Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 27 Oktober 2021

Pengeluaran kas manufaktur (1)

Oleh Winarto
Transaksi pengeluaran  kas pada perusahaan manufaktur merupakan transaksi perusahaan yang mengakibatkan adanya aliran kas keluar dari perusahaan kepada pihak lain karena adanya transaksi perusahaan. Untuk mengelola transaksi tersebut memahami jenis-jenis transaksi yang mengakibatkan kas masuk dan dokumen transaksi yang diperlukan.
Secara umum jenis-jenis transaksi pengeluaran  kas pada perusahaan manufaktur adalah sebagai berikut:
  1. Pembelian bahan. Yakni transaksi atas pembelian bahan yang digunakan untuk proses produksi secara tunai (on cash)
  2. Pembayaran biaya tenaga kerja Langsung (BTKL), biaya overhead (BOP), Biaya Administrasi dan Biaya Pemasaran. Yakni pengeluaran kas yang ditujukan untuk membiaya biaya tenaga kerja yang terjadi dalam perusahaan. Biaya ini meliputi Biaya tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung, Biaya tenga kerja bagian administrasi dan Biaya tenaga kerja bagian pemasaran.
  3. Pembayaran utang dagang. Yakni transaksi pengeluaran kas atas pembelian bahan baik bahan baku maupun bahan penolong secara kredit yang telah dilakukan pada masa lalu. 
  4. Pembayaran Utang lainnya. Yakni pengeluaran kas perusahaan yang disebabkan bukan karena pembelian bahan untuk proses produksi. Contoh pembayaran utang beban dan lain sebagainya.
Seperti halnya pada transaksi penerimaan kas, dalam transaksi pengeluaran kas ini pun setiap transaksi yang terjadi pada perusahaan harus didukung dengan dokumen transaksi yang kuat. Selanjutnya dari dokumen tersebut dialkukan anlisis data transaksi. Analisis ini mencakup kebenaran dan keabsahan transaksi, kemudian menentukan akun-akun yang terkait dari transaksi yang ada. Selanjutnya menentukan besarnya nominal akun akibat adanya transaksi yang terjadi.
Setelah dokumen transaksi dicatat, selanjutnya dilakukan pencatatan ke dalam buku jurnal. Jurnal yangdigunakan adalah jurnal khusus, dalam hal ini adalah jurnal peneimaan kas. Format jurnal penerimaan kas pada peruahaan manufaktur tidak jauh berbeda dengan jurnal penerimaan kas pada peruahaan dagang. Berikut ini format secara umum jurnal khusus penerimaan kas pada perusahaan manufaktur.

Nama Perusahaan
Jurnal Pengeluaran Kas
Periode ....

Tgl

No Bukti

KET

Ref

Debet

Kredit

Utang Dag.

Nama Akun

Ref

Jumlah

Kas

Pot. Pemb

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam mencatat data transaksi, perusahaan dapat menggunakan salah satu sistem pencatatan, yakni sistem periodik (phisik) atau sistem permanen (perpetual). Perbedaan mendasar atas sistem tersebut adalah akun yang digunakan, yakni Pembelian Bahan untuk sistem periodik dan Persediaan Bahan untuk sistem perpetual.
Untuk mempertajam pemahaman materi tentang pengelolaan pengeluaran kas tersebut, berikut ini diberikan contoh transaksi kasus pada perusahaan manufaktur.
Soal kasus 1: Pengeluaran Kas Pembelian Bahan
PT Sidho Mukti adalah sebuah perusahaan industri di bidang tekstil. Pada tanggal 3 September 2021, perusahaan membeli bahan baku berupa 50 gulung kain dengan harga @ Rp700.000,00 secara tunai Beban angkut pembelian Rp200.000,00. Bukti transaksi berupa cek no CSM09_017
Penyelesaian
Untuk mencatat data transaksi tersebut perusahaan dapat menggunakan dua sistem pencatatan, yaitu siistem periodik dan sistem perpetual.
Analisis data jika menggunakan sistem pencatatan periodik: Pembelian bertambah (D), dan Kas Berkurang (K) masing-masing  sebesar Rp35.200.000,00.
Perhitungan= 50 unit x Rp700.000,00. = Rp 35.000.000,00 ditambah Rp200.000,00
Jika perusahaan menggunakan sistem pencatatan perpetual maka analisis datanya sebagai berikut:
Persediaan Bahan Baku bertambah (D), dan Kas berkurang (K) masing-masing  sebesar Rp35.000.000,00. Perhitungan= 50 unit x Rp700.000,00.= Rp35.200.000,00
Setelah dilakukan analisis, maka langkah selanjutnya dilakukan pencatatan ke dalam buku jurnal umum atau jurnal khusus.
Pencatatan ke dalam buku jurnal umum sistem Periodik:

Tgl

Perkiraan

Ref

Debet

Kredit

2021

Sept  03

 

Pembelian

         Kas

(Pembelian Tunai)

 

 

Rp35.200.000,00

-

 

-

Rp35.200.000,00

 

 Pencatatan ke dalam buku jurnal umum sistem Perpetual

Tgl

Perkiraan

Ref

Debet

Kredit

2021

Sept  03

 

Persediaan Bahan Baku

         Kas

(Pembelian Tunai)

 

 

Rp35.200.000,00

-

 

-

Rp35.200.000,00

 

 
Jika perusahaan menyelenggarakan pencatatan dengan jurnal khusus maka tinggal dimasukan pada kolom yang sesuai dengan formatnya.
Sistem periodik
PT Sidho Mukti
Jurnal Pengeluaran Kas
September 2021

Tgl

No Bukti

Keterangan

Ref

Debet

Kredit

Utang Dag.

Nama Akun

Ref

Jumlah

Kas

Pot. Pemb

03/09

CSM09_17

Pembelian BB Tunai

 

 

Pembelian Bahan Baku

 

35.200

35.200

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Sistem Perpetual
                                                               PT Sidho Mukti
Jurnal Pengeluaran Kas
September 2021

Tgl

No Bukti

Keterangan

Ref

Debet

Kredit

Utang Dag.

Nama Akun

Ref

Jumlah

Kas

Pot. Pemb

03/09

CSM09_17

Pembelian BB Tunai

 

 

Persediaan Bahan Baku

 

35.200

35.200

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...