Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Kamis, 01 Juli 2021

Transaksi: Objek dari Akuntansi

Oleh: Winarto.

Objek Akuntansi adalah transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan / badan, yang merupakan suatu entitas yang menjalankan bisnisnya dalam  kegiatan usahanya baik yang berorientasi profit maupun non profit.
Transaksi Keuangan merupakan kejadian ekonomi yang dapat mengakibatkan pada perubahan Harta, Utang dan Modal perusahaan. Contoh: Membeli perlengkapan kantor dgn tunai. Menerima hasil penjualan jasa. Membayar utang kepada kreditur. Membayar gaji karyawan perusahaan, membayar beban-beban yang terjadi dalam perusahaan dan lain sebagainya.

Lalu siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut? Paling tidak terdapat 7 pihak yang terbit dalam kegiatan transaksi perusahaan, yaitu:

  1. Pemilik Usaha
  2. Investor Perusahaan
  3. Karyawan Perusahaan
  4. Kreditur
  5. Supplier atau Pemasok
  6. Pemerintah
  7. Konsumen

Bagaimana bentuk keterlibatan pihak-pihak tersebut dalam transaksi perusahaan. Perhatikan tabel berikut ini:

Pihak terkait

Keterangan

Pemilik Usaha

1.   Penyetoran Modal dari pemilik

2. Pengambilan Modal Oleh Pemilik Utk Kepentingan Pribadi.

Investor Perusahaan

1.   Penyetoran modal Usaha

2.   Pembayaran Deviden

Karyawan Perusahaan

1.   Pembayaran gaji

2.   Pemberian Bonus.

Kreditur

1.   Pembelian barang scr KREDIT

2.   Penerimaan Pinjaman (UTANG).

3.   Pembayaran Angs./Pelunasan UTANG

Supplier atau Pemasok

1.   Pembelian Bahan baku

2.   Pembelian barang Dagangan.

3.   Pembelian Perlengkapan Usaha

Pemerintah

1.   Pembayaran PAJAK

2.   Pengakuan Pajak Terutang

Konsumen

1.   Penjualan Barang scr Tunai / Kredit

2.   Penerimaan Pembayaran dari konsumen.

Dari berbagai transaksi seperti tersebut di atas, apabila kita rinci dapat kita golongkan dalam dua jenis transaksi, yakni transaksi INTERNAL dan transaksi EKSTERNAL.Bagaimana penjelasan atau jabaran dari kedua jenis transaksi tersebut? perhatikan penjelasan singkat berikut ini!!

Transaksi internal yaitu suatu transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan, seperti pemakaian perlengkapan, penyusutan aktiva tetap dan lain sebagainya. Bukti transaksi intern merupakan bukti transaksi yang khusus dibuat oleh dan untuk kepentingan intern perusahaan. Yang termasuk kedalam bukti internal antara lain yaitu sebagai berikut.Secara umum transaksi perusahaan dibedakan dalam dua jenis. Yakni trasaksi Internal dan Transaksi Eksternal.

  1. Bukti Kas Masuk, yaitu tanda bukti bahwa perusahaan sudah menerima uang secara cash ataupun secara tunai.
  2. Bukti Kas Keluar, yaitu tanda bukti bahwa perusahaan sudah mengeluarkan uang tunai, seperti misalnya pembayaran gaji, pembelian dengan tunai, pembayaran utang ataupun pengeluaran-pengeluaran lainnya.
  3. Memo, yaitu bukti pencatatan antar bagian maupun manager dengan bagian-bagian yang ada dilingkungan perusahaan. Misal tentang perhitungan perlengkapan yang masih ada, perhitungan besarnya penyusutan, perhitungan pajak dan lain sebagainya.

Transaksi eksternal yaitu transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan dengan pihak luar perusahaan. Contoh dari transaksi eksternal ini adalah pembelian asset perusahaan, pembayaran utang kepada pemasok, penerimaan piutang dari langganan, dan lain sebagainya. Contoh Bukti transaksi Eksternal ini adalah: faktur, kuitansi, nota kontan, cek, nota debet, dan nota kredit, dan lain sebaginya.

Selamat Belajar...Semoga Bermanfaat...!!!!!

Related Post:

  1. Pemakai Informasi Akt
  2. Persamaan Dasar Akuntansi
  3. Bidang Keg & Profesi Akt
  4. Pengantar Akuntansi
  5. Laporan Keuangan Perusahaan Jasa
  6. Worksheet Perusahaan Jasa
  7. Penyusunan Worksheet Perush Jasa

1 komentar:

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...