Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 21 Agustus 2019

Mengenal Usaha Jasa

Oleh; Winarto
Apa itu Perusahaan jasa? Perusahaan Jasa adalah suatu perusahaan yang menjual dan menawarkan produk dalam bentuk pelayanan jasa untuk memperoleh keuntungan (laba). Perusahaan jasa merupakan jenis perusahaan yang menawarkan keahlian tertentu yang bermanfaat untuk konsumen. Apabila kita amati, jenis perusahaan ini terdiri dari para profesional atau tim ahli yang memberikan pekerjaan atau bantuan dalam menyelesaikan tugas untuk kepentingan pelanggannyaContoh perusahan jasa misalnya usaha bisnis jasa travel, jasa konsultasi keuangan (akuntansi),  jasa lundry, jasa dokter, jasa bengkel, jasa guru, maupun produk jasa lainnya.
Karakteristik perusahaan jasa:
1.     Tidak memiliki wujud (sifatnya abstrak dan tidak bisa dilihat).
2.     Produk yang dihasilkannya tidak standar atau bervariasi (Hetereogenitas).
3.     Tidak dapat dipisahkan (produk dihasilkan dan dikonsumsi secara bersama-sama).
4.     Tidak dapat disimpan, karena tidak memiliki wujud.

Kelebihan Usaha Jasa
1.     Tidak memerlukan tempat untuk penyimpanan barang atau gudang.
2.    Pada badan usaha jasa tertentu tidak membutuhkan banyak karyawan sehingga menghemat pengeluaran gaji karyawan.
3.     Dengan berbisnis jasa tidak membutuhkan tempat untuk display produk sehingga dalam hal sewa tempat usaha akan lebih hemat.

Kekurangan Usaha Jasa
1.     Strategi promosi membutuhkan testimoni pelanggan sebanyak-banyaknya karena tidak ada produk yang bisa digunakan untuk demo.
2.     Meskipun ada komplain, namun dalam badan usaha jasa tidak bisa mengembalikan apa yang sudah dibeli (diretur).

Bagaimana agar usaha jasa tetap eksisUntuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan dengan maksimal, berikut ini strategi marketing untuk bisnis jasa yang patut Anda perhatikan.
1.   Pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan harapan konsumen, secara tidak langsung mampu mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena umumnya konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama pelayanan yang mereka harapkan.
2.   Pelayanan yang profesional dan Menarik, artiya dibutuhkan peran karyawan yang mampu menangani kebutuhan konsumen dengan baik. Selain hal tersebut juga dibutuhkan karyawan  yang mampu memberikan  daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Karena kinerja karyawan menentukan citra perusahaan jasa.
3.   Harga Yang Kompetitif. artinya tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pelaku bisnis jasa sebaiknya disesuaikan dengan besar kecilnya manfaat yang didapatkan konsumen dari produk jasa yang kita tawarkan. Semakin besar manfaat atau nilai yang dirasakan konsumen, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen.
4.   Menggunakan perkembangan teknologi serta inovasi untuk menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan solusi terbaik bagi para konsumen. Karena semakin canggih teknologi yang digunakan, semakin cepat pula pelayanan yang diberikan untuk konsumen.
5.   Menyesuaikan budaya yang berkembang pada saat ini. Karena peluang pasar bisnis pasar jasa juga dipengaruhi dengan budaya yang berkembang saat ini.

Semoga bermanfaat...!!!

Related Post:
  1. Bisnis dengan Modal kecil...why not?
  2. Menyiapkan Pribadi Sukses
  3. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  4. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  5. Mental Karakter Entreprenuer
  6. Mengoptimalkan Medsol dalam bisnis
  7. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  8. Strategi Bisnis di Era Disruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...