Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Sabtu, 03 September 2022

Membangun Digital Branding!!

Oleh: Winarto

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bisnis kita berhasil, salah satunya dengan melalui digitl branding. Sobat semua...Apa sebenarnya digital branding itu? Secara umum, pengertian digital adalah penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1, atau off dan on (bilangan Biner atau disebut juga dengan istilah Binary Digit). Dalam kaitannya dengan hal ini maka digital ini berkaitan dengan teknologi pengelolaan data yang semakin canggih.

Sedangkan Branding merupakan sebuah upaya kreatif dalam memberikan informasi kepada konsumen tentang keberadaan bisnis kita. Sasaran utama dari  branding ini adalah menciptakan atau membangun image masyarakat agar lebih terkesan dan berkesan terhadap produk yang kita miliki.

Dari pengertian tersebut maka Digital Branding merupakan proses membangun dan membingkai image positive masyarakat tentang bisnis yang kita miliki secara online. Media yang biasa digunakan dalam digital branding ini biasanya melalui media sosial yang populer di masyarakat seperti website, instagram, tiktok, facebook, ataupun aplikasi sosial media lainnya.

Melihat hal tersebut, maka digital branding merupakan kunci pokok keberhasilan atau kesuksesan bisnis yang kita miliki. Kenapa demikian? Ya...Karena konsisi sekarang ini kita sudah hidup di era serba digital, kita  tidak bisa menghindar..., sehingga mau tidak mau atau suka tidak suka, maka kita harus beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada, apabila bisnis yang kita jalankan tidak ingin gulung tikar atau collabs.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa mayoritas konsumen selalu terlibat dengan dunia internet. dan internet merupakan media utama dalam membangun digital branding. Oleh karena itu, kita harus mampu mengoptimalkan dan memanfaatkan internet dalam hal membangun brand bisnis kita. Nah, simplenya... mengoptimalkan atau memanfaatkan media internet dalam membangun image positve bisnis kita ini disebut dengan digital branding. Digital branding yang efektif, akan  dapat membantu membangun koneksi yang efektif dengan konsumen ataupun pelanggan yang selanjutkan kan mampu meningkatkan profit terhadap bisnis yang kita jalankan.

Selain hal tersebut di atas, melalui digital branding, maka kita akan lebih mudah dalam menunjukkan keberadaan bisnis kita di dalam dunia digital. Sekaligus mampu membantu manajemen dalam hal menjalankan beragam strategi marketing yang okey punya.

Manfaat Digital Branding

Selain itu, digital branding juga sangat penting karena memiliki manfaat lain yang sangat penting dalam bisnis Anda, berikut ini adalah manfaatnya.

PertamaMembangun Interaksi Efektif dengan  Pelanggan

Teknik digital branding akan memberikan kesempatan untuk kita dalam membangun interaksi yang efektif dengan masyarakat sebagai konsumen atau calon pelanggan . indikasinya pelanggan atau konsumen akan tertarik dan memberikan umpan balik yang positif terhadap bisnis yng kita jalankan.

KeduaMenciptakan Kesan Positive Bagi Konsumen.

Kesan akan tercipta apabila bisnis kita mampu memberikan sesuatu yang bermakan bagi konsumen. Dengan menggunakan bantuan berbagai macam platform yang ada dalam dunia digital, maka konsumen atau pelanggan akan dibuat mudah untuk mengingatnya. Dengan demikian pengelolaan digital branding yang efektif akan mampu meningkatkan omset penjualan barang atau jasa yang kita miliki.

Ketiga Menonjolkan Brand Anda
Brand dari bisnis kita akan menonjol apabila memiliki keunikan, sehingga menjadi daya tarik bagi konsumen atau pelanggan. Tugas kita adalah mampu membangun atau menciptakan sesuatu yang unik, yang membedakan dengan produk lain, sehingga konsumen akan lebih mengenali terhadap bisnis yang kita jalankan.

KeempatMemperluas Koneksi

Koneksi meupakan hubungan atau jaringan. Apabila konsep digital branding kita  berhasil, maka kita akan lebih mudah dalam memperluas koneksi bisnis kita dengan pihak-pihak yang terkait. Dalam hal ini, kita bisa memilih dan memanfaatkan beragam platform online yang paling efektif, sehingga mampu memperluas koneksi bisnisyang sedang kita jalankan. Koneksi yang telah dibuangun tentunya harus dijaga dengan mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang kita miliki..

Selamat Berkarya...Semoga Bermanfaat....!!!!

Related Post:

  1. Mengelola Bisnis Minimarket
  2. Tantangan Bisnis di Era Modern
  3. Keahlian dasar di Era Milenial
  4. Mengenal Riset pasar
  5. Mengelola Bisnis Minimarket
  6. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  7. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  8. Mengoptimalkan Medsos dalam bisnis
  9. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  10. Strategi Bisnis di Era Disruption

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...