksi juga dipastikan lengkap, jelas dan tidak menimbulkan multi tafsir.

#2. Siapkan lembar kerja
Lembar kerja merupakan media yang digunakan oleh tenaga pembukuan untuk mengolah atau mengentry data transaksi yang ada, sehingga menghasilkan informasi yang berguna untuk tindakan selanjutnya. Pastikan kita mengetahui dan memahami lembar kerja apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan dalam setiap sub materi yang diberikan.
Dalam mengelola buku jurnal ada beberapa lembar kerja yang harus dipersiapkan, diantaranya:
a.    Jurnal khusus (Jurnal Pengeluaran Kas, Penerimaan Kas, Penjualan dan Jurnal Pembelian)
b.     Jurnal umum
c.     Buku Kas Kecil
d.     Buku Besar Pembantu (piutang, utang dan persedian)

Dalam mengelola buku besar, lembar kerja yang diperlukan meliputi;
a.     Blangko buku besar dan buku besar pembantu
b.     Blangko Daftar Saldo Piutang, utang dan dan Persediaan
c.     Blangka Daftar Neraca Saldo

Sedangkan dalam sub materi menyelesaikan sklus akuntansi, lebar kerja yang diperlukan meliputi:
a.     Form jurnal umum (Penyesuaian dan Penutup)
b.     Worksheet atau kertas kerja
c.     Form Penyusunan Laporan Keuangan
d.     Form neraca saldo setelah penutupan
Sebelum lembar kerja digunakan perlu diteliti tentang kelengkapan dan kesesuaian format dengan kebutuhan yang diperlukan, misal jumlah kolom yang dibutuhkan, banyaknya buku besar yang dibutuhkan dan lain sebagainya.

#3. Pahami Petunjuk dan Intruksi Kerja
Mengetahui dan memahami petunjuk dan intruksi kerja dalam praktik merupakan hal yang sangat penting dan wajib dilakukan oleh tenaga pembukuan. Melalui pemahaman yang tepat, maka tenaga pembukuan akan dipandu bagaimana pekerjaan seharusnya dilakukan, sehingga langkah yang dipilih oleh tenaga pembukuan tidak salah arah.
Kebanyakan para peserta didik agak mengabaikan petunjuk ini, sehingga dapat menyebabkan kesalahan fatal, yang seharusnya tidak terjadi. Jadi…luangkan waktu beberapa menit untuk memahami petunjuk dan prosedur penyelesaian data secara cermat.

#4. Kerjakan Data Sesuai dengan Prosedur
Mengetahui dan memahami prosedur pengerjaan entry data pada praktik akuntansi manual sangat penting. Mengapa demikian? Karena pemahaman tersebut akan mendukukung ketepatan, kecepatan dan akurasi data yang diolah. Sebagai contoh dalam mengentry data transaksi ke dalam buku jurnal. Langkah awal yang harus dilakukan adalah analisis data transaksi, setelah itu kemudian tentukan jenis transaksi yang terjadi. Kemudian catat ke dalam jurnal khusus yang sesuai. Sebelum melanjutkan transaksi berikutnya, maka jangan lupa segera dientry ke dalam buku besar pembantu (jika diperlukan)

#5. Pengecekan Hasil Kerja
Pengecekan hasil kerja yang telah dilakukan merupakan hal yang sangat penting. Hal ini untuk menghindari beberapa kesalahn yang tidak disadari atau beberpa data yang mungkin salah entry. Melalui pengecekan yang cermat akan menghasilkan hasil kerja yang lebih akurat, sehingga akan menghasilkan informasi yang handal dan akurat pula. Sebagain peserta didik yang melakukan praktik akuntanssi manual…masih melupakan langkah ini!!

Selamat mencoba…semoga berhasil!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...