Real Time

Welcome to my personal website:"pojokilmu.net". Informasi Akurat Seputar Pendidikan, Pembelajaran dan Akuntansi....!!!!

Senin, 07 Januari 2019

Komunikas Efektif...Bagaimana Membangunnya???

Oleh Winarto, S.Pd.M.Pd.
Manusia, disamping sebagai makluk individu, juga sebagai makluk sosial. Sebagai makluk individu ia memiliki pribadi yang unik, yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Sementara sebagai makluk sosial maka manusia memiliki kecenderungan untuk hidup secara bersama-sama, memiliki ketergantuangan yang kuat antara yang satu dengan yang lainnya. Aristoteles menyebutkan manusia sebagai "Zoon Politicon" yang berarti manusia adalah makhluk yang ingin selalu bergaul dan berkumpul. Artinya secara lebih jauh manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain
Mengingat pentingnya manusia sebagai makluk sosial tersebut, maka tidak bisa dilepaskan dari komunikasi. Karena melalui komunikasi tersebut keberhasilan manusia ditentukan. Ketika manusia berhasil membangun komunikasi yang efektif, maka dia akan berhasil dalam menentukan kesuksesan dalam hidupnya. Sebaliknya apabila gagal dalam membangun komunikasi, maka akan sulit dalam mengembangkan kariernya. Lebih-lebih pada era informasi yang semakin cepat seperti sekarang ini, kemampuan komunikasi mutlak diperlukan, apabila dirinya ingin berhasil dalam hidupnya.
Dari hasil pengamatan penulis, sebagian besar manusia gagal dalam membangun kariernya disebabkan bukan karena dirinya tidak cerdas, namun sebagian besar disebabkan dirinya gagal dalam membangun komunikasi di lingkungan kerjanya. Lalu bagaimana solusi yang harus dilakukan agar komunikasi kita efektif, sehingga dapat menunjang jenjang karier kita?? berikut diberikan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk membangun komunikasi yang efektif.
#1. Menjadi Pribadi Pembelajar.
Ya…pribadi pembelajar adalah insan yang suka dan gemar untuk meng update ilmunya. Gemar belajar akan mendorong kita mencari sesuatu yang baru, sehingga kita memiliki pengetahuan dan wawasan yang lebih luas. Dapat kita bayangkan, apabila kita hanya menjadi pribadi yang malas dan pasif, hanya pasrah pada nasib, menerima kenyataan, sudah pasti kita akan menjadi manusia yang kuper, tidak nyambung dengan topik pembicaraan yang sedang menjadi tren. Lebih-lebih kita gagap dalam teknologi dan informasi, sehingga akan menjadi manusia yang tidak paham dan selalu ketinggalan dengan informasi yang ada.
So… segera bangun motivasi diri untuk gemar belajar dimanapun tempatnya, kapanpun waktunya, artinya belajar tanpa batas waktu dan tempat. Setiap moment yang kita lalui dapat kita jadikan sebagai wahana untuk pembelajaran diri. Jadi jangan sia-siakan waktu kita dengan kegiatan yang tidak memberikan kontribusi positif pada pengetahuan dan ketrampilan kita. Pengetahuan dan wawasan yang luas akan menjadi modal pokok dalam kehidupan kita. pengetuan dan wawan yang luas juga  mempermudah kita dalam membangun komunikasi yang efektif.
#2. Ramah, Supel dan Luwes
Ini adalah sikap yang harus kita kembangkan dalam komunikasi. Untuk menjadi pribadi tersebut tidak gampang, perlu latihan yang serius. Pribadi yang ramah, supel dan luwes akan menjadi daya tarik tersendiri pada lawan bicara kita untuk ingin memperhatikan pesan dan informasi yang kita miliki. Sebaliknya, bagaimana pesan dan informasi akan sampai pada yang dituju, apabila kita sebagai pribadi yang tidak ramah dan kaku. Sikap ramah, supel dan luwes dapat kita latih sejak dini, melalui kegitan-kegiatan yang sederhana sampai pada hal-hal yang kompleks, sehingga kita akan menjadi pribadi yang profesional dalam komunikasi.
#3. Jujur dan Terbuka
Jujur dan terbuka menjadi syarat pokok dalam komunikasi. Jujur berarti berkata dan bertindak apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Sedangkan terbuka merupakan perwujudan dari sikap jujur. Sehingga jujur dan terbuka merupakan istilah yang hampir sama. Pribadi yang jujur dan terbuka akan memperkuat jalinan dalam komunikasi.
#4. Menjadi Pendengar yang baik dan tidak Memotong Pembicaraan
Menjadi pendengar yang baik merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan komunikasi. Hanya saja sikap seperti ini masih banyak belum dilakukan. Sebagian besar orang masih fokus pada apa yang sedang ia pikirkan, tanpa memperhatikan apa yang sedang lawan bicara pikirkan. Akibatnya sering terjadi miss komunikasi, yang tentunya akan mengganggu keberhasilan komunikasi itu sendiri. Selain hal tersebut, yang harus dihindari adalah suka memotong pembicaraan lawan bicara. Jadilah pribadi yang sabar, tidak tergesa-gesa, dengarkan apa yang sedang disampaikan oleh klien atau lawan bicara. Penting dilakukan segera cerna dan analisa apa yang menjadi keinginan lawan bicara. Melalui tindakan ini kita bisa mengambil langkah positif untuk membangun komunikasi yang lebih efektif.
#5. Beri Feedback dan Respon yang Positif
Feedback atau respon positif, sangat penting untuk dilakukan dalam komunikasi. Bentuknya dapat bermacam-macam sesuai dengan situasi dan kondisi, seperti anggukn, acungan jempol ataupun katakata yang mendukung lawan bicara. Feedback dan respon positif dapat dimaknai sebagai wujud keseriusan kita dalam menjalin komunikasi.
Demikian yang dapat disampaikan tentang pentingnya dalam membangun komunikasi yang efektif. Apapun profesinya, komunikasi yang efektif mutlak untuk dilakukan. Komunikasi yang efektif akan mampu mendukung perjalanan karier bisnis kita.
Semoga bermanfaat…!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Psikologi

Tantangan Bisnis di Era Modern

Oleh: Winarto Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menyedi...