Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 12 Desember 2018

Mengenal Praktek Kerja Industri (Prakerin)

oleh: Winarto, S.Pd.M.Pd. Accounting Teacher of SMKN 1 Girimulyo.
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri (DU/DI) dalam upaya peningkatan  mutu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan kompetensinya agar para siswa memiliki kemampuan dan kesiapan yang memadai ketika memasuki dalam dunia kerja..

Dasar hukum pelaksanaan prakerin adalah sebagai berikut:
1. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.   PP No. 19 Tahun 2005 yang terakhir diubah dengan PP No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan.
3.   PP RI No. 17 Tahun 2010 yang telah diubah dengan PP RI No. 66 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
4.   PP RI No. 41 Tahun 2015 tentang Pembangunan Sumber Daya Industri.
5.   Perpres No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
6.   Inpres No. 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.
7.   Permen Perindustrian No. 03/M-IND/PER/1/2017 tentang Pedoman Pembinaan dan
Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match
dengan Industri.
8.   Permen Tenaga Kerja No. 36 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pemangangan di Dalam Negeri.
9. Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 4678/D/KEP/MK/2016 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.
10.Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud No. 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.

Program prakerin merupakan bagian dari kurikulum pembelajaran di SMK, yang diharapkan mampu memberikan bekal bagi peserta didik baik dalam aspek softskill maupun hardskill. Softskill berkaitan dengan sikap peserta didik yang menunjang budaya kerja dalam dunia usaha dan dunia industry, seperti tanggung jawab, disiplin, komunikatif, daan lain sebagainya. Sedangkan hardskill merupakan peningkatan kemampuan peserta didik di bidang pengetahuan dan ketrampilan. 
Teknik pelaksanaannya biasanya dengan system blok atau sesuai dengan kesepakatan antara sekolah dengan DU/DI. Prakerin memiliki efek yang sangat positif, terutama bagi peningkatan kompetensi peserta didik. Bagi pihak sekolah dari program prakerin tersebut dapat menjaring berbagai masukan yang penting untuk meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang telah dilakukan. Hal tersesbut terutama untuk menciptakan link and match antara pihak sekolah dan pihak DU/DI.
Untuk meningkatkan efektifitas program prakerin, pihak sekolah harus mampu mengelola kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, meliputi dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi. Tantangan yang paling pokok adalah kesesuaian antara tempat praktek dengan kompetensi keahlian yang ada. 

Tujuan Prakerin :
  1. Memberikan bekal pengalaman kepada peserta didik, yang dapat meningkatkan kemampuan softskill dan hardskillnya
  2. Mengimplementasikan materi pembelajaran yang telah diberikan di sekolah dalam dunia kerja yang nyata,
  3. Membentuk pola pikir, pola kerja yang efektif dan efisien sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industry.
  4. Meningkatkan semangat dan motivasi kerja peserta didik, melalui proses pembelajaran langsung pada dunia usaha dan dunia indutri.
  5. Menambah, memperkaya dan mengembangkan kemampuan peserta didik, sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilihnya.
Manfaat Prakerin :
  1. Mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang cerdas, trampil dan kompeten yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
  2. Meningkatkan dan memperkokoh jalinan kerjasama antara sekolah dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha.
  3. Meningkatkan efektivitas pendidikan dan pembelajaran yang dilakukan di sekolah, melalui pengalaman kerja langsung di dunia usaha dan industri.
Demikian informasi seputar praktek kerja industry dil SMK, semoga dapat memberikan kejelasan terhadap program tersebut. Semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...