Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Senin, 17 Desember 2018

Prakerin SMK ....Peluang dan Tantangan

Oleh: Winarto, S.Pd M.Pd. Accounting teacher of SMKN 1 Girimulyo
Salah satu ciri kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah adanya program Praktik Kerja Industri (Prakerin). Prakerin ini merupakan program pendidikan, pembelajaran dan pelatihan yang di laksanakan di dunia usaha dan dunia industry. Secara umum tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui penguatan sikap dan mental siswa serta  penajaman pengetahuan dan ketrampilan di dunia usaha dan indutri.
Secara umum, program prakerin memiliki manfaat bagi siswa sebagai pelaku prakerin, sekolah sebagai lembaga pendidikan dan DU/DI sebagai institusi pasangan. Berikut ini ulasan singkat tentang manfaat pelaksanaan prakerin.
Manfaat prakerin bagi siswa adalah sebagai berikut:
1.   Kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan ketramilan yang selama ini telah dipelajari pada dunia nyata, yakni dunia usaha dan dunia industry
2.   Melatih sikap dan mental yang produktif dengan mengalami praktik kerja secara langsung di dunia usaha dan dunia industry.
3.   Meningkatkan semangat dan etos kerja bagi para peserta didik,
4.   Memperkaya kompetensi siswa melalui berbagai pengalaman yang belum pernah dialamai sebelumnya.
5.   Meningkatkan profesionalime siswa sesuai dengan bidang dan komptensi yang dipilihnya.

Manfaat prakerin bagi sekolah:
1.     Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan dunia usaha dan dunia induttry.
2.     Membantu sekolah dalam rangka meningkatkan standar kompetensi lulusan (SKL) siswa melalui praktek langsung di lapangan
3.     Mengembangkan program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di tempat PKL.
4.     Membantu mendukung penyiapan calon tenaga kerja yang professional, kompeten.

Manfaat bagi Dunia Usaha dan Dunia Indutri:
1.     Kesempatan untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompeten dan professional
2.     Memperoleh masukan yang konstruktif dan produktif dari sekolah melalui kurikulum pembelajaran SMK.
3.   Kesempatan untuk promosi yang lebih efektif, karena DU/DI menjadi lebih dikenal oleh masyarakat melalui program prakerin.
4.     DU/DI mendapatkan tambahan tenaga, sehingga dapat untuk meningkatkan produktifitas kerjanya.

Dari berbagai manfaat yang telah diulas di atas, tentunya akan tercapai apabila program prakerin tersebut dilaksanakan secara tepat. Khusunya bagi para peserta prakerin (siswa) harus dapat memanfaatkan moment prakerin tersebut dengan sungguh-sungguh. Karena dalam kenyataannya, masih banyak ditemukan para peserta prakerin belum mampu menangkat peluang yang ada dengan sebaik-baiknya. Banyak kesempatan untuk peningkatan kompetensi tidak termanfaatkan. Akibatnya prakerin menjadi kurang bermakna.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat hal-hal yang harus dilakukan siswa peserta prakerin, perhatikan berikut ini:
1.   Tertib dan disiplin dalam kerja mematuhi semua peraturan yang berlaku dalam dunia usaha dan dunia industry di mana ia melaksanakan prakerin.
2.     Budayakan sikap ramah, sopan, santun terhadap siapa saja dan kembangkan budaya komunikasi yang efektif.
3.   Kembangkan rasa ingin tahu yang tinggi, dan jangan malu untuk bertanya pada hal-hal yang belum dimengerti.
Tantangan ke depan dengan adanya prakerin adalah memastikan adanya kesesuaian antara program keahlian di sekolah dengan DU/DI pasangan tempat prakerin siswa. (link and match). Dalam kenyataannya terdapat beberapa program keahlian yang belum dapat sesuai, yang semuanya disebabkan adanya teknologi aplikasi yang semakin canggih dan pesatnya teknologi digital. Hal ini tentunya menjadi tantangan sendiri bagi institusi pendidikan (SMK) untuk mengubah pola pembelajaran yang dilakukan di sekolah dan meninjau kembali kurikulum yang ada, sehingga sesuai dengan tuntutan jaman.
Akhirnya semoga prakerin mampu memberikan warna pada dunia pendidikan dan pembelajaran di sekolah yang pada akhirnya mampu menyiapkan para lulusan SMK menjadi calon tenaga kerja yang cerdas, trampil, professional dan berkarakter!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...