Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Selasa, 06 April 2021

Mempertahankan Pelanggan

Oleh: Winarto

Pelanggan adalah factor yang sangat penting dalam dunia bisnis. Jatuh dan bungunnya bisnis yang telah kita rintis sangat dipengaruhi oleh kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Soo…bagaimana strategi yang harus dilakukan agar pelanggan tetap memiliki keperyaan dan loyalitas terhadap produk yang kita tawarkan?? Kuncinya sebenarnya hanya pada satu hal, yakni kita sebagai pelaku bisnis, komit dan konsisten terhadap produk yang kita tawarkan, baik barang maupun jasa.

Mempertahankan pelanggan sangatlah beda dengan mencari pelanggan. Mempertahankan pelanggan merupakan langkah untuk membuat konsumen yang telah telah menaruh keperyaan kepada produk kita agar tetap bertahan. Terdapat beberapa langakah yang dapat dilakukan para pelaku bisnis:

#1. Jangan Pernah Mengurangi Kualitas Produk

Sobat semua ketahui…kualitas produk merupakan factor utama yang diharapkan dari sebuah produk yang dibeli oleh konsumen atau pelanggan. Kualitas produk adalah prioritas utama bagi sebuah produk. Jadi pastikan produk yang kita tawarkan adalah sesuai dengan apa yang kita tawarkan ketika kita melakukan promosi produk. Baik dalam bentuk barang mapun jasa. Penurunan kualitas produk berarti penipuan bagi konsumen dan pelanggan dan endingnya tentu akan membut kecewa konsumen atau pelanggan.

Selain hal tersebut para pelaku usaha dapat memberikan jaminan yang realistis, terhadap kualitas produk yang ditawarkan kepada pelanggan, sebagai bagian dari upaya untuk meyakinkan konsumen atau pelanggan. Jaminan atau warranty produk akan mampu memberikan dampak positif bagi pelanggan atau konsumen.

#2. Posisikan Pelanggan Bagaikan Raja

Sudah tidak asing lagi bahwa pelanggan atau konsumen adalah Raja. Namun tentunya ini bukan hanya sebatas slogan saja. Kita tentunya tahu…bagaimana raja itu diperlakukan. Implementasikan slogan tersebut oleh seluruh personil yang ada pada perusahaan kita. Semua harus bersatu padu untuk melayani pelanggan. Bagaimana caranya? Dengarkan dan tindak lanjuti apa yang menjadi harapan dan keinginan pelanggan. Buat pelanggan merasa aman dan nyaman dengan produk yang kita tawarkan. Layani pelanggan dengan sepenuh hati, penuh semangat.

Perusahaan tidak ada jelaknya selalu membangun komunikasi dengan pelanggan. Jaring dan tampung informasi apa saja yang muncul dari konsumen berkaitan dengan produk yang kita tawarkan. Harapan yang seperti apa tentang produk yang mereka inginkan, keluhan apa terhadap produk yang telah kita tawarkan. Selanjutnya informasi yang ada dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki kualitas produk di masa-masa mendatang.

#3. Buat Inovasi Produk

Inovasi produk merupakan suatu upaya yang dilakukan pelaku usaha atau bisnis untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan produk yang ditawarkannya. Ini merupakan factor yang sangat penting bagi para pelaku bisnis. Perlu disadari bahwa konsumen atau pelanggan memiliki standar yang selalu berubah terhadap sebuah produk. Perubahan ini tentunya dipengaruhi oleh trend an gaya hidup yang selalu berkembang dinamis. Mereka menginginkan sesuatu yang berbeda dalam pola dan gaya hidupnya. Hal ini sebagai dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bagaimana inovasi produk dapat dilakukan? Lakukan RISET PASAR. (ulasan tentang riset pasar dapat dibaca di halaman lain pada laman ini)

Semoga bermanfaat…!!!

Related Post:

  1. Mengenal Riset Pasar
  2. Pendukung Usaha Bisnis
  3. Bisnis dengan Modal kecil...why not?
  4. Menyiapkan Pribadi Sukses
  5. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  6. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  7. Mental Karakter Entreprenuer
  8. Mengoptimalkan Medsol dalam bisnis
  9. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  10. Strategi Bisnis di Era Disruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...