Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Sabtu, 23 Januari 2021

Mengenal Riset Pasar

Oleh: Winarto.
Perkembangan dan persaingan bisnis yang semakin ketat, menyebabkan setiap pelaku bisnis harus memahami situasi dan kondisi pasar. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan pasar sangat fluktuatif,  maka sudah selayaknya setiap pelaku bisnis harus mampu untuk bisa bertahan bahkan bersaing dalam dunia usaha yang dijalankannya. Produk yang ditawarkan harus dapat diterima pasar dan mampu memuaskan pelanggan secara optimal. Bagaimana strateginya? Ya…salah satunya dengan melakukan riset pasar. Riset pasar yang tepat akan mampu mendorong bisnis atau usaha yang dijalankan akan bertahan lebih lama, karean usaha yang dijalankan sesuai dengan harapan konsumen..

Pada dasarnya riset pasar merupakan suatu upaya perusahaan untuk mengumpulkan data bisnis secara akurat sehingga dapat ditemukan langkah yang efektif untuk mengatasi atau memecahkan problem usaha yang dihadapi. Melalui riset yang tepat diharapkan juga dapat memberikan terobosan baru tetang langkah bisnis yang harus diambil perusahaan untuk mencapai keuntungan perusahaan perusahaan secara optimal.lalu data apa saja yang perlu untuk dikumpulkan?  

Secara umum data yang wajib dikumpulkan berkaitan dengan produk yang akan kita tawarkan adalah data tentang harapan dan keinginan konsumen tentang produk, kondisi social dan geografis konsumen sasaran, gaya hidup dan kemampuan ekonomi konsumen, hambatan dan tantangan usaha, potensi dan kondisi dan kemampuan competitor yang telah ada.

Setelah data terkumpul, selanjutnya perusahaan melakukan pemetaan tentang strategi efektif yang akan diambil, seperti jenis produk yang seperti apa yang akan ditawarkan, segmen pasar mana yang akan disasar, model pemasaran produk yang seperti apa yang akan diambil, teknologi yang seperti apa yang akan digunakan dan lain sebagainya.

Manfaat Riset Pasar
Bagi pelaku usaha yang masih tergolong baru, ataupun bagi mereka yang mau menjalankan usaha baru, riset pasar memiliki banyak manfaat.  Berikut ini beberapa manfaat dari riset pasar bagi pebisnis pemula.
#1. Menentukan Segmen Pasar
Pelaku usaha awal tentunya tidak akan mampu melayani semua type konsumen, karena dampaknya produk yang disajikan tidak focus sesuai selera konsumen. Perusahaan harus menetapkan target pasar yang akan disasar atau dibidik. Nah melalui riset pasar yang tepat ini, pelaku bisnis pemula akan diberikan gambaran mengenai target pasar mana yang sesuai untuk diambil, sehingga bisnis yang dijalankan nanti sesuai dengan sasaran.

#2. Memudahkan Merumuskan Strategi Bisnis
Bisnis yang kita jalankan tentunya tidak sendiri, artinya di sekitar kita banyak pemain bisnis yang menyasar pada pangsa pasar yang kita bidik. Untuk dapat bertahan atau bahkan memenangkan persaingan, maka diperlukan langkah yang strategis. Dari hasil riset yang dilakukan, perusahaan akan mendapatkan banyak data dan informasi tentang jenis dan kualitas produk yang telah ada di pasar, jumlah competitor yang ada di pasar, keunggulan dan kelemahan pesaing dan lain sebaginya. Dari data tersebut perusahaan dapat menyusun langkah dan strategi yang tepat, sehingga bisnis yang dijalankan dapat berjalan secara efektif.

#3. Mengurangi  Risiko Bisnis Yang Fatal
Resiko fatal bisnis adalah, produk yang ditawarkan TIDAK diterima pasar atau bahkan DITOLAK. Mengapa demikian? Karena produk yangditawarkan tidak dapat memenuhi harapan konsumen, tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen. Kondisi ini bisa saja terjadi pada para pelaku bisnis, utamanya para pebisnis pemula. Penyebabnya hanya satu hal…yaa….usaha yang mereka jalankan tidak melalui riset dan analisis usaha yang tepat. Padahal modal yang dikeluarkan telah banyak. Tentunya ini akan merugikan perusahaan. Soo…don’t forget to take the riset before role the bussines

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Mengenal Penghambat Kesuksesan

Oleh: Winarto. Keberhasilan atau kesuksesan merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun untuk menjadi sukses, tidak semudah membalikkan ...