Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Selasa, 01 Agustus 2023

Capaian Pembelajaran (CP)

 Oleh: Winarto

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase perkembangan. Capaian Pembelajaran mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.

Jika dianalogikan dengan sebuah perjalanan berkendara CP memberikan tujuan umum dan ketersediaan  waktu (fase) untuk mencapainya. Untuk mencapai tujuan tersebut, setiap pengemudi memiliki  kebebasan untuk memilih jalur, cara, dan alat untuk  menempuh perjalanan tersebut, yang disesuaikan dengan  titik keberangkatan, kondisi, kemampuan, dan  kecepatan masing-masing. Dalam mencapai CP, kita perlu membangun kompetensi  untuk melakukan perjalanan tersebut agar tiba di tujuan pada  waktu yang ditentukan. Setiap satuan pendidikan dipersilakan  mengatur strategi efektif untuk mencapai CP, sesuai dengan  kemampuan dan potensinya.

Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase, yaitu fase A hingga fase F, yang meliputi seluruh mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C), sesuai dengan pembagian berikut:

Fase dan Jenjang/Kelas

1.    Fase A: Kelas 1-2 SD/MI/SDLB/Paket A

2.    Fase B: Kelas 3-4 SD/MI/SDLB/Paket A

3.    Fase C: Kelas 5-6 SD/MI/SDLB/Paket A

4.    Fase D: Kelas 7-9 SMP/MTs/SMPLB/Paket B

5.    Fase E: Kelas 10 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK

6.    Fase F: Kelas 11-12 SMA/MA/SMALB/Paket C, SMK/MAK

Peserta didik berkebutuhan khusus dengan hambatan intelektual dapat menggunakan CP Pendidikan Khusus. Sementara itu, peserta didik berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual dapat menggunakan CP umum dengan menerapkan prinsip-prinsip modifikasi kurikulum.

Garis finish CP ada di akhir kelas 12.  Untuk mencapai garis finish tersebut,  pemerintah membuatnya ke dalam 6  etape yang disebut fase. Setiap fase  lamanya 1-3 tahun Penggunaan istilah “fase” dilakukan  untuk membedakannya dengan  “kelas” karena peserta didik di satu  kelas yang sama bisa jadi belajar  dalam fase pembelajaran yang  berbeda.

“Fase” memberikan keleluasaan dan keadilan  bagi guru dan siswa untuk menyesuaikan  rancangan pembelajaran dengan tahapan  perkembangan, kemampuan, minat, konteks,  dan kecepatan belajar siswa (Teaching at the  Right Level). Dengan penggunaan fase, diharapkan siswa  akan dapat memiliki waktu lebih panjang untuk  memahami dan mendalami konsep-konsep dan  keterampilan untuk mencapai sebuah  kompetensi yang dibangun CP.

Fase belajar seorang peserta didik  menunjukkan kompetensinya, sementara kelas  menunjukkan kelompok (cohort) berdasarkan  usianya. Dengan demikian, ada kemungkinan  peserta didik berada di Kelas III SD, namun  belajar materi pelajaran untuk Fase A (yang  umumnya untuk kelas I dan II) karena ia belum  tuntas mempelajarinya. Hal ini berkaitan dengan  Mekanisme Kenaikan Kelas.

Satu fase biasanya lintas kelas, misalnya CP Fase D yang berlaku untuk Kelas VII, VIII,  dan IX. Saat merencanakan pembelajaran di awal tahun ajaran, guru kelas VIII perlu  berkolaborasi dengan kelas VII untuk mendapatkan informasi tentang sampai mana  proses belajar sudah ditempuh peserta didik di kelas VII. Selanjutnya ia juga perlu  berkolaborasi dengan guru kelas IX untuk menyampaikan bahwa rencana pembelajaran  kelas VIII akan berakhir di suatu topik atau materi tertentu, sehingga guru kelas IX dapat  merencanakan pembelajaran berdasarkan informasi tersebut.

Related Post:

  1. Penilaian Autentik
  2. Penilaian Sumatif & Formatif
  3. Restisusi Dalam Pembelajaran
  4. Supervisi Akademik
  5. Kurikulum Merdeka
  6. Profil Pelajar Pancasila
  7. Meningkatkan Kosentrasi Belajar 
  8. Desain Pembelajaran berorientasi HOTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...