Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Rabu, 02 Januari 2019

Tahun Baru...Apa yang Mesti Dilakukan???

Oleh: Winarto, S.Pd. M.Pd.
Pergantian tahun baru adalah moment yang sangat baik untuk melakukan evaluasi diri. Evaluasi untuk meningkatkan kualitas diri. Setiap individu adalah pemimpin, minimal pemimpin dirinya sendiri. Di era perkembangan yang semakin pesat ini kemampuan memanage diri sendiri mutlak diperlukan. Banyak individu yang gagal dalam mengahadapi hidup, karena kurangnya pemahaman terhadap kepemimpinan diri sehingga tidak mengenal potensi yang ada pada diri kita. Untuk hal tersebut maka sudah selayaknya kita selalu untuk meninjau kembali, dalam hal mengenal diri lebih dalam tentang kekurangan dan kelemahan yang kita miliki. Tujuannya tidak lain agar kita menemukan solusi yang efektif terhadap problematika hidup kita, sehingga kehidupan masa depan kita menjadi semakin baik.
Dalam menyambut pergantian tahun sebagai generasi penerus bangsa, tidak sepantasnya disambut dengan gegap gempita dengan berbagai aktivitas yang kurang bermakna. Atau bahkan diisi dengan kegiatan-kegiatan jahiliyah, yang menghantarkan kehidupan manusia semakin jauh dari rahmat Tuhan yang maha kuasa. Lalu… apa yang harus dilakukan sebagai gnerasi penerus bangsa?? Simak dan pelajari ulasan berikut ini!!!
#1. Meningkatkan Evalusi Diri
Evaluasi diri merupakan upaya untuk meneliti diri sendiri terhadap semua perbuatan yang telah dilakukan. Tujuannya adalah untuk menemukan berbagai kelemahan yang telah dilakukan, sehingga dapat dirumuskan langkah yang strategis sebagai tindak lanjut dari evaluasi. Melalui evaluasi tersebut diharapkan tindakan yang dirasa efektif dan tepat, maka dapat diterusakan atau bahkan ditingkatkan. Sebaliknya terhadap tindakan-tindakan yang tidak efektif atau kurang produktif sudah selayaknya segera dilakukan perbaikan.
Kemampuan melakukan evaluasi yang baik akan dapat menyebabkan seseorang menjadi pribadi yang kuat, tahan banting dan tidak mudah putus asa. 
#2. Menetapkan Target  yang Jelas
Target adalah suatu yang sangat penting dalam perjalanan hidup. Seseorang yang tidak memiliki target dalam hidupnya dapat diibaratkan sebagai sekerat sabut yang dilanda ombak. Hidupnya mudah diombang ambingkan oleh perkembangan jaman. Hidup tanpa arah dan tujuan. Apabila sudah demikian maka sudah dipastikan masa depan hidupnya akan menjadi semakin suram.
Target harus dirumuskan secara jelas dan tegas, walaupun tidak harus tertulis. Target hidup yang jelas adalah target hidup yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi diri, disusun dengan memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi (up to date). Dengan memiliki target yang jelas, tentunya akan memicu diri kita untuk melakukan langkah-langkah yang positif dan strategis. Target yang jelas juga akan mampu menuntun dan membimbing kita dalam melakukan tindakan dan perbuatan. Jadi…tunggu apa lagi…segera rumuskan apa yang menjadi target Anda dalam tahun ini!!!
#3. Tingkatkan Spirit Hidup
Spirit atau motivasi hidup sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan seseorang. Banyak factor yang sangat mempengaruhi kuat dan tidaknya siprit seseorang dalam menghadapi hidup. Spirit yang kuat akan menghasilkan energy hidup yang kuat pula, sehingga apapun tantangannya, seberapa besar bentuk hambatannya akan dihadapi dengan kuat pula. Tugas kita adalah menghidupkan terus spirit dalam diri kita, agar tetap menyala. Bukan suatu hal yang tidak mungkin, bahwa kehidupan di masa depan akan semakin penuh tantangan dan hambatan yang membutuhkan pribadi-pribadi yang unggul, tahan banting dan tidak mudah putus asa.
#4. Jangan Pernah Berhenti Belajar.
Moment pergantian tahun baru adalah saat yang tepat untuk memompa semangat kita dalam belajar. Karena hanya dengan belajar maka kehidupan kita akan menjadi semakin lebih baik. Belajar tanpa mengenal ruang dan waktu. Belajar tidak hanya di bangku sekolah saja, namun setiap tempat dapat kita jadikan sebagai wahana untuk menambah ilmu dan pengalaman.
Akhirnya semoga tahun ini akan menjadi momen yang paling baik untuk memulai mentata diri kita, menata kehidupan kita sehingga menjadi pribadi-pribadi yang bernilai, bernilai bagi diri kita, keluarga kita, masyarakat maupun agama.
Tidak ada istilah terlambat untuk berbenah…. So.. do the best activity in your life!!!!

Semoga bermanfaaat...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...