Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 22 Januari 2021

Membangun Motivasi Belajar

Oleh : Winarto
Untuk menjadi manusia yang berkualitas, kompeten, dan handal tentunya tidak terlepas dari kebiasaan atau aktivitas kita dalam menjalani perlajalanan hidup. Kuncinya hanya pada satu hal yakni belajar dan berlatih. Karena esssensi hidup adalah membaca setiap fenomena yang ada, kemudian mengambil tindakan untuk mensikapinya. Sifat belajar adalah sepanjang hayat, artinya kita belajar tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Belajar dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan dengan materi apapun. Semangat belajar idealnya tidak boleh kendor dengan situasi dan kondisi yang ada, lebih-lebih seperti di era pandemic seperti sekarang ini. Namun dalam kenyataannya tidaklah demikian. Banyak factor yang menghambat, yang membuat semngat belajar dan berlatih kita menjadi lemah, dan tentunya hal ini menyebabkan kualitas hidup kita menjadi rendah.
Banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan belajar kita, dan salah satunya adalah factor kekuatan motivasi diri. Motivasi pada dasarnya merupakan dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan suatu hal.  Bila kita perinci motivasi ini dapat berasal dari dalam diri kita (motivasi internal) dan berasal dari luar diri kita (eksternal).

Ibarat sebuah kendaraan, motivasi ini merupakan sebuah mesin yang memiliki daya penggerak dan pendobrak yang luar biasa, yang mampu menghasilkan energy untuk bergerak dan bertindak. Karena demikian besar dan kuatnya peran motivasi, maka sudah selayaknya kita perlu menjaga dan meningkatkan agar motivasi dalam diri kita tetap kuat. Motivasi internal tidak lain tidak bukan yang membangun ya diri kita sendiri. Maka segeralah sadar…bangkit…jadilah manusia yang bermakna di masa depan. Ingaat…kita hadir didunia ini unik…diberikan banyak potensi oleh Yang Maha Kuasa, semuanya tinggal kita…mau tidak menggalinya. Sedangkan motivasi internal muncul dari luar diri kita. Untuk hal tersebut, maka..perbanyaklah kita membangun silaturahim. Dari sana akan muncul ide-ide dan gagasan yang membuat motivasi kita meledak mengubah masa depan kita yang lebih gemilang.

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa semangat belajar kita kadang-kadang bisa naik, dan tidak jarang juga mengalami penurunan. Semangat belajar yang menurun tidak lain karena motivasi diri kita juga mengalami penurunan. Untuk hal tersebut sebagai pribadi-pribadi yang kuat kita harus segara  mengatasi problem seperti ini, dan mencari solusi yang efektif bagi diri kita. Ingaat….waktu berjalan terus, dan tentunya tidak mungkin kembali mundur. Apabila kita gagal dalam membangun motivasi, maka kita akan banyak kehilangan moment atau kesempatan yang sangat berharga bagi kehidupan kita.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun motivasi belajar kita. Berikut ini beberpa langkah sederhana yang dapat diambil, dan mungkin dapat dicoba untuk memompa semangat belajar kita:
#1. Kenali Diri Kita Dengan Baik.
Mengenali diri kita sendiri merupakan factor yang sangat penting. Bagaimana caranya. Mulailah dari hal-hal yang sederhana, misalnya apa hobby dan kesukaan kita (biasanya mengarah pada mata pelajaran yang ditekuni), potensi apa yang kita miliki, minat dan bakat apa yang kita miliki dan seterusnya. Selanjutnya penting juga kita phami, gaya belajar apa yang cocok bagi diri kita apakah gaya belajar visual, gerak atau pendengaran, hal ini akan berpengaruh pada efektivitas kita dalam belajar.

#2. Bangun Optimisme Diri
Optimisme  merupakan sikap rasa percaya diri terhadap diri sendiri di masa mendatang. Optimis yang dimaksud di sini bukan optimis yang kosong artinya tanpa usaha dan karya, namun sebaliknya harus dimbangi dengan usaha yang kuat, pantang menyerah atau putus asa dan tahan banting dengan segala situasi dan kondisi. Janganlah menjadi pribadi-pribadi yang rendah diri, loyo, tidak semangat, karena itu semua akan menghalangi kita dalam mengembangkan potensi yang kita miliki. Berdirilah tegak, tatap masa depan dengan penuh semangat dan berjanjilah dalam diri anda…TIDAK ADA PERMASALAHAN YANG TIDAK DAPAT DIPECAHKAN….!!!!!

#3. Berlatih Mengelola Emosi
Mengelola emosi menjadi bagian yang penting dalam kehidupan kita, dan akan berpengaruh pada bagaimana kita akan belajar secara efektif. Keberhasilan mengelola emosi akan melahirkan pribadi-pribadi yang berkarakter, memiliki disiplin tinggi, tanggung jawab. Hindarilah sikap mengeluh, menyalahkan keadaaan, menyesali diri kita sendiri dan lain sebagainya, karena hal tersebut sama sekali tidak akan menguntungkan diri kita. Kita harus selalu melatih emosi kita untuk tetap berlaku postif…tanpa terppengaruh dengan situasi dan kondisi yang ada. Jadilah pribadi yang memiliki PRINSIP yang KUAT.

#4. Rajin Olah Raga
Di dalam badan yang sehat, akan terdapat jiwa yang kuat. Hidup akan sangat ekfektif apabila kita mampu mengelola secara seimbang. Belajar merupakan suatu aktivitas untuk memenuhi nutrisi otak dan jiwa kita. Sebaliknya, raga kita, di mana tempat bersemayamnya jiwa kita juga membutuhkan nutrisi yang baik pula. Bagaimana caranya? Ya lakukan olah raga yang teratur, bila perlu lakukan rekreasi ringan akan tubuh kita menjadi segar dan sehat. Tubuh yang sehat akan memperlancar proses belajar kita, yang selanjutnya prestasi kita akan meningkat.

Selamat belajar…semoga berhasil….!!!!!
Salam Suksess….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...