Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Jumat, 18 Januari 2019

Siswa SMK Berbisnis...Mengapa Tidak???

Oleh Winarto, S.Pd.M.Pd.
Mengenalkan bisnis pada peserta didik penting untuk dilakukan, lebih-lebih pada para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sudah saatnya generasi penerus bangsa mampu merintis usaha sendiri, tidak menggantungkan pekerjaan pada pihak lain. Ya…melalui bisnis kita dapat mengubah mindset generasi penerus bangsa menjadi generasi yang lebih mandiri, khususnya dalam bidang ekonomi.
Selama ini masih banyak para siswa yang berpendapat bahwa modal usaha menjadi faktor utama untuk bisa memulai sebuah usaha. Padahal, sebenarnya dengan memanfaatkan potensi di sekitar mereka, para siswa sudah bisa memulai bisnis sampingan yang menjanjikan. Bagi Anda yang masih bingung mempersiapkan peluang bisnis siswa yang bisa diangkat dari potensi daerah sekitar, berikut kami informasikan lima poin penting yang perlu Anda perhatikan dari sekarang.
Pertama, lakukan survey pasar untuk mencari tahu potensi apa saja yang sekiranya bisa Anda angkat di pasar nasional. Dalam hal ini Anda bisa melakukan survey pasar, kira-kira produk apa saja yang banyak dicari para wisatawan yang berkunjung ke daerah Anda, atau produk apa yang digemari oleh komunitas di segmen pasar yang dipilih. Misalnya saja seperti akseroris atau souvenir, kaos, makanan khas, dan lain sebagainya.
Kedua, prioritaskan untuk memilih produk yang tahan lama. Pilihlah produk yang memiliki keunikan tersendiri. Hal ini perlu Anda perhatikan karena sebagai siswa tentunya waktu luang Anda cukup terbatas, untuk itu sebaiknya pilihlah produk komoditas yang memiliki masa kadaluarsa cukup lama. Misalnya saja memilih makanan kering seperti camilan, kopi, atau lebih memilih cinderamata yang tak memiliki masa kadaluarsa.
Ketiga, memilih produk yang sesuai dengan daya beli kalangan masyarakat sekitar siswa. Mengingat target pasar Anda adalah kalangan sekitar Anda, maka sebaiknya pilihlah produk yang harga jualnya masih bersahabat dengan kondisi masyarakat setempat atau segmen pasar yang dipilih.
Keempat, untuk menghemat modal, Anda bisa membeli beberapa sample produk kemudian diambil fotonya untuk dijadikan katalog promosi. Melalui katalog tersebut, Anda bisa menjaring calon konsumen, baru kemudian melakukan pembelian (kulakan) sesuai dengan orderan yang diminta konsumen.
Kelima, libatkan produk Anda pada acara-acara di sekolah Anda,  serta aktif berpromosi di sosial media agar teman-teman Anda mengetahui peluang bisnis yang sedang Anda geluti. Misalnya saja seperti ikut serta menjadi salah satu sponsor acara seminar atau bazaar yang diadakan sekolah Anda, atau bisa juga memanfaatkan facebook, twitter, instagram, dan blackberry messenger untuk mempromosikan bisnis sampingan yang Anda jalankan
Disarikan dari Majalah Digital Bisnis UKM, Edisi Nopember 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...