Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 09 Desember 2018

Sikap Pemimpin Dalam Menunjang Eksistensi Perusahaan atau Organisasi

Organisasi atau perusahaan yang berhasil harus memiliki pola kepemimpinan yang efektif dan efisien. Coba perhatikan berbagai organisasi atau perusahaan kelas dunia yang pasti memiliki pemimpin yang kompeten, bersemangat, berpengalaman, termotivasi, dan fokus dengan tujuan. Pemimpin pasti mengetahui apa yang penting bagi keberhasilan organisasi atau perusahaan dan akan tetap bekerja keras untuk memastikan tujuan tersebut bisa tercapai. Berikut ini diberikan 5 sikap pemimpin organisasi atau perusahaan yang mampu membawa kesuksesan perusahaan.
1.VISIONER
Ini merupakan sikap pemimpin perusahaan WAJIB dimiliki. Ya, seorang pemimpin yang efektif adalah mereka yang memiliki visi yang hebat dan mampu memastikan setiap karyawan
mengikutinya. Visi adalah sesuai yang akan dicapai oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Pemimpin yang visiner adalah pemimpin yang mampu mematakan ke mana arah perusahaan atau organisasi akan dibawa. Misalnya saja, Apple yang memiliki visi untuk menciptakan produk terbaik yang mudah digunakan dan sederhana sehingga pada akhirnya bisa mampu menghasilkan iPhone, iMac, dan iPad. Di bidang pendidikan misalnya, kepala sekolah sebagai pemimpin mampu merumuskan secara akurat dan terukur kemana lembaga yang dipimpinnya akan dibawa.
2. PENGALAMAN
Menduduki peran kepemimpinan di perusahaan/organisasi  tidak hanya membutuhkan seseorang yang cerdas, trampil dan mampu bersikap tanggung jawab.namun tidak kalah pentingnya , pemimpin yang memiliki pengalaman pengalaman kerja yang mumpuni sesuai dengan bidang yang digelutinya. Melalui pengalaman yang memadai, seorang pemimpin akan memiliki referensi yang nyata untuk merumuskan strategi logis dalam memecahkan permasalahan pokok di dalam organisasi. Selain hal tersebut, pemimpin yang  berpengalaman akan memberikan wawasan yang lebih mendalam pada setiap bagian yang perlu ditingkatkan dalam organisasi atau perusahaan.
3. MAMPU MEMOTIVASI ANGGOTA TIM
Sikap pemimpin perusahaan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pemimpin harus mengetahui bagaimana memotivasi seluruh tim agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara tepat. Hal yang perlu diingat adalah di dalam organisasi atau perusahaan setiap anggota tim pasti memiliki perbedaan dan kemampuan yang bermacam-macam, dan tentunya akan berdampak pada kinerja organisasi atau perusahaan secara keseluruhan. Pemimpin yang hebat memiliki kemampuan untuk menyelesaikan perbedaan yang terjadi dan memastikan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan organisasi dapat selesai tepat waktu. Keterampilan untuk menyelesaikan masalah internal berasal dari pengalaman yang dimiliki oleh seorang pemimpin.
4. MAMPU MEMBACA KEBUTUHAN PASAR
Kebutuhan pasar berkembang sangat pesat, apalagi adanya teknologi dan informasi yang semakin maju. Untuk itu seorang pemimpin harus mampu memabaca tren pasar. Sebagi contoh, dalam bidang pendidikan, maka kepala sekolah harus membaca ketrampilan apa yang harus diberikan pada para peserta didik agar mereka mampu berkompetisi di jamannya. Agar ren memahami dengan jelas tentang sikap ini, mari kita melihat Steve Jobs dengan perusahaan Apple yang didirikannya. Steve Jobs memiliki kemampuan untuk memberi tahu arah yang harus dilalui oleh rend an bahkan sebelum perubahan besar terjadi. Dengan kemampuan dan wawasan ini, Steve Jobs mampu membuat lompatan besar dalam kompetisi. Sudah seharusnya seorang pemimpin memiliki motivasi untuk mengetahui perubahan rend an mampu menanggapinya dengan cepat. Kemampuan Anda untuk mengungguli persaingan akan memungkinkan adanya peningkatan keuntungan yang terjadi.
5. MAMPU BERINOVASI
Kemampuan membuat Inovasi terhadap produk dan layanan merupakan kunci pokok keberhasilan seorang pemimpin. Pemimpin yang inovatif akan selalu memberikan penyegaran dan membuat sesuatu yang baru, yang membuat organisasi atau perusahaanya tetap eksis dalam persaiangan yang semakin ketat. Salah satu alasan utama yang membuat perusahaan tidak mampu bertahan di masa sulit adalah saat mereka tidak mengetahui kapan harus berhenti, karena produk dan layanan jasanya sudah usang, alias out of date.Inilah pentingnya inovasi produk dan jasa, dan seorang pemimpin berperan pokok dalam hal tersebut.
Perlu digaris bawahi bahwa tujuan utama organisasi atau perusahaan adalah kemampuan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan profitabilitaasnya. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan kejelian dalam membaca perkembangan pasar dan kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang terhadap produk yang dihasilkannya, baik berupa barang maupun jasa.
Cara seperti di atas penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan bisnis yang memadai sehingga kepuasan konsumen tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...