Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Sabtu, 29 Desember 2018

Merintis Bisnis Yang Kompetitif

Oleh: Winarto, S.Pd. M.Pd.
Di era perkembangan dan persaingan yang smekin ketat, kita dituntut untuk menjadi pribadi yang kuat, professional dan kompeten sesuai dengan bidangnya. Sehingga sudah selayaknya kita harus selalu meng update pengetahuan dan ketrampilan kita sehingga memiliki kemampuan untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi di masa-masa mendatang. Bukan suatu hal yang tidak mungkin… masa depan akan dipenuhi dengan berbagai hal yang tidak terduga.. yang membutuhkan ketrampilan dan pengalaman yang lebih apabila kita ingin memenangkannya.
Demikian pula dalam dunia bisnis,… ere teknologi komunikasi yang cepat telah menggeser pola perkembangan dan persaiangan bisnis yang ada menjadai lebih ketat. Baik bisnis di bidang barang maupun jasa dituntut harus mampu menyesuaian dengan perkembangan yang ada. Apabila kita masih berkutat pada cara-cara konvensional tanpa memperhatikan dan mengikuti aspek-aspek perkembangan yang ada, sudah dipastikan bisnis kita akan
kandas, gagal di tengah jalan. Baik bisnis yang sudah berjalan, ataupun bisnis yang akan dirintis harus mampu membaca trend pasar, segmen pasar, dan aspek-aspek yang lainnya. Bagaimana solusi untuk menghadapinya? Berikut ada beberapa tips yang dapat kita adikan pertimbangan dalam menjalankan bisnis.
#1. Rencanakan Bisnis secara Matang
Usaha atau bisnis tidak dapat dijalankan hanya asal-asalan, atau hanya mengikuti tren pasar saja. Kita harus mampu memilih bidang bisnis berdasarkan pada analisa pasar yang tepat. Tentunya analisa tidak harus yang muluk-muluk dengan berbagai data yang sulit dipahami. Pilihan bisnis yang kita ambil tentunya harus didasarkan pada faktoor-faktor pertimbangan yang logis, seperti pengetahuan dan pengalaman bisnis yang kita miliki, permodalan, sumber daya yang ada, kondisi pasar atau pesaing, prosepek bisnis di masa mendatang dan lain sebagainya. Termasuk dalam hal ini segmen pasar yang akan diambil harus dirumuskan secara tegas, sehingga strategi yang akan dipilihnya pun akan menjadi jelas.
Perlu diperhatikan untuk menganalisis dan mempelajari perilaku dan tindakan oleh para bisnismen yang sukses sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun rencana bisnis kita. Resiko-resiko bisnis yang mungkin muncul juga perlu kita rumuskan, untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi.
#2. Berani Mengambil Tindakan
Seberapa bagus dan matangnya rencana bisnis yang kita susun tanpa kita mulai dengan tindakan juga menjadi tidak bermakna. Jadi kuncinya pada aksi, segera lakukan tindakan strategis, sebagai implementasi pada rencana bisnis yang telah kita susun. Yakinlah bahwa perjalanan bisnis kita menjadi asset yang tidak bernilai dalam membentuk bisnis yang kompetitf di masa mendatang. Karena melalui pengalaman bisnis yang kita lakukan, kita akan menjadi lebih paham,terhadap langkah yang harus kita tempuh pada kegiatan selanjutnya. So…segera lakukan rencana bisnis anda secara tepat…Jangan tunggu sampai esok hari, karena bias jadi kesempatan hari ini adalah kesempatan yang terbaik bagi bisnis Anda!!!! (sebelum orang lain mengambilnya!!)
Lakukan pantauan perkembangan bisnis secara tepat, sehingga kita bias mengetahui progress bisnis kita secara tepat pula. Hal ini penting untuk dilakukan dalam rangka mengambil langkah strategis untuk tindakan berikutnya. Intinya…FOKUS pada bisnis yang sedang kita lakukan!!!
#3. Membentuk dan Membangun Jaringan
Produk yang kita jual (baik itu produk barang maupun jasa) tidak akan banyak dikenal orang apabila sisi marketing kita mengalami kemacetan. Kuncinya dengan melakukan promosi produk secara efektif. Bagaimana caranya??? Dengan membentuk dan membangun jaringan bisnis yang kuat. Banyak media social atau media bisnis yang dapat kita optimalkan untuk memperkuat bisnis kita dengan mengenalkan produk kita pada konsumen. Sudahkah kita melakukannya???
#4 Optimis dan Tahan Banting
Ini merupakan sikap mental yang harus ditanamkan dan tetap terus dikembangkan bagi seorang pebisnis. Bagaimana tidak dunia bisnis yang penuh dengan persaingan membutuhkan pribadi-pribadi yang kuat, tahan banting. Bagaimana cara melakukannya??? Ya.. tetap bangun motivasi dalam diri kita, jangan mudah menyerah dan putus asa. Tanamkan dalam diri kita bahwa untuk menggapai sesuai yang tinggi (kesuksesan) harus dimulai dari NOL (zero), dan itu semua didapat melalui perjalanan bisnis yang panjang, pengalaman bisnis yang matang, yang melalui proses berbagai proses tempaan bisnis yang berliku sehingga menjadikan mental bisnis kita menadi kuat. Tidak mudah RAPUUH.
#5. Perlakukan  Konsumen seperti Raja
Konsumen adalah bagian bisnis yang sangat penting, karena keadaan merekalah bisnis kita akan tetap terus bertahan. Oleh karena itu tugas kita adalah menjaga konsumen TETAP puas dan nyaman dengan produk-produk yang kita tawarkan. Kita harus mampu membangun kepercayaan konsumen secara tepat.  Bagaimana solusinya….??? Kita harus menjadi pendengar yang baik, mendengarkan dan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan para konsumen terhadap produk yang kita jual. Yakinlah apabila kita mampu memberikan produk sesuai dengan standar mutu yang kita tawarkan (tidak menipu), mampu memberikan tingkat kepuasan tertinggi bagi konsumen, maka bisnis kita akan selalu dicari.
Demikian yang dapat kita sampaikan, semoga bermanfaat!!!
Make your business to be your spirit….!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...