Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 28 Mei 2021

Pembelajaran Daring

 Oleh: Winarto

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah sudah semakin pesat, tanpa kecuali dalam bidang pendidikan.  Idealnya…kondisi tersebut dapat memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan, khususnya dalam bidang pembelajaran. Namun dalam kenyataanya, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi masih belum sepenuhnya berimbas positif bagi dunia pendidikan. Tantangan yang harus dihadapi adalah belum tersedianya sarana prasarana yang memadai secara merata seperti perangkat pembelajaran dan jaringan internet yang mendukung, sumber belajar yang memadai. Selain hal tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah kesiapan sumber daya manusia dalam pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masih rendah

Salah satu bentuk pembelajaran dengan pengoptimalan teknologi informasi adalah pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan melalui jejaring website dengan menggunakan fasilitas atau jaringan internet. Pembelajaran dengan model ini sering pula disebut dengan pembelajaran berbasis web atau e-learning. Menurut Jaya Kumar C. Koran (2002), e-learning adalah pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan. E-learning merupakan penyampaian informasi, komunikasi, pendidikan, dan pelatian secara on-line. selanjutnya e-learning juga menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional

Oleh karena itu, sebagai insan pembelajar sudah seharusnya sadar, untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Guru harus bangkit, belajar kembali dan meningkatkan kompetensinya sesuai dengan perkembangan jaman. Sebagai pendidik, guru harus mampu beradaptasi mengikuti perkembangan yang ada. Guru harus mampu memanfaatkan perlembangan teknologi untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang sedang dipelajarinya. Sehingga materi yang diberikan betul-betul bermakna dan bernfaat bagi peserta didik baik di masa sekarang, lebih-lebih di masa mendatang. Konsep belajar sepanjang hayat harus selalu dibiasakan bagi para insan pendidik. 

Salah satu indikiasi perkembangan teknolgi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran adalah dimanfaatkannya jaringan internet dalam proses pembelajaran. Lebih-lebih di era pandemic seperti sekarang ini. Istilah lain dikenal dengan pembelajaran daring, artinya pembelajaran dalam jaringan. Jaringan yang dimaksud di sini adalah jaringan internet. Sehingga dalam proses pembeljarannya, pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mengoptimalkan teknolgi internet yang ada untuk memahami materi yang dipelajarinya.

Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

1.   Dimungkinkan terjadinya distribusi pendidikan yang luas, karena media ini memiliki kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.

2.   Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka biasa.

3.   Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing.

4.   Lama waktu belajar juga tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.

5.   Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaran.

6. Pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif, sehingga manarik siswa; dan memungkinkan pihak berkepentingan (orang tua siswa maupun guru) turut serta menyukseskan proses pembelajaran, dengan cara mengecek tugas-tugas yang dikerjakan siswa secara online

Dari keunggulan tersebut, maka pembelajaran daring penting untuk diterapkan khusunya di era pandemic seperti sekarang ini. Terdapat beberapa keunggulan dari model pembelajaran ini, yakni adanya fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan kapan saja dan di mana saja tanpa batas, sesuai dengan kondisi peserta didik. Peserta didik sebagai insan pembelajar juga dituntut untuk mandiri dalam belajar, dan bertanggung jawab terhadap apa yang dipelajarinya. Selain hal tersebut juga adanya kemudahan dalam pengolahan materi ajar dan juga pengolahan hasil evaluasi peserta didik, karena semua data diolah dengan bantuan teknologi yang ada. 

Untuk menghasilkan pembelajaran daring yang baik dan bermutu ada beberapa prinsip desain utama yang harus dipenuhi. Seperti yang dikutip dalam buku “Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring” diantaranya menyebutkan seperti berikut ini:

1.   Identifikasi capaian pembelajaran bagi peserta didik, yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.

2.   Menjamin strategi asesmen selaras dengan capaian pembelajaran.

3. Menyusun aktivitas dan tugas pembelajaran secara progresif agar peserta didik dapat mematok target pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dibangun dalam proses belajarnya.

4. Menjamin keseimbangan antara kehadiran guru memberi materi, interaksi sosial, tantangan atau beban kognitif.

semoga bermanfaat.....

Related Post:

  1. Pembelajaran dari rumah di era Covid-19
  2. PKL SMK
  3. Meningkatkan Kosentrasi Belajar 
  4. Desain Pembelajaran berorientasi HOTS
  5. Titik Point Revitalisasi SMK
  6. Menumbuhkan Motivasi Diri 
  7. Konsep Dasar Pendidikan SMK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...