Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 21 Agustus 2020

Pendukung Usaha Bisnis

Oleh : Winarto
Bisnis merupakan salah satu bidang usaha yang sangat unik dan menarik. Bidang ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam kehidupan. Namun terdapat beberapa catatan yang harus diperhatikan, khususnya bagi para pemula yang sedang menggeluti atau akan membuka usaha baru. Apa saja yang harus diperhatikan agar bisnis yang ita rintis dapat berhasil dengan baik?
#1. Pengetahuan dan Keahlian
Pengetahuan dan keahlian terhadap bidang usaha yang akan kita jalankan wajib kita pahami dengan sebaik-baiknya. Pemahaman terhadap produk, dari mana dab bagaimana pengadaang barang, karakteristik produk, segmen yang akan dipilih dan lain sebagainya menjadi factor yang sangat penting untuk dipelajari. Keahlian menyangkut bagaimana mengelola bisnis yang ada dengan sumber daya dan sumber dana yang ada, sehingga usaha dapat dijalankan secara optmal. Pengetahuna dan keahlian ini dapat diperoleh dengan mempelajari sumber yang ada, informasi dari teman sejawat atau dibangun melalui proses pengalaman pribadi.
#2. Permodalan
Modal usaha merupakan factor utama untuk menggerakkan usaha yang akan dijalankan. Modal ini tidak hanya sebagtas dana cash, namun juga dapat berbentuk aktiva non kas, seperti peralatan, kendaraan, bangunan dan lain sebagainya. Yang perlu diperhatikan adalah minimalisir pengguaan modal yang bersumber dari pihak lain (utang). Batas aman pemanfaatan utang dapat digunakan rumus perbandingan antara aktiva lancar dengan utang lancar dengan perbandingan 2: 1. Bagaimana mengelola modal usaha gar efektif dan efisien? Secara sederhana pisahkan catatan antara rekening pribadi dengan rekening perusahaan, bila dicampur akan berakibat fatal. Yang kedua selenggarakan pembukuan secara professional agar perputaran modal dapat terdeteksi secara akurat.
#3 Pemilihan Lokasi
Lokasi yang tepat dan strategis akan sangat menunjang terhadap keberhasilan usaha. Ciri utama lokasi strategis adalah mudah dijangkau atau mudah dilihat oleh oleh konsumen, ramai pengunjung dan adanya kemudahan akses bagi konsumen. Selain hal tersebut patut dan perlu dipertimbangkan pula bagaiimana kondisi social lingkungan yang ada mendukung untuk bisnis yang kita jalankan tau maah sebaliknya.
#4. Membangun Sistem
System merupakan satu kesatuan elemen yang saling berkaitan yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam bidang bisnis atau usaha membangun system yang kuat menjadi persyaratan mutlak agar bisnis  yang dijalankan dapat berhasil dengan baik. Hal ini sangat berkaitan dengan fungsi manajemen. Banyak system yang ada dalam bidang usaha. Sperti system produksi, system pengadaan barang, system perekrutan karyawan, system pemasaran barang, system pengembangan SDM dan lain sebagainya.

Related Post:
  1. Bisnis dengan Modal kecil...why not?
  2. Menyiapkan Pribadi Sukses
  3. Mengelola Keuangan di era Revolusi 4.0
  4. Mengembangkan Jiwa Wirausaha
  5. Mental Karakter Entreprenuer
  6. Mengoptimalkan Medsol dalam bisnis
  7. Bisnis di era disruption...Bagaimana Menghadapinya??
  8. Strategi Bisnis di Era Disruption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...