Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Sabtu, 15 Desember 2018

Menilik Makna UJIAN bagi Kehidupan Kita

Oleh: Winarto, S.Pd.M.Pd. Guru Akuntansi SMKN 1 Grimulyo.
Ujian adalah bagian dari proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tujuannya adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah mengikuti serangkaian proses pembelajaran. Namun tidak jarang masih terdapat sebagian siswa yang menganggab bahwa ujian adalah momok dalam kehidupan. Ujian dianggap sebagai sesuatu yang menjadi beban kehidupan. Padahal dibalik itu semua terdapat makna yang luar biasa yang dapat diambil pelajaran untuk menentukan keberhasilan kehidupan kita. Berikut makna yang dapat diambil dari ujian!
#1. Ujian Melatih Kejujuran
Ya…Kejujuran adalah syarat mutlak keberhasilan dan kesuksesan seseorang. Oleh karena itu kejujuran harus ditanamkan sedini mungkin terhadap para peserta didik, salah satunya adalah melalui ujian. Untuk mencapai hal tersebut, guru harus memiliki peran yang kuat untuk menanamkan pemahaman bagi para peserta didiknya akan arti pentingnya kejujuran. Apalah artinya prestasi yang tinggi, nilai yang bagus, namun proses pencapaianya melalui jalur yang lancung. Tentunya hal tersebut tidak akan membawa makna apa-apa. Karena hakekat ujian adalah mengukur kemampuan yang telah dicapai oleh peserta didik.
#2. Melatih Kepercayaan Diri
Kepercayaan diri merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan. Sikap seperti ini dapat dilatih melalui ujian, karena dalam pelaksanaan ujian para peserta didik dituntut untuk dapat memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Orang yang memiliki kepercayaan diri akan mampu mengeksplore potensi yang dimilikinya, sehingga akan mampu menghasilkan sesuatu yang bermakna bagi kehidupannya. Ironisnya sikap ini sudah mulai luntur bahkan hilang dalam diri pribadi sebagian peserta didik. Indikasinya adalah masih banyaknya peserta didik yang gemar mencontek, suka kerja sama dengan siswa lain dalam pelaksanaan ujian. Apabila kebiasaan tersebut masih terus berlanjut, tentu hasil ujian akan menjadi bias, tidak mampu mengukur apa yang seharusnya dapat diukur. Selanjutnya bagaimana akibat yang akan dihasilkan bagi proses pembangunan bangsa. Tentunya akan menjadi bangsa yang gagal, karena keadaan SDM nya tidak kompeten.
#3. Fokus dan Konsisten
Ujian akan berhasil dengan memuaskan apabila para peserta ujian mampu focus pada materi yang diujikan dan konsisten dalam mempersiapkan ujian tersebut. Sikap focus dan konsisten  tersebut sangat dibutuhkan dalam proses kehidupan manusia. Berapa banyak manusia gagal dalam menjalani kehidupanya, karena mereka tidak focus pada sesuatu yang harus dicapai dan tidak konsisten pada tujuan dan kegiatannya. Apabila kita ingin sukses dan berhasil dalam hal apapun, maka focus pada tujuan  dan konsisten terhadap kegiatan MUTLAK diperlukan. Oleh karena itu sangat penting, mengambil hikmah dari ujian yang kita laksanakan adalah untuk melatih agar kita mampu focus dan konsisten pada kegiatan yang telah kita rencanakan.
# 4. Membangun Sikap Positif.
Salah satu hal yang paling penting dalam ujian adalah memandang dan menghargai proses. Apapun hasil ujian yang dicapai, sebaiknya tidak mengabaikan pada proses yang telah kita lakukan. Sebagai contoh, kita mendapatkan nilai yang belum memuaskan, padahal kita telah bekerja keras untuk menyiapkannya, maka kita tidak boleh pesimis, putus asa, sedih yang berkepanjangan. Karena sifat-sifat tersebut akan menghambat prestasi dan kesuksesan kita. Kita harus mampu mengambil dari sisi positifnya, bahwa kita harus lebih keras lagi dalam belajar dengan strategi yang lebih baik.
#5. Mengembangkan Budaya Belajar Efektif.
Salah satu factor penentuk keberhasilan ujian adalah kemampuan kita untuk membentuk budaya belajar yang efektif. Budaya belajar adalah sikap dan nilai-nilai yang dapat kita laksanakan dalam proses pembelajaran. Budaya belajar yang efektif penting untuk diterapkan dan dibiasakan dalam kehidupan kita. Sikap ini tentunya juga akan membawa dampak pada kehidupan kita selanjunya, yakni membangun dan membentuk budaya yang efektif.
Akhirnya…marilah kita melihat ujian sebagai sesuatu yang positif, dan jadikan sebagai sarana untuk membentuk pribadi kita menjadi pribadai yang tangguh dan kompeten, sehingga mampu menghadapi persaingan yang ada. 

Semoga Bermanfaat...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...