Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Kamis, 10 Januari 2019

Menumbuhkan Motivasi Dalam Belajar

Oleh: Winarto, S.Pd.M.Pd.
Pembelajaran adalah suatu proses untuk mengetahui, memahami dan menguasai tentang suatu hal. Untuk mencapai hal tersebut tentunya dibutuhkan suatu strategi yang tepat, sehingga apa yang dipelajari atau apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Sebagai seorang pelajar sudah semestinya harus menetapkan tujuan dan target pembelajaran yang harus dicapai atau diraih. Sehingga dalam setiap kegiatan atau tindakan yang dilakukan terdapat acuan atau tolok ukur yang jelas. Bagaimana dengan diri Anda sebagai pelajar, sudahkah Anda menetapkan target dan tujuan yang harus diraih dalam pembelajaran?

Pembelajaran yang berhasil salah satu indikatornya adalah peserta ajar mampu mengetahui, memahami dan menguasai tentang materi yang dipelajari secara penuh, tuntas dan menyeluruh.  Namun dalam kenyataannya, kondisi tersebut belum banyak dicapai oleh para pelajar pada umumnya. Dalam proses
pembelajaran masih banyak timbul berbagai permasalahan, utamanya permasalahan yang timbul pada diri peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga penguasaan materi secara penuh, tuntas dan menyeluruh TIDAK dapat tercapai. Bagaimana dengan Anda sebagai pelajar?? Pernahkah mengalami hal yang demikian?

Permasalahan yang timbul dalam pembelajaran adalah suatu hal yang wajar. Bahkan kondisi ini dapat melatih dan mengasah tingkat kedewasaan kita dalam hidup. Apabila kita mampu menyikapinya dengan baik dan bijak tentunya. Lalu…langkah papa yang seharusnya dilakukan?? Tindakan yang pertama adalah segera mengenali jenis kesulitan belajar yang kita alami. Kita harus berlatih bagaimana mengidentifikasi problem belajar yang muncul pada diri kita. sehingga dapat dicari solusi yang tepat, untuk mengatasinya. Secara umum dapat dikatakan bahwa probem belajar pada diri seseorang timbul karena dua faktor utama, yakni faktor internal dan faktor eksternal.
Dari Faktor Internal peserta didik, maslah pokok dalam belajar  diantaranya tentang motivasi diri dalam belajar,  kondisi pisik dan psikis peserta didikyang bersangkutan. Sedangkan faktor ekstern meliputi kondisi lingkungan tempat peserta didik belajar,kurikulum (materi ajar) kondisi sarana prasarana belajar, sumber belajar, dan lain sebagainya.

Salah satu solusi yang efektif dalam tulisan kali ini, yakni dengan menumbuhkan motivasi pada diri kita sendiri. Motivasi yang kuat akan menghadirkan semangat yang kuat pula, sehingga kita tidak akan mudah putus asa apabila menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul. Lalu apa sebenarnya motivasi itu sendiri? Dan mengapa kita perlu menumbuhkan motivasi, khususnya dalam belajar?
Thursan Hakim dalam bukunya Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara (2005: 26) mendefinisikan “Motivasi sebagai suatu dorongan kehendak yang menyebabkan sesorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu”. Sedangkan menurut Hamzah B. Uno (2012: 23) dalam bukunya Teori Moivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksaramenyebutkan  bahwa “Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung”. Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah suatu keadaan dimana seseorang akan terdorong untuk belajar meningkatkan prestasi belajar sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam kasus nyata di lapangan, kondisi pelajar kita sebagian besar masih belum mampu menumbuhkan atau membangun motivasi belajar bagi dirinya sendiri. Yaa… belum ada istilah terlambat untuk berbenah… segera bangun motivasi kita untuk belajar lebih giat. Hadirkan suatu kondisi dalam diri kita akan arti pentingnya pendidikan…kompetensi dan kondisi di masa mendatang…yang mampu memicu semangat kita untuk belajar lebih keras.

Yakinlah…tidak ada manusia yang BODOH… yang ada hanyalah manusia yang malas. So…segera optomalkan potensi yang ada dalam diri kita…untuk mengeksplore lebih jauh…tentang segala sesuatu yang lebih bermakana bagi kita. masa depan kita adalah penuh persaingan yang etat, yang membutuhkan kompetensi dan pengalaman yang luas…!!!

Semangat belajaaarrr….semoga bermanfaat!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...