Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Kamis, 01 September 2022

Buka MYOB..Pahami Langkah Berikut!

Oleh: Winarto

MYOB Accounting merupakan salah satu aplikasi komputer akuntansi, yang membantu para pemakainya dalam pemyusunan laporan keuangan perusahaan. Untuk dapat mengoperasikan aplikasi ini kita harus memperhatikan beberapa hal penting. Berikut catatan penting yang harus dipahami oleh pemakai:

1.   Siapkan perangkat soal kasus yang akan dikerjakan dengan aplikasi MYOB Accounting.Pelajari dan cermati kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan.

2.   Lakukan setting date and time. Date and Time merupakan setting tanggal dan waktu, artinya disesuaikan dengan tanggal dan waktu disusunnya laporan keuangan dengan MYOB Accounting. Kuncinya perhatikan pada soal kasus pada bagian neraca saldo, bulan tahun berapa tertulis.  Jangan lupa juga cek pada bagian Regional setting, pastikan dipilih Indonesia dan simbul keuangan Rupiah (Rp).

3.    Selanjutnya buka apikasi MYOB Accounting sesuai instruksi yang diberikan (versinya). Terdapat beberapa versi yang sering dipakai yaitu ver 17, ver 18 dan versi 19.6 plus.

4.    Setelah itu isi data pokok MYOB sesuai dengan informasi yang terdapat dalam soal kasus. Perhatikan pada baris Serial Number dan A.B.N dikosongkan saja. Perhatikan current financial year, last month financial year dan convertion month. Pastikan tidak salah. Data disimpan pada folder yang telah disiapkan dengan mengklick “change”

5.     Merancang Akun atau chart account. Langkahnya edit Akun Header atau Sub header yang sudah ada, buat akun sub header yang belum ada, edit akun detail yang sudah ada dan buat akun detail yang belum ada. Dalam merancang akun perhatikan point2x berikut ini:

Kelompok Aktiva:
a.   Cheque Account = Akun Kas/Kas Bank
b.   Undeposited Fund = Akun Dana Blm Disetor
c.    Electronic Clearing Account = Kliring Elektronik
d.   Trade debtor = Akun Piutang Dagang.
Kelompok Utang:
a.     Account Payable = Akun Utang dagang
b.     Payroll Account = Akun Utang Gaji
Kelompok Equity:
a.   Equity atau Owner’s Equity = Modal Pemilik
b.   Retained Earning = Modal Pemilik (Tulis Nama Pemilik Mdl=utk perush perorangan) atau Laba Ditahan (untuk PT), atau Sisa Hasil Usaha (SHU) = Koperasi.
c.   Current Year Earning = LABA Thn Berjalan
d.   Historical Balancing = Saldo Penyeimbang

6.     Setting Pajak dan Termin. Untuk setting pajak langkahnya : Langkahnya: Klik List pada  bagian atas, kemudian Pilih Tax Code, Isi dengan PPN, tarif 10%. Sedangkan untuk termin langkahnya: klik Setup, pilih Preference Kemudian klik Sales, kemudian isi data sesuai yg tersedia. Klik Purchase, dan isi data dengan tepat

7.     Setting Linked Account. Lingked account merupakan akun yang saling berkaitan antara akun yang satu dengan akun yang lain. Misal anara akun piutang dengan akun kas, ketika terjadi penerimaan piutang. Untuk setting linked account langkahnya sebagai berikut: Klik: setup, pilih linked Account Isi data linked dengan tepat. Terdapat 4 linked account yang harus disetting

8.    Membuat Buku Besar Pembantu. Terdapat 3 Buku Besar Pembantu yang harus dibuat, yaitu: Buku Pembantu Piutang (Customer Card), Buku Pembantu Utang (Supplier Card) dan Buku Pembantu Persediaan (Items Card). Sedangkan Langkah membuat Bk Pembantu Piutang:Pilih Modul : Card File, Pilih Card List dan Isi data secara lemgkap.

      Selanjutnya Langkah Membuat Bk Pembantu Persediaan:Pilih Modul Inventory, Klik Item List, Klik New dan isi data secara lengkap

9.    Mengisi Saldo awal akun. Terdapat dua akun buku besar yang harus diisi, yatu buku besar umum dan buku besar pembentu. Khusus buku besar pembantu meliputi buku besar pembantu piutang, utang dan buku besar pembantu persediaan.

Yang harus diisi negative… (angka diawali negative): Akumulasi Penyusutan, Prive, Potongan Penjualan, Cadangan Kerugian Piutang

Selamat Belajar...semoga sukess...!!!!

Related Post:

  1. Buku Besar Pembantu dan Entry Data Saldo Awal
  2. Mengelola Card File
  3. Mengelola Akun pada MYOB Ver 19.6 Plus
  4. Setting Pajak dan Preferensi MYOB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...