Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Kamis, 16 November 2023

Tantangan Pembelajaran di SMK

Oleh Winarto

Salah satu tujuan pembelajaran di SMK adalah mampu menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan tuntutan DUDIKA. Kompetensi tersebut mengarah pada dua ranah pokok yaitu softskill dan hardskil. Softskill mengacu pada sikap peserta didik sedangkan hardskil mengacu pada pengetahuan dan ketrampilan yang harus dikuasai. Pendidikan dan pembelajaran di masa depan, khusunya pada jenjang pendidikan SMK memiliki tantangan yang tidak ringan. Apabila kta petakan maka antangan pembelajaran di SMK adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan DUDIKA
  2. Membekali kompetensi peserta didik baik softskill maupun hardskill.
  3. Merumuskan proses pembelajaran seperti di lingkungan DUDIKA
  4. Membangun maotivasi pada peserta didik
  5. Membangun kompetensi peserta didik tanpa batas ruang adan waktu
  6. Membentuk dan membangun budaya belajar dan budaya kerja yang produktif.

Dalam kurikulum meredeka telah dirumuskan Capaian Pembelajaran (CP) yang digunakan sebagai dasar dalam berpijak pelaksanaan proses pembelajaran. Tugas pendidik atau guru adalah memberikan pelayanan pendidikan dan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode dan strategi yang tepat. Sasarannya adalah proses pendidikan dapat berjalan secara efektif dan efisien, bermakna bagi peserta didik.

Dalam kaitannya membangun motivasi kepada peserta didik, maka pendidik harus mampu membangun komitmen kepada peserta didik agar ke depan menjadi manusia yang berhasil, sukses dunia akhirat. Berikut ini ada beberapa tips membangun komitmen agar menjadi manusia yang sukses:

  1. Rumuskan dan tulis apa yang harus dilakukan anak agar menjadi manusia yang sukses.
  2. Rumuskan dan tulis apa yang harus dilakukan oleh guru beserta staftnya agar anak menjadi berhasil dan sukses.
  3. Libatkankan orang tua anak, dan pastikan apa yang harus dilakukan oleh orang tua anak agar anak-anak mereka kelak menjadi manusia yang berhasil. 

Selanjutnya SMK sebagai institusi pendidikan harus mampu membranding kepada khalayak agar output dari SMK mampu terserap ke DUDIKA. Untuk hal tersebut maka SMK harus berani melakukan terobosan dan menawarkan keada DUDIKA, apa yang dapat diberikan dari output SMK pada DUDIKA, kompetensi apa saja yang dibutuhkan di DUDIKA. Dari kondisi tersebut selanjutnya SMK mampu membuat peta jalan ke mana arah SMK untuk ke depannya.

Selanjutnya berkaitan dengan Guru, sebagai aktor utama dalam pembelajaran, maka diharapkan harus mampu menempatkan diri sesuai dengan porsinya. Guru harus mampu membangun motivasi pada peserta didik untuk lebih giat dalam belajar dan berlatih. Selain hal tersebut guru juga harus selalu untuk melakukan update pengetahuan dan ketrampilan dengan mengikuti berbagai kegiatan yang mendukung pada peningkan kompetensi guru.

Semoga Bermanfaat

Related Post:

  1. Pembelajaran Sepanjang Hayat
  2. TIPS Agar OTAK kita CERDAS
  3. Pembelajaran di Era 4.0
  4. Meningkatkan Kosentrasi Belajar 
  5. Desain Pembelajaran berorientasi HOTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...