Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Selasa, 01 Juni 2021

Belajar Di Era Industri 4.0

Oleh: Winarto

Tanpa terasa perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi begitu cepatnya. Tanpa disadari kita sudah masuk pada era digitalisasi. Artinya hampir semua lini kehidupan sudah melibatkan dunia digital ataupun internet untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penggunaan peralatan dan perangkat modern menjadi ciri khas dari era ini. Lalu bagaimana dengan kehidupan kita? Ya….mau tidak mau..suka tidak suka…kta harus mengikuti perkembangan yang ada. Kita harus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi. Kuncinya adalah dengan BELAJAR.

Belajar menjadi suatu hal yang sangat penting dan menjadi syarat mutlak untuk menghadapi era 4.0 tersebut. Belajar tabnpa mengenal batas usia, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Artinya belajar dilakukan oleh siapa sajat tanpa kecuali, dimana saja dan kapan saja. Sudahkah kita memahami akan hal tersebut?

Terdapat beberpa karakteristik yang menjadi model pembelajaran di era digita seperti sekarang ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pembelajaran diarahkan untuk MENCARI TAHU, bukan diberi tahu. Artinya kita harus selalu aktif memahami fenomena dan kejadian yang sedang atau akan terjadi di masa mendatang. Kita harus peka kecakapan apa yang diperlukan untuk menghadapinya, bukan sebaliknya.

2. Merumuskan Masalah secara TEPAT. Menemukan akar permasalahan merupakan kunci keberhasilan belajar. Karena berawal dari penemuan permasalahan tersebut kita akan mampu menentukan langkah strategis selanjutnya

3.  Menganalisis Alternatif Solusi. Kemampuan berfikir kritis dan analistis menjadi ciri dan kunci keberhasilan di era digital.

4. Kerjasama dan Kolaborasi. Di era digital dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi yang kuat. Kita tidak mungkin berhasil untuk melangkah sendiri. Oleh karena itu memperbanyak jaringan dan komunikasi menjadi kunci penting dalam proses pembelajaran era digital

Menyadari akan model dan pola pembelajaran tersebut, maka kita harus segera berbenah, menengok kembali model dan pola pembelajaran yang telah kita lakukan. Sudahkah sesuai dengan tuntutan jaman. Belajar harus efektif, artinya mengena dan mencapai taget seperti yang kita inginkan.

Belajar tidak lagi hanya sekedar menghapal atau mengolah permainan angka yang tiada makna. Namun belajar hendaklah lebih dari hal tersebut, yakni melatih kemampuan kita dalam menemukan masalah dan menemukan alternative solusi yang efektif dan efisien. Yaa…semua butuh proses..perlu latihan. Yang paling penting adalah kemauan untuk mulai bertindak!!!!

Kita harus mampu mengembangkan budaya LITERASI. Artinya kita harus mengasah kemampuan untuk mengakses, memahami, dan mengunakan sesuatu secara cerdas berbagai informasi yang ada untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Related Post;

  1. Mengenal Pembelajaran Inquiry
  2. Konsep Pendidikan Kihajar Dewantara
  3. Lima Mapel sbg Pondasi Belajar Anak
  4. Membangun Karakter Anak
  5. Pembelajaran Berorientasi HOTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...