Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Minggu, 02 Desember 2018

5 Tips Sukses Ujian Nasional (UN)

Sumber: http://kaksetosurabaya.com
1. Niat yang kuat untuk meraih sukses UN
Niat merupakan kunci sukses yang pertama dalam menghadapi Ujian Nasional, kenapa? Coba kalian bayangkan bagaimana kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengahdapi UN jika di dalam hati kamu tidak ada niat untuk meraih kesuksesan. Niat adalah hal yang paling mendasar jika ingin meraih kesuksesan.
Tidak hanya dalam menghadapi Ujian Nasional tetapi dalam meraih cita-citapun niat adalah hal yang paling utama yang perlu diperhatikan. Karena kesuksesan itu ada di tangan kita sendiri bukan pada orang lain. Jadi kita harus punya niat yang kuat untuk lulus, jika niat sudah tetanam di dalam hati kita maka, berbagai cara dan usaha akan kita lakukan untuk meraihnya.

Tentunya dengan cara-cara yang baik yang tidak melanggar etika dalam menghadapi Ujian Nasional. Seperti akhir-akhir ini yang sering mencuat di media adalah banyak kecurangan yang terjadi saat Ujian nasional berlangsung. Jangan sampai kalian terjerumus untuk berpikir seperti itu.
Tindakan tersebut hanya merusak mental kamu sendiri, karena mencontek membuat pribadi kita menjadi pemalas dan tidak mau bekerja keras dan hanya mengharapkan cara-cara instant yang tidak layak untuk diterapkan. Jika di dalam diri kalian tertanam sifat pemalas, saya yakin kelak kalian tidak akan bisa meraih kesuksesan karena meiliki mental pemalas. Jadi, siapkan niat dalam hati kamu dengan baik agar bisa meraih sukses Ujian Nasional dengan cara-cara yang lazim.
2. Persiapan yang matang dan fokus
Jika sudah punya niat yang kuat, saatnya untuk melakukan persipan menjelang UN. Persiapan apakah yang harus kamu lakukan dalam meghadapi Ujian Nasional?
Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan dalam persiapan UN :

Buatlah jadwal belajar dan berusaha untuk melaksanakannya dengan tepat waktu. Meskipun ini sulit saya yakin jika kamu sudah mulai melakukannya dengan rutin kamu akan terasa terbiasa dan menikmati aktivitas kamu yang mungkin sedikit membosankan. Lawan kebosanan kamu tersebut agar bisa disiplin dan meraih sukses.
Pilihlah waktu belajar yang tepat. Misalnya kalian lebih suka belajar di tempat yang agak sepi atau bisa juga tengah malam, dan mungkin kalian suka belajar di tempat yang tenang atau mungkin kalian lebih suka belajar sambil mendengarkan musik, dsb. Lakukanlah hal tersebut sesuai gaya belajar yang kamu inginkan.

Jangan terlalu banyak membuang waktu yang tidak bermanfaat, seperti kebanyakan nonton TV, main gadget, main game, media sosial dan lain-lainnya. Kurangi hal tersebut agar kamu bisa fokus untuk meraih sukses UN.

3. Pelajari soal UN terdahulu, minimal 5 tahun yang lalu
Hampir setiap tahun soal Ujian Nasional bentuk dan model hampir sama persis kalaupun ada yang berbeda paling tidak terlalu banyak masih berkutat pada model yang itu-itu saja. Jadi untuk mengantispiasi hal tersebut pelajarilah soal Ujian Nasional minimal 5 tahun yang lalu. karena bentuk soal Ujian Nasional tidak terlepas dari tahun-tahun sebelumnya.
4. Jaga kesehatan kamu agar tidak sakit menjelang UN
Nah, persiapan yang satu ini tidak kalah pentingnya. jangan dianggap sepele atau dipandang sebelah mata lho. Menjaga kesehatan merupakan kunci sukses UN yang kadang sering terabaikan oleh siswa. Coba kalian bayangkan apa jadinya jika persiapan yang matang yang kamu lakukan sudah berbulan-bulan. Namun, saat menjelang UN berlangsung tiba-tiba kamu sakit. Hmm..Rasanya kesel banget kan? Nah, oleh sebab itu jangan sekali mengabaikan kesehatan. Caranya jangan terlalu sering begadang atau melakukan aktivitas berat yang bisa menganggu kesehatan kamu. Tidurlah tepat waktu dan istirahat secukupnya.
5. Bedo’a atau mendekatkan diri kepada sang pencipta
Kunci sukses ini tidak bisa diabaikan. Berdo’a merupakan bentuk kita berserah diri dan memohon agar bisa lulus. Jika kita sudah bekerja keras dengan sekuat tenaga untuk persiapan UN, selanjutnya kita serahkan kepanNYA. Dan rutin berdo’a agar mendapatkan hasil yang terbaik.
Nah, itulah 5 tips untuk meraih sukses dan lulus 100% dalam menghadapi Ujian Naisonal 2019.
Apakah kamu sudah siap untuk menghadapi Ujian Nasional? Sekarang saatnya untuk berusaha dan bekerja keras agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Dan yang terpenting adalah, kamu bisa masuk ke Perguruan Tinggi yang kamu inginkan agar cita-cita kamu kelak tercapai. Semoga kamu sukses menghadapi Ujian Nasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...