Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 04 April 2021

Masa Depan Butuh Perjuangan

Oleh: Winarto

Masa depan kita sangat ditentukan oleh apa yang kita lakukan hari ini. So…jangan sia-siakan kesempatan yang kita miliki. Pastikan tindakan kita memiliki makna yang besar bagi kehidupan kita baik sekarang maupun masa depan.  Setiap orang sudah pasti menghendaki masa depan yang lebih baik, sukses. Untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan suatu proses yang panjang, rencana yang matang. Perlu sikap dan semangat yang KUAT, tahan banting, pantang menyerah dan tidak mudah putus asa.

Factor yang paling penting yang perlu untuk kita ketahui dan kita pahami adalah, di masa mendatang kita mampu bertahan untuk hidup dengan situasi dan kondisi yang serba kompetitif. Kita harus mampu untuk beradaptasi dengan berbagai keadaan dengan berbagai kemungkinan pula. Syaratnya adalah membekali diri dengan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan. Demikian juga dengan karakter kita harus kita asah dan kita olah sejak dini. Manajemen Emosi sangat penting untuk dilatih...untuk masa depan yang lebih baik!!!

Kita harus memperbaiki pola piker kita, mindset kita, di mana belajar sepanjang hayat adalah sebuah keharusan. Artinya belajar tidaklah berhenti pada bangku sekolah saja, namun sebaliknya di manapun kita berada harus kita manfaatkan sebagai media untuk pengembangan diri kita. Belajar tidak terbatas pada ruang dan waktu. Lalu apa yang seharusnya kita persiapkan dan kita lakukan untuk masa depan kita. Ada beberpa tips, diantaranya adalah sebagai berikut:

#1.Kenali Passion atau Minat Bakat Kita

Setiap diri pasti memiliki sesuatu yang digemari, disenangi untuk dilakukan. Cirinya adalah ketika kita melakukan hal tersebut akan sangat enjoy, menikmati. Seperti menulis, berbicara dihadapan orang, mendesain sesuatu, olah raga atu bidang bidang yang lain. Kemampuan mengenali diri tentang apa yang menjadi passionnya akan menghadirkan motivasi diri yang dahsyat...luar biasa...yang pada akhirnya akan mampu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Soo...segera kenali…kemudian asah dengan pengetahuan dan ketrampilan yang mendukung. Pastikan apa yang Anda lakukan mampu membuat sesuatu yang bermakna di masa mendatang

#2. Interdisipliner Skill

Memiliki ketrampilan ganda merupakan sesuatu yang dibutuhkan dan diperlukan untuk masa depan kita. Artinya kita tidak cukup hanya memiliki satu skill atau ketrampilan saja…namun cobalah untuk mempelajari ketrampilan-ketrampilan lain yang mendukung. belajarlah untuk mengeksplore berbagai ketrampilan yang dibutuhkan dan diperlukan di masa mendatang. jadilah manusia yang tampil beda dengan multi talent yang dimilikinya. Memang dibutuhkan perjuangan dan kerja keras. Sesuatu yang berharga dan bermakna tentunya tidak mungkin didapatkan dengan cara yang mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan. Okey...???? Melalul hal ini lah... kita akan menjadi berbeda dengan yang lain, sehingga peluang karier pun juga akan semakin terbuka lebar.

#3. Membangun Komunikasi dan Jaringan

Komunikasi dan jaringan menjadi sangat penting bagi kehidupan kita di masa mendatang. Kita adalah makhluk social, yang tidak bisa hidup tanpa adanya pihak lain. Apabila masa depan kita ingin sukses dan berhasil dengan baik kita harus cerdas dalam membangun komunikasi dan jaringan dengan pihak lain. Melalui hal ini maka kita akan mudah mendapatkan data dan informasi yang mungkin sangat berguna bagi kelangsungan hidup masa depan kita. Bagaimana caranya? Belajarlah untuk menempatkan diri, di manapun kita berada. Pepatah mengatakan di mana bumi dipijak..disitulah langit dijunjung. Artinya kita harus mampu menjadi pribadi yang ramah, sopan, santun, rendah hati dan suka menghargai orang lain. Jadilah pendengar yang baik dalam suatu komunitas.

#4. Pantang Menyerah & Tidak Mudah Putus Asa

Perjalanan hidup yang kita jalani tidak selamanya mulus. Kerikil-kerikil tajam, batu terjal kadang menghadang perjalan hidup kita. Bagaimana solusinya? Kita harus menghadapinya dengan tegar. Pantang menyerah dan pantang putus asa. Kondisi mental kita akan diuji dalam situasi seperti ini. Dan seberapa kuat kita akan menghadapinya. Kita harus yakin dan kita harus berani membuktikan bahwa kita bukanlah generasi yang lemah. Ingat: Tuhan tidak akan memberikan beban kepada hamba-Nya, di mana hamba-Nya tidak kuat untuk memilkulnya. Artinya cobaan, halangan, rintangan adalah sesuatu yang sudah dihitung takarannya sesuai dengan kemampuan kita. Tugas kita adalah berusaha keras..berusaha,,,dan berusaha …. BUKAN Mengeluuh..!!!!

#5. Tetap Taat pada Ajaran Agama

Apapun kesibukan kita, seharusnya kita HARUS selalu taat dan patuh pada aturan Tuhan. Pepatah mengatakan: Ilmu Pengetahuan tanpa Agama berarti BUTA...Agama tanpa Ilmu Pengetahuan berarti LUMPUH. agama dan Ilmu Pengetahuan harus seimbang agar kehidupan menjadi lebih bermakna. Jadi….jangan lupa mengamalkan ajaran agama dengan benar dan bersungguh-sungguh dalam kehidupan sehari-hari. Di hadapan Tuhan kita hanyalah makhluk kecil yang TIADA makna. Tugas kita hanyalah Berdoa..Berusaha dan Tawakal.

Selamat berjuang…untuk masa depan Anda…..Semoga bermanfaat….!!!

Related Post:

  1. Membentuk Sikap Rendah Hati
  2. Membangun Karier
  3. Mengenal Penghambat Kesuksesan
  4. Membentuk Karakter Anak
  5. 7 Kebiasaan yang Membuat Efektif
  6. Membentuk Mental Juara 
  7. Pernyataan yang bikin gagal dalam wawancara
  8. 7 Kesalahan dalam Mendidik Anak
  9. Meningkatkan Kosentrasi Belajar 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...